Rabu, 01 Juli 2020

3 Spot Foto Keren Jika Kamu Traveling ke Kota Pekalongan



3 Spot Foto Keren Jika Kamu Traveling ke Kota Pekalongan - Pekalongan saat ini bukan lagi menjadi tujuan traveling bagi saya, eheheh ... di Kota Pekalongan juga menjadi tempat tujuan saya bekerja. Tidak ada yang menyangka awalnya saya yang hanya memiliki kenalan, satu dua sekarang menjadi bertambah banyak. Alhamdulillah. Berkat silaturahmi.


kabupaten pekalongan sejarah kabupaten pekalongan kecamatan di kabupaten pekalongan peta kota pekalongan peta kab pekalongan pekalongan wisata sejarah kota pekalongan batik pekalongan



Pekalongan adalah salah satu kota di Jawa Tengah, yang terkenal dengan julukan kota Batik. Mengapa? Karena di Pekalongan ragam khas batiknya sangat banyak dan bervariasi. Pengrajin batiknya juga melimpah, bahkan Pekalongan memiliki Museum Batik dan UNESCO sudah menetapkan Kota Pekalongan menjadi Kota Kreatif di kategori craft and folk art Desember 2014 lalu. Keren ya?

Selain terkenal dengan penghasil batik, Pekalongan juga terkenal dengan kuliner megononya. Yang mana kuliner tersebut terbuat dari nangka muda, yang dicampur dengan parutan bumbu kelapa. Biasanya dihidangkan selagi panas, ada yang dicampur dengan pete, combrang, dan juga teri. Cocok dimakan dengan dicampur sambal. Ada juga Garangasem, yang segar banget ketika dinikmati karena mengandung kuah dan daging di dalamnya. Jika kamu kuliner ke Pekalongan, dijamin akan mendapatkan banyak rekomendasi menu makanan enak tidak hanya dua menu di atas.

3 Spot Foto Keren di Kota Pekalongan



Pada post blog kali ini, saya ingin memperkenalkan spot foto instagramable di Kota Pekalongan yang sering dijadikan kunjungan orang-orang. Baik wisatawan lokal maupun internasional. Semoga permata pengalamanku ini bisa memberikan panduan, ketika kamu ingin jalan-jalan ke Pekalongan. Ini dia 3 spot foto kekinian di Kota Pekalongan, yang seru untuk disinggahi :


1. Museum Batik Pekalongan


kabupaten pekalongan sejarah kabupaten pekalongan kecamatan di kabupaten pekalongan peta kota pekalongan peta kab pekalongan pekalongan wisata sejarah kota pekalongan batik pekalongan


Museum Batik di Pekalongan, berada di Jalan Jetayu, No. 1 Pekalongan dan didirikan sejak tahun 1972. Jika kamu memutuskan untuk mengunjunginya, saya jamin tidak akan lelah karena luas tanah dan bangunannya 40 meter persegi saja. Tetapi kamu akan siap-siap dimanjakan dengan 1149 koleksi batiknya. Dari batik biasa sampai istimewa, dari kain batik yang baru sampai berumur ratusan taun ada di sana. Spot yang tidak boleh terlewatkan untuk berfoto, adalah di depan bangunan museumnya. Apalagi kalau kalian datang dari jauh, bisa buat kenang-kenangan.


2. KM 0 Pekalongan


kabupaten pekalongan sejarah kabupaten pekalongan kecamatan di kabupaten pekalongan peta kota pekalongan peta kab pekalongan pekalongan wisata sejarah kota pekalongan batik pekalongan


Tidak jauh dari Museum Batik Pekalongan, dan dekat dengan Kawasan Jetayu kamu akan melihat tugu Nol Kilometernya Kota Pekalongan. Setelah direvitalisasi, tugu nol kilometer Kota Pekalongan, terlihat sangat apik. Yang awalnya tidak banyak diketahui orang, kini makin menampakan ke khasannya di persimpangan Jalan Diponegoro.

Banyak yang mengira itu seperti kotak pos usang, padahal tugu nol kilometer memiliki sejarah yang penting untuk Kota Pekalongan. Buat kamu yang bertandang main ke Kota Pekalongan, mampirlah ke nol kilometernya kota Pekalongan. Karena di sini termasuk spot foto unik.

3. Alun-alun Kota Pekalongan


kabupaten pekalongan sejarah kabupaten pekalongan kecamatan di kabupaten pekalongan peta kota pekalongan peta kab pekalongan pekalongan wisata sejarah kota pekalongan batik pekalongan


Untuk menemukan tulisan Alun-alun Kota Pekalongan, kamu harus menuju ke daerah Keputran, yang ada di Pekalongan Timur. Alun-alun Kota Pekalongan sangat luas dan strategis, di depannya ada masjid Kauman yang termasuk cagar budaya yang kota Pekalongan miliki. Meski jalna-jalan ibadah nggak ketinggalan ya kan? Jangan lupa untuk mampir ke sini kalau kamu main ke kota Pekalongan, ya.

Semoga 3 spot foto rekomendasi di Kota Pekalongan ini, bisa menjadi rekomendasimu yang bingung cari tempat yang keren untuk berfoto sebagai kenang-kenangan dan bukti kalau kamu pernah traveling ke kota Pekalongan.

