Jawa Link

MENU

Sabtu, 11 Januari 2020

Belanja Buah di Sepanjang Jalanan Pasar Comal Pemalang



Belanja Buah di Sepanjang Jalanan Pasar Comal Pemalang - Comal merupakan salah satu nama Kecamatan, yang ada di Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Kebanyakan orang jarang mengenal Kecamatan Comal memang, biasanya tahunya Pemalang. Bahkan Pemalang juga kadang nggak semua orang tahu, letaknya di Jawa Tengah bagian mana, hehehe ... yang lebih orang kenal ya Pekalongan lalu Tegal, padahal ada satu kota yang terlewat sebelum ke Tegal, adalah Kota Pemalang.


pasar comal pemalang sejarah desa balutan comal nama lurah purwoharjo comal pasar comal kabupaten pemalang jawa tengah kantor kecamatan comal pecangakan comal peta comal pemalang sidorejo comal



Pasar Comal Pemalang, termasuk pasar yang mempunyai harga lumayan murah dibandingkan kota yang lainnya. Kota tempat tinggal pasangan hidup saya, Kendal harga makanan atau bahan-bahan makanan itu lebih tinggian harganya.

Kemarin setelah perjalanan dari Kendal, kami belum membeli apa-apa untuk dibawa pulang ke rumah saya. Akhirnya kami mampir dahulu di beberapa pedagang yang mangkal, di seputaran jalan menuju pasar Comal. Harga yang dibandrol cukup murah, dibandingkan di Kendal.

Misalnya kalau di Kendal ace / rambutan itu satu ikat harganya Rp 20.000 di Comal harganya jauh lebih murah, Rp 10.000 dan tingkat kemanisannya masih menang daerah Comal. Sementara untuk harga salak yang 1 kilogram masih Rp 10.000 di Comal sudah turun, jadi Rp 7.000 dan masir-masir salaknya.

Rabu, 01 Januari 2020

Jajan Seblak Kuah di Comal



Jajan Seblak Kuah di Comal - Suasana mendung, hujan mengguyur yang asik memang menghangatkan diri. Karena bukan pecinta kopi banget, saya memilih kudapan seblak. Makanan yang naik daun banget, beberapa tahun ini dan dijadikan peluang usaha yang menjanjikan. Dimanapun kotanya selalu ada makanan satu ini, baik seblak kuah ataupun seblak goreng pedas.


seblak kuah macam macam seblak resep seblak mie gambar seblak cara membuat seblak sederhana cara membuat seblak telor resep seblak kuah untuk jualan resep seblak kerupuk basah




Berbicara soal makanan seblak, menurut wikipedia seblak memang asli makanan dari Indonesia. Tapi seblak berasal dari tanah Sunda, Jawa Barat. Mengedepankan cita rasa pedas, gurih dan uniknya terbuat dari kerupuk yang basah. Kerupuk kalo digoreng kan keras, nah ini kerupuknya dibasahin jadi kayak lembek-lembek gimana gitu. Tapi enak! Hahaha ... berasa kayak bayi kalo pas kemakan kerupuk basahnya.

Selain itu kudapan seblak tidak hanya disajikan kerupuk basah dengan kuah doang, tapi ada juga tambahan isi lain. Seperti telur, makaroni, daging ayam dan juga sayur. Tapi di masing-masing kota berbeda juga cara penyajian seblak. Di Kendal sendiri seblak kebanyakan tanpa sayur, kalau di Comal ini ciri khasnya pakai sayur.

