Jumat, 03 Juli 2020

6 Langkah Naik Transportasi Umum untuk Cegah Corona



6 Langkah Naik Transportasi Umum untuk Cegah Corona - Sarana publik dan transportasi umum, disadari atau tidak rentan terhadap penularan virus corona. Cuek bebek si boleh, tapi alangkah baiknya kita menjaga diri dari hal-hal yang tidak terduga yang efeknya bisa membuat seluruh keluarga terinfeksi.





Transportasi umum sudah kembali aktif, sejak diberlakukannya era new normal pada Senin (8//2020). Di Pekalongan maupun di Comal, transportasi umum juga sudah aktif. Tapi saya belum tergoda untuk mencobanya, karena jarak tempuh masih bisa diakses menggunakan sepeda motor. Tapi bagaimana buat kamu yang mengandalkan transportasi umum, untuk menuju ke suatu tempat?

 
Tips Cegah Corona ketika Naik Transportasi Umum


New normal merupakan kabar baik, juga kabar yang membuat diri was-was. Pasalnya kita sudah bisa beraktivitas seperti semula, meski masih ada beberapa pembatasan. Tetapi pada kenyataannya, belum ditemukan vaksinasi dari pandemi covid-19 ini. Hal ini yang bikin saya khawatir.


Untunglah, pemerintah cepat tanggap soal ini. Mereka memberikan kebijakan-kebijakan yang harus dipatuhi, agar kita bisa merasa aman meskipun harus menggunakan transportasi umum untuk bepergian. Berikut adalah hal-hal yang harus kamu patuhi ketika akan naik transportasi umum, yang dirilis dari BPOM RI (Badan Pengawasan Obat dan Makanan).


Wajib Menggunakan Masker jika Keluar Rumah


Kalau biasanya kita nggak perlu bawa masker kemana-mana, sekarang kita diwajibkan menggunakan masker. Hal ini untuk melindungi kita dari cipratan liur ketika berinteraksi, selain itu masker juga melindungi kita dari debu ang beterbangan. Untuk orang sehat, cukup menggunakan masker kain. Mengingat tenaga medis kita kemarin-kemarin kekurangan alat pelindungan diri.




Membawa Hand Sanitizer untuk Berjaga-jaga


Hand sanitizer saat ini merupakan kebutuhan yang penting, tetapi jika tidak punya pun tak mengapa. Karena sekarang sudah banyak toko-toko atau pusat perbelanjaan yang menyediakan tempat cuci tangan, maka manfaatkan dengan baik. Hand sanitizer bisa menjadi pengganti sabun, jika kamu tidak menemukan air yang mengalir untuk mencuci tangan.


Hindari untuk Menyentuh Pintu atau Pegangan


Ketika masuk ke supermarket atau sebuah tempat sarana publik, otomatis kita harus menyentuh pintu tersebut ya kan untuk membuka? Bisa gunakan sarung tangan jika kamu punya, tetapi jika tidak bisa gunakan kertas, atau sikumu untuk membukanya. Kalau di transportasi umum biasanya kita harus menggunakan pegangan, agar tidak terjatuh. Posisikan dirimu dengan seimbang, agar tidak terjatuh. Hindari menempelkan anggota tubuh, ke kaca atau bagian yang ada di dalam transportasi umum.

Menjaga Jarak antar Penumpang


Mejaga jarak antar penumpang saat ini wajib dilakukan, minimal 1 meter jaraknya. Hindari untuk bercakap-cakap sementara, lebih baik diam.




Menghindari Berbagi Makanan dan Minuman


Ketika dalam perjalanan kamu merasa lapar, makan dan minumlah untuk dirimu sendiri. Biasanya kan kita nawarin ke beberapa penumpang, yang berdekatan dengan kita ya kan? Tapi untuk masa pandemi kita tidak disarankan berbagi. Apalagi menggunakan wadah yang sama? Hindari.

Karena daya tahan tubuh yang diserang oleh virus ini, maka sebisa mungkin pertahankan kesehatanmu. Dengan mengonsumsi makanan bergizi dan minum air putih yang cukup.

Hindari Menggunakan Gadgetmu


Alih-alih membuat waktu cepat berlalu dalam bertransportasi, kita membunuh waktu dengan beraktivitas berselancar di media sosial. Sebaiknya hidnari hal tersebut, lebih baik gunakan waktu untuk rileks beristirahat.


Semoga 6 Langkah Naik Transportasi Umum untuk Cegah Corona ini, bisa bermanfaat dan diterapkan. Memang ada beberapa orang yang cuek di sekitar kita, tapi jangan lantas kita mengukutinya. Lindungi diri dan keluargamu, karena pahlawan sebenarnya yang menjadi garda terdepan dari pandemi covid-19 adalah dirimu. Salam.


1 komentar:

  1. wah bener juga, jangan gunakan hp dl ya kak klo ditransportasi umum, lebih baik istirahat dl.huhu,makasih tipsnya ya kak

    BalasHapus

Cara Menjadi Anggota Perpustakaan Kota Pemalang

Cara Menjadi Anggota Perpustakaan Kota Pemalang - Selamat hari Kamis teman-teman, hari ini mau nulis postingan bagaimana syarat mendaftar me...