22 komentar:

  1. Dari LIMA atau 10 tahun silam, aku tuh ada wacana halan2 ke Pekalongan Mbaaaa
    Sampe sekarang blum terwujud, hiksss
    MOga2 after pandami bisa cuss ke sana!

    BalasHapus
  2. Pekalongan memang identik dengan batik, pengen banget ke sana ke museum batiknya dan melihat pengrajin batik secara langsung

    BalasHapus
  3. Udah lama nih saya pengen ke Museum Batik Pekalongan. Apalagi Pekalongan juga terkenanl sama batiknya. Jadi pengen ngeborong juga :D

    BalasHapus
  4. Aku pilih Alun-ALun Kota Pekalongan deh yang pertama disinggahi ketika nanti berkunjung ke sana :) Abis itu belanja batiknya plus foto2 juga hahaha :) Aku suka daster2 batiknya, bagus motifnya dan bahannya adem. Kelar corona cuuuuz ke Pekalongan :)

    BalasHapus
  5. Waktu masih rutin mudik Jakarta - Surabaya pasti lewat Pekalongan tapi nggak pernah jalan-jalan di kotanya. Padahal ada tempat batik yaa dan spot foto keren seperti ini. Next time lewat harus banget jalan-jalan di Pekalongan nih.

    BalasHapus
  6. Pengen banget bisa explore pekalongan, selama ini cuman bisa nikmati dari baca baca blog dlu

    BalasHapus
  7. Alun-alun Kota Pekalongan itu keren ya spot-nya. Saya paling suka itu dari spot-spot yang Nyi ceritakan di atas.

    BalasHapus
  8. Jaman belum ada tol, mudik langsung Jkt-Madiun, selalu lewat kota Pekalongan. Meski enggak berhenti selalu terpesona dengan kota batik ini. Biasa kami cuma rehat Ishoma di sini terus jalan lagi. Sejak ada tol, capcus enggak lewat kota..duh jadi kangen , padahal belom mampir ke Museum Batiknya saya. Lain kali kalau mudik mesti turun dari tol dulu kalau gitu

    BalasHapus
  9. belum pernah mampir di pekalongan, tapi aku auto bookmark blog post ini hehehe siapa tau abis pandemi kesampaian main main di pekalongan.

    BalasHapus
  10. Aku belum pernah ke Pekalongan, tapi jajan batik Pekalongan langsung sudah pernah. Siapa tau nanti setelah pandemi bisa main kesana, ajak aku keliling ya Nyi.

    BalasHapus
  11. Baru dua kali berkunjung ke Pekalongan. Padahal ada beberapa kerabat yang tinggal di sana. Jadinya belum sempat ekplorasi tempat-tempat rekreasinya. Dan tentu saja yang paling saya suka tentang Pekalongan adalah batiknya..:)

    BalasHapus
  12. Kangen ke PEkalongan, biasanya setiap mudik mampir sebentar buat istirahat sekalian beli daster. Tahun ini blong, tahun lalu mudiknya naik kereta DAIA. Jadi udah hampir 2 tahun gak ke sana.

    BalasHapus
  13. Mbak, itu serius museum batik cuma 40 m persegi? Atau kurang angka 0 satu lagi? Secara rumah saya tipe 45 aja terasa keciil hehehee

    BalasHapus
  14. Titik nolnya ternyata dekat museum batik ya, kok aku gak ngeh ya sebelah mananya, padahal aku suka berburu titik nol :)

    BalasHapus
  15. Alun-alun kota Pekalongan bagus banget. Pas tahun lalu main ke Pekalongan malah gak sempet mampir ke situ. Pengen main lagi lah, setelah nanti pandemi benar-benar hilang. Aamiin..

    BalasHapus
  16. Selama ke Kudus beberaapa kali lewatin Pekalonga. Bahkan pernah deh makan di pusat kotanya. Tapi kapan kapan harus lebih lama stay ah di Pekalongan

    BalasHapus
  17. Nah yang paling saya penasaran Nyi, pengen masuk ke Museum Batik Pekalongan. Duuh pasti keren deh di dalamnya. Banyak peninggalan bersejarah terutama tentang sejarah batik itu sendiri.

    BalasHapus
  18. Semoga setelah pandemi usai bisa berkunjung ke pekalongan. Jalan-jalan dan kuliner di sana pasti seru ya, Mba.

    BalasHapus
  19. Pku yg paling tahu itu batiknya katena di pekalongan sepanjang jalan batik gede2 semua.

    BalasHapus
  20. Wah biasanya kalau pulang kampung cuma lewat aja nih di Pekalongan. Ternyata banyak tempat yang asyik juga ya. Kapan -kapan harus sengaja mampir nih ke tempat -tempat kece gak sekedar lewat aja.

    BalasHapus
  21. Pas ke Pekalongan dulu kok ya enggak nyambangi ketiga tempat keren ini ya. Wah jadi PR banget untuk balik ke sana ya ntar kalau kondisi sudah aman. Kudu foto-foto di tempat-tempat itu.

    BalasHapus
  22. I can’t wait to go and visit this lovely city. The museum is very famous isn’t it

    BalasHapus

Lopis Ketan Makanan Tradisional Indonesia yang Enak Banget

Lopis Ketan Makanan Tradisional Indonesia yang Enak Banget - Indonesia negeri yang amat kaya, subur, indah, dan saya bahagia menjadi wa...