Jumat, 06 Desember 2019

Es Capucino Cincau Menyegarkan di Saat Haus Melanda



Es Capucino Cincau Menyegarkan di Saat Haus Melanda - Minuman kekinian semakin menjamur dan menarik perhatian masyarakat. Termasuk saya, kalau ada minuman kekinian model baru langsung penasaran. Pengen coba rasanya, dan rasa yang ditawarkan banyak sekali sehingga beli sekali aja nggak cukup. Bikin pengen coba rasa-rasa yang lainnya lagi.

cappucino cincau cappucino cincau sachet cappucino cincau terdekat cappucino cincau png cappucino cincau tempo doeloe cappucino cincau purwokerto cappucino cincau resep cappucino cincau cup cappucino cincau bloom purwokerto cappucino cincau adalah cappucino cincau sragen cappucino cincau ala debm cappucino cincau botol cappucino cincau jakarta cappucino cincau banner cappucino cincau untuk jualan


Di Comal, banyak sekali penjaja minuman kekinian yang berlomba-lomba menawarkan yang terbaik untuk konsumen. Yang saya paling suka adalah es capucino cincau. pertama karena suka cincau kedua ketika cincau dicampur dengan powder drink ternyata bisa seenak itu. Salut sama yang sudah menemukan cikal bakal minuman ini.

Tapi nggak semua minuman cappucino cincau ini cocok di lidah saya, begaya hahaha ... tapi seriusan kadang dari kedai satu dengan kedai lainnya beda rasanya. Ada yang kurang pada bubuk minumannya, kurang pas aja gitu.

Rabu, 06 November 2019

Ini Dia Alasan Pentingnya Sarapan Pagi



Ini Dia Alasan Pentingnya Sarapan Pagi - Selamat pagi menjelang siap sedulur, sudah pada sarapan pagi apa belum nih? Jangan lupa untuk selalu membiasakan sarapan pagi, ya. Apalagi untuk si kecil, karena nutrisi yang baik akan membuat tubuh kita kuat menjalani kegiatan sehari-hari.





Sebenarnya seberapa penting sih sarapan untuk keluarga? Mengapa penting banget sarapan? Padahal banyak yang abai untuk melakukan sarapan. Nah simak ya, betapa pentingnya sarapan pagi:


Melatih konsentrasi seseorang

Sarapan yang paling baik, adalah sarapan yang mengadung protein, karbohidrat, vitamin serta mineral dengan jumlah yang mencukupi. Terlebih untuk sikecil, kalau tidak dibiasakan sarapan nanti akan menjadi lemas dan lapar. Konsentrasi saat sekolah pun menjadi tergangun, dan kurang baik menyerap pelajaran. Demikian juga buat yang kuliah dan pekerja.

Memberikan energi untuk beraktivitas

Sabtu, 24 Agustus 2019

Tips Mendapatkan Tiket Kereta Api Online dengan KAI Access




Tips Mendapatkan Tiket Kereta Api Online dengan KAI Access - Membeli tiket Kereta api terkadang merupakan perjuangan. Perjuangan untuk memperoleh tiket Kereta api itu besar sekali. terlebih buat orang yang mabuk perjalanan saat naik bis. Tips ini insya allah akan bermanfaat untuk anda atau kerabat yang menjadikan Kereta api sebagai moda transportasi utama dalam perjalanan keluar kota.


sumber: KAI


Kehabisan tiket adalah hal yang sering terjadi saat ada acara mendadak di luar kota yang harus segera diurus. Hal ini sering sekali saya alami beberapa bulan yang lalu. Akhirnya mau tidak mau saya harus naik bis atau travel. Karena seringnya saya naik Kereta api, saya pun mencoba memutar otak, bagaimana sih agar saya bisa mendapatkan tiket Kereta api. Tips ini tidak selalu berhasil, namun banyak transaksi saya dari perburuan ini yang tadinya kehabisan, setelah dipantau terus akhirnya ada kursi kosong. berikut adalah beberapa tips nya:

Selasa, 04 Juni 2019

Persiapan Menyambut Lebaran



Persiapan Menyambut Lebaran  - Ada yang bilang kalau waktu itu adalah kado yang terbaik, dan kado terbaik saat ini allhamdulillah masih diberikan kesempatan untuk menikmati puasa dan menyambut lebaran yang sebentar lagi datang. Terima kasih Rabb, untuk rejeki kesehatan yang tiada henti saya dan keluarga terima.



menyambut lebaran menyambut lebaran 2018 menyambut lebaran dalam islam menyambut lebaran idul adha pantun menyambut lebaran kata menyambut lebaran ucapan menyambut lebaran kata2 menyambut lebaran lagu menyambut lebaran puisi menyambut lebaran gambar menyambut lebaran video menyambut lebaran tradisi menyambut lebaran caption menyambut lebaran meme menyambut lebaran doa menyambut lebaran tips menyambut lebaran status menyambut lebaran ucapan menyambut lebaran 2018 usaha menyambut lebaran dp menyambut lebaran kata menyambut lebaran idul adha puasa menyambut lebaran idul adha animasi menyambut lebaran


Sudah sampai mana persipan menyambut lebaran dalam Islam, teman-teman? Pasti sibuk membersihkan segala hal di rumah ya kan? Mulai dari sawang di atas rumah, mengecat rumah agar tidak kusam, mempersiapkan cemilan lebaran, atau juga yang mau mudik pasti sibuk memersiapkan segala halnya.

Tradisi menyambut lebaran memang sangat membahagiakan, apalagi buat yang tinggal dirantau pasti baliknya ke kampung setiap pas mau lebaran. Beberapa keluarga besar saya juga demikian, pada nggak sabar menunggu waktu lebaran tiba dan berkumpul dengan keluarga yang sudah tidak lama berjumpa. Kalau saya sendiri biasanya persiapan menyambut lebaran, akan melakukan beberapa hal berikut:

Memersiapkan untuk membayar zakat

Zakat adalah kewajiban untuk umat muslim di dunia, jangan lupa untuk memberikan zakat sebelum lebaran tiba lho. Ingat-ingat seminggu sebelum lebaran tiba, persiapkan keuangan untuk dialokasikan membayar zakat fitrah.

Membersihkan rumah

Senin, 03 Juni 2019

Doa dan Harapan di Bulan Ramadhan



Doa dan Harapan di Bulan Ramadhan - Doa itu laksana kayuhan sepeda, cepat atau lambat akan sampai ke tujuan pada akhirnya. Meski doa-doa yang dipinta belum terkabulkan dan belum dijawab oleh-Nya. Jangan pernah berhenti untuk terus mengayuh doa.

kata kata harapan di bulan ramadhan harapan ramadhan tahun ini kata kata menyambut bulan ramadhan menyentuh hati doa bulan ramadhan harapan menjelang bulan ramadhan impian di bulan ramadhan harapan setelah ramadhan keinginan di bulan ramadhan Navigasi Halaman



Ada hadist dari Rosullullah SAW, “Ada tiga doa yang tidak tertolak, yaitu: Doa orang tua untuk anaknya; doa orang berpuasa; dan doa orang yang sedang safar”. (HR. Baihaqi, dinilai shohih oleh Albani di Silsilah Hadits Shohihah, no: 1797).  Tetapi ada juga adab ketika kita sedang berdoa, yakni tidak boleh terburu-buru dalam menuntut doa untuk dikabulkan. Karena menuntut doa agar lekas dikabulkan, adalah salah satu penghalang diterimanya doa tersebut.

Setiap kali berpuasa, pastilah seseorang memiliki ujiannya masing-masing. Setiap ujian, akan membuat seseorang menjadi lebih kuat lagi. Dan doa yang yang tidak akan tertolak adalah salah satunya, doa orang yang berpuasa. Maka, mumpung masih Ramadhan dan berpuasa perbanyaklah zikir dan membaca Al - Quran agar Doa dan Harapan di Bulan Ramadhan ini dikabulkan.

Semoga doa dan harapan kita diijabah oleh-Nya

Minggu, 02 Juni 2019

Inilah Momen Ramadhan Terbaik



Inilah Momen Ramadhan Terbaik - Ramadhan yakni bulan yang sangat mulia, bulan yang menjadi bukti cinta seorang hamba kepada Rabbnya. Di bulan Ramadhan banyak manusia berlomba-lomba membagikan kebaikan, banyak yang senantiasa ingin memberikan lebih dan lebih lagi yang dipunya.


rindu ramadhan momen ramadhan caption rindu ramadhan kata kata rindu ramadhan yang dirindukan saat ramadhan ramadhan 2019 rindu ramadhan 2019 suasana ramadhan


Nah, adakah momen ramadhan yang paling berkesan buat kalian? Yang biasanya nih nggak ada di bulan-bulan lainnya. Bulan Ramadhan menjadikan semaunya lebih membahagiakan. Kalau versi saya moment ramadhan terbaik itu:

Yang jauh kembali dekat

Berkumpul saat masih sekolah sudah biasa, tapi ketika sudah tumbuh dewasa dan sibuk berkerja bahkan berkeluarga momen berkumpul jadi sangat langka. Biasanya Raamadhan membuat semuanya berkebalikan. Yang jauh menjadi mendekat, karena bulan ramadhan seperti bulan yang menyatukan keluarga. Seperti mudik misalnya, keluarga yang jauh pasti akan pulang ke kampung halaman. Di bulan-bulan biasanya yang tidak pernah, bulan Ramadhan menjadi bulan persiapan untuk mudik ke tanah kelahiran.

Sahur keliling

Sabtu, 01 Juni 2019

Jajanan Lebaran Kekinian



Jajanan Lebaran Kekinian - Salah satu persiapan menjelang lebaran, adalah membuat atau hunting jajanan lebaran. Banyak jajanan lebaran yang digoreng, atau aneka jajanan lebaran yang tidak ada di hari biasa. Jajanan lebaran kekinian apa sih yang paling diburu? Tapi yang jelas tradisi di rumah saya selalu ada jajanan krupuk rambak dan ceriping mlinjo, itu yang paling favorit banget.



jajanan lebaran yang digoreng jajanan lebaran kekinian jajan lebaran 2019 aneka jajan lebaran jajan lebaran kiloan jajanan lebaran tanpa oven jajan lebaran kering cemilan lebaran



Nah, kalo kali ini persiapan aneka jajanan lebaran yang kami beli adalah jajan lebaran kiloan. Belinya di daerah Kendal, desa Patebon lumayan komplit, tapi saya pun kehabisan yang enak-enak hahaha ... meski begitu tetap aja saya beli buat di rumah ibuk dan di rumah mertua.

Apa saja sih jajanan lebaran tanpa oven yang saya beli, ada beberapa diantaranya:

Kacang kulit

Banyak makanan manis yang kadang bikin bosen, dua sampai tiga kali lahapan bikin kenyang. Tapi kalau makanan kacang-kacangan bikin nyemilnya enak dan nggak bosen.

Bayam goreng

Keripik bayam, adalah makanan jaman dulu yang sampai sekarang masih ada. Kebetulan  mertua adik saya suka bikin, nah keluarga diberikan incip-incip 2 plastik. Lumayan jadi dua toples hahaha ...

Kerupuk tahu

Jumat, 31 Mei 2019

Mengisi Waktu Selama Ramadhan




Mengisi Waktu Selama Ramadhan - Alhamdulillah mengucap syukur kepada Allah, karena masih diberikan kesempatan menikmati Ramadhan tahun ini. Bulan Ramadhan yang penuh dengan rahmat dan kebaikan, dimana semua orang ingin memberikan yang terbaik. Kalau bisa harus lebih baik dari tahun yang sebelumnya, nah kegiatan apa saja selama ramadhan yang biasanya dilakukan? Setiap keluarga pastilah beda dalam mengisi waktu luang selama Ramadhan ini ya kan?



mengisi ramadhan mengisi ramadhan anak mengisi ramadhan di masjid mengisi ramadhan saat haid mengisi bulan ramadhan mengisi buku ramadhan mengisi bulan ramadhan dengan hal yang bermanfaat kegiatan mengisi ramadhan tips mengisi ramadhan mengisi waktu ramadhan amalan mengisi ramadhan bagaimana mengisi ramadhan cara mengisi ramadhan saat haid kegiatan untuk mengisi ramadhan mengisi kegiatan bulan ramadhan cara salaf mengisi ramadhan khutbah jumat mengisi ramadhan mengisi bulan suci ramadhan mengisi waktu bulan ramadhan cara mengisi agenda ramadhan ceramah untuk mengisi agenda ramadhan


Ada banyak perubahan yang kita lakukan selama bulan ramadhan. Yang biasanya bisa makan kita jadi berpuasa, yang biasanya malam bisa langsung bobok kita melaksanakan sholat tarawih. Berbondong-bondong orang melakukan sedekah, membagikan takjil dan lain sebagainya. Adem banget rasanya gitu bulan Ramadhan ini.

Kalau di daerah saya sendiri dalam mengisi waktu selama ramadhan, ada beberapa kegiatan yang biasanya banyak diikuti dan antusias pesertanya banyak. Apa saja sih?

Ada pesantren kilat

Namanya juga kilat jadi cepet, kurang lebihnya ada yang 3 hari sampai seminggu. Kegiatan ini biasanya sharing dengan tema-tema tertentu. Misalnya IMNU mengadakan pelatihan internet marketing, tetapi teap juga ada kegiatan yang menambahk keimanan kita kepada Allah.

Membaca buku dan dongen bersama

Kamis, 30 Mei 2019

Tradisi Lebaran di Jawa



Tradisi Lebaran di Jawa - Setelah berpuasa dengan penuh selama Ramadhan, yang kita nantikan pasti akan tiba adalah Lebaran. Yang menarik dari lebaran itu kumpul dengan keluarga besar, yang jauh biasanya pualng untuk mudik lebaran. Jadi memang di Indonesia ini tradisi lebaran pasti lekat dengan beebrapa hal, yang sudah ada turun-temurun dari dulu kala. Apa saja sih Tradisi Lebaran di Jawa, yang selalu bikin kangen, ini dia;


tradisi lebaran tradisi lebaran di dunia tradisi lebaran unik tradisi lebaran betawi tradisi lebaran di jawa tradisi lebaran jaman dulu tradisi lebaran indonesia tradisi lebaran di aceh tradisi lebaran di malaysia tradisi lebaran di mekkah tradisi lebaran ketupat di jawa tradisi lebaran di turki tradisi lebaran ketupat di gorontalo tradisi lebaran di jakarta tradisi lebaran di makassar tradisi lebaran di jogja tradisi lebaran ketupat tradisi lebaran di berbagai daerah di indonesia tradisi lebaran di palembang tradisi lebaran di sumatera barat tradisi lebaran ketupat di madura tradisi lebaran artis tradisi lebaran adat jawa tradisi angpao lebaran tradisi lebaran idul adha tradisi lebaran opor ayam tradisi lebaran topat adalah tradisi potong ayam lebaran artikel tradisi lebaran lebaran adalah tradisi mudik


Mudik ke kampung halaman

Nah perantauan biasanya pada mudik nih ke kampung halaman, karena biasanya mereka merantau mencari nafkah di kota, di luar negeri. Saatnya lebaran untuk mudik, hal inilah yang selalu dirindukan. Pemudik pun mendapat perhatian lebih dari pemerintah.

Halal Bi Halal dengan keluarga dan sahabat

Tradisi halal bi halal memang sunggung menyenangkan, bermaaf-maafan saling berjabat tangan. Bukan melalui media sosial maaf-maafannya, tapi kalau sekarang yang jauh tidak bisa pulang apa daya. Tetap mendoakan terbaik dan saling memafkan

Takbir keliling di malam lebaran

Setelah adzan magrib berkumandang, dan disusul oleh takbir masyaAllah luar biasa bahagianya. Hari kemenangan telah tiba, dan kebersamaan berjalan kaki pas melakukan takbir keliling ini menyenangkan

Riyoyo di mushola dekat rumah

Jumat, 24 Mei 2019

Amalan Puasa Ramadhan



Amalan Puasa Ramadhan - Alhamdulillah tidak terasa sudah hari ke 19 kita melaksanakan, ibadah puasa Ramadhan. Nggak berasa ya, bangun yang biasanya malas-malasan jadi sudah terbiasa sekarang. Kadang nggak sahur pun jadi biasa juga, semuanya memang butuh pembiasaan agar terbiasa ya kan?


amalan puasa amalan puasa rajab amalan puasa ramadhan amalan puasa senin kamis amalan puasa daud amalan puasa mutih amalan puasa syaban amalan puasa sunnah amalan puasa weton amalan puasa rajab 2019 amalan puasa di bulan sya'ban amalan puasa bulan sya'ban amalan puasa 41 hari amalan puasa ramadhan saat haid amalan puasa 40 hari amalan puasa nabi yusuf amalan puasa sunnah di bulan rajab amalan puasa saat haid amalan puasa sunnah rajab amalan puasa 10 hari pertama amalan puasa di bulan ramadhan amalan puasa arafah amalan puasa awal bulan rajab amalan puasa agar cepat hamil amalan puasa ayyamul bidh amalan puasa agar doa terkabul amalan puasa awal rajab amalan puasa agar cepat kaya amalan puasa asyura amalan puasa arafah dan tarwiyah amalan puasa apit weton amalan puasa awal muharram amalan puasa agar cepat dapat jodoh amalan puasa agar dagangan laris amalan puasa agar mantan kembali amalan awal puasa puasa amalan asmaul husna puasa amalan ayat kursi amalan saat puasa asyura amalan puasa untuk allah amalan saat puasa arafah


Di bulan Ramadhan ini adalah bulan yang penuh keberkahan, penuh ampunan dan kebaikan yang kita lakukan akan berlipat-lipat diberikan oleh Allah SWT. Aamiin. Dengan adanya bulan istimewa ini, sebaiknya sebagai umat muslim yang taat kepada Rabbnya ada baiknya kita melakukan amalan-amalan yang sangat dianjurkan.

Apa saja sih amalan puasa Ramadhan yang memiliki pahala berlipat ini, ulik yuk biar kita makin dekat lagi sama Allah.

1.     Perbanyak sholat malam

Sholat malam apa aja sih yang bisa kita kerjakan, seperti sholat Tahajjud yang sangat ditekankan oleh Nabi Muhammad SAW. Bahkan ada hadisnya yang mengungkapkan dan diriwayatkan oleh Aisyah RA, “Jangan tinggalkan Salat malam, karena sesungguhnya Rasulullah SAW tidak pernah meninggalkannya. Apabila beliau sakit atau melemah maka beliau Salat dengan duduk.” (HR. Abu Dawud & Ahmad).

2.     Shodaqoh di bulan Ramadhan

Kamis, 23 Mei 2019

Cerita Mudik Lebaran 2018



Cerita Mudik Lebaran 2018 - Bulan puasa menjadi bulan yang sangat membahagiakan, masing-masing dari kita bersyukur masih diberikan nafas panjang dan rezeki yang luas oleh Allah bisa menikmati Ramadhan. Bulan yang mulia, dengan banyak amalan puasa yang dilipatgandakan.


cerita mudik cerita mudik lebaran cerita mudik lebaran 2018 cerita mudik lintas sumatera cerita mudik sumatera 2018 cerita mudik lucu cerita mudik sumatera cerita mudik lebaran naik mobil cerita mudik lintas sumatera 2017 cerita mudik lebaran dalam bahasa inggris cerita mudik lebaran dengan mobil pribadi cerita mudik lebaran naik bus cerita mudik ke padang cerita mudik lintas sumatera 2018 cerita mudik lebaran naik motor cerita mudik seram


Puasa pasti dekat dengan yang namanya lebaran, lebaran pasti mudik. Bagi yang merantau pasti momen mudik menjadi momen, yang paling bikin sumringah karena bisa pulang kampung dan bertemu dengan keluarga tersayang di rumah.

Setelah menikah dan ikut suami, saya tinggal bersama mertua di Comal. Sesekali balik kalau ada acara ke Kendal, rencana mudik lebaran 2018 kemarin adalah setelah sholat idul fitri di sini. Tapi apa daya keadaan rumah sebelum lebaran, kena incar pencuri alias maling. Akhirnya pulang lebih dulu sebelum lebaran.

Ngurusin segala hal, rumah yang pagarnya digembok berhasil dibongkar, pintu yang digembok dua juga berhasil dibabat habis oleh maling. Astagfirullah. Rumah bak kapal pecah, semaunya diadul-adul nyari perhiasan dan uang kali ya?