Jumat, 10 Juli 2020

Lopis Ketan Makanan Tradisional Indonesia yang Enak Banget



Lopis Ketan Makanan Tradisional Indonesia yang Enak Banget - Indonesia negeri yang amat kaya, subur, indah, dan saya bahagia menjadi warga negaranya. Mengungkapkan betapa megahnya Indonesia, nggak akan cukup hanya dengan beberapa kalimat saja. Nah, kali ini saya akan membahas soal kuliner Indonesia, dari makanan tradisionalnya.


10 makanan tradisional makanan tradisional jawa makanan tradisional indonesia makanan tradisional sunda nama makanan khas indonesia makanan tradisional jawa tengah
Lopis Ketan


Makanan tradisional Indonesia, amat sangat banyak tak terhitung jumlahnya. Dari banyak Provinsi, dan setiap daerahnya mempunyai makanan tradisional sendiri-sendiri. Meskipun bentuknya sama, tetapi cara pengolahannya dan namanya pasti berbeda di setiap tempat. Makanan tradisional merupakan makanan yang terhidang, dan diturunkan melalui masa ke masa serta generasi ke generasi.

Festival Lopis Ketan Raksasa di Pekalongan diperingati Setiap Tahunnya



Salah satu kuliner Indonesia yang paling saya sukai, bernama lopis. Lopis ini seperti lontong, tetapi bungkusnya lebih kecil dan isiannya bukan beras tetapi ketan. Cocok dinikmati dengan taburan kelapa, srondeng, atau santen kental yang bernama 'enten'. Mau dimanapun tempatnya, kalau ketemu lopis, liur rasanya mau menetes eheheh ...


Setelah berpindah kota, karena menikah dengan orang Comal otomatis saya tetap ingin bisa menikmati makanan tradisional dong. Alhamdulillahnya di tempat suami tinggal, ternyata banyak dijual jajanan tradisional termasuk lopis ini. Alangkah bahagiannya saya, bahkan di Comal, tepatnya desa Bodeh harga kuliner tradisionalnya murah meriah banget teman-teman.


10 makanan tradisional makanan tradisional jawa makanan tradisional indonesia makanan tradisional sunda nama makanan khas indonesia makanan tradisional jawa tengah
Penjual makanan tradisional di Bodeh


Sebungkus lopis biasanya isinya dua, dan dibandrol harga Rp.2000,- saja. Sangat murah bukan? Dua selonjor lopis saja sudah bisa membuat perut kita yang lapar, merasakan kekenyangan. Alasan mengapa saya sangat menyukai lopis itu, karena rasanya gurih dan nikmat. Kalau dimakan tanpa kelapa pun sudah enak, ditambah enten dan gula aren kental apalagi, akan semakin bikin nagih.

Di pasar tradisional Bodeh, ada banyak kulier Indonesia yang legend banget. Seperti lopis ini, kedelai rebus, ongol-ongol, tiwul, ketela rebus, bubur sum-sum, ketan, dan lain sebagainya. Seringnya dan tidak pernah bosan saya membeli lopis. Bahkan di Kota Pekalongan, daerah Krapyak setiap tahunnya seminggu selepas lebaran ada festival lopis raksasa.

Lopis yang direbus dengan menggunakan panci raksasa tersebut, akan dipotong oleh Gubernur biasanya. Setelah itu barulah dibagi-bagikan kepada masyarakat, tapi kalau mau kebagian kamu harus mau rebut-rebutan kalau nggak alamat nggak akan kebagian. Karena lopis yang sudah didoakan dan dipotong oleh pejabat tersebut, dipercaya akan mendatangkan rejeki bagi yang mengambilnya. Kebetulan setiap tahun semenjak pindah ke Comal, saya selalu menyempatkan diri untuk berburu lopis raksasa di Pekalongan. Kebetulannya lagi, lopis raksasa yang berada di gang Krapyak tersebut satu lokasi dengan teman komunitas jual-beli online mas suami. Om Alfin namanya, jadi setiap kali kami bertandang untuk mencicipi lopis raksasa dan euforianya kami selalu menyempatkan diri mampir ke sana. 

10 makanan tradisional makanan tradisional jawa makanan tradisional indonesia makanan tradisional sunda nama makanan khas indonesia makanan tradisional jawa tengah
Ongol-ongol warna


Jangan kaget kalau musim lopis raksasa, alias pas lebaran syawal di Krapayak ini wah ... luar biasa akan bikin kamu kenyang. Mau mampir ke rumah manapun kamu pasti akan disuguhi lopis, nasi megono, nasi garangasem, dan jajanan lain yang menggoda. Seperti lebaran pada umumnya, tetapi ini beda. Makanannya lebih banyak tidak hanya ada toples jajanan tapi lebih dari itu. Heppi deh kalau syawalan di Pekalongan. sayangnya tahun 2020 ini ditiadakan, karena ada pandemi. Mudah-mudahan pandemi covid-19 lekas berakhir, karena sudah berbulan-bulan lamanya.

Soalnya setelah pandemi kan saya jadi jarang keluar, mau berburu makanan tradisional agak was-was. Karena belinya harus ke pasar, sementara pasar ramai berkumpul orang-orang jualan. Tapi semenjak new normal, saya kembali bisa menikmati lopis kelapa yang menggugah selera. Kalau kamu suka kuliner Indonesia yang mana? Share dong!


13 komentar:

  1. kangen jajanan tradisional aku tuh jadinya :( skrg udah ga pernah ke pasar lagi, apalagi sejak beberapa pasar di tutup karena pedagangnya positif covid

    BalasHapus
  2. Aku paling seneng banget sama lopis, tapi sekarang yang aku temui tuh gulanya manis banget deh. Lopis ini ada macam-macam ya bentuknya, karena sering beli jadi tau.

    BalasHapus
  3. Ya ampuun, ini makanan kesukaan akuu Biasanya kalo lagi kepengen aku order online. Di dekat rumah gak ada yg jualan lopis ini huhu

    BalasHapus
  4. semua yyang berbau ketan aku suka banget kak, wah ini lopis ya, pertama kali makan saat kuliah di Jogja, sebelumnya ga pernah makan lopis ini, dan aku suka banget karena ada ketan sama kelapanya

    BalasHapus
  5. mbaaa lopis dengan lupis tuh samaa ya...aduh inget jaman kecil di rumah mamah suka ada yang lewat pakai tampah jualan lupiiis

    BalasHapus
  6. Jujur aku baru pertama makan lopis utu 3 bulan yg lalu, dan suka banget. Rasanya simple dan enak gak bisa di jelasin. Tp skrng susah banget di sekitar rumah aku yg jual

    BalasHapus
  7. Haha ini kalau ibuku keoasar kayanya suka beli deeeh. Enak bgt padahal makanan tradisional yg mulai jarang bisa ditemuin tuh yaaaa

    BalasHapus
  8. Astaga mba enak banget jadi ngiler nih aku, sayang disini gak ada mba yang jual nih

    BalasHapus
  9. Lopis ini apa bikinnya gampang, Nyi?
    Harganya ya Allah...meuni terjangkau pissaan.
    Si Ibuk yang jualan uda sepuh...

    BalasHapus
  10. Aku belum nyoba nih mbak hehehe. Rasanya enak yaa? Pengen cobain yang legendaris nih. Pasti enak bangeeet!

    BalasHapus
  11. Lopis ketan ini aku baru tahu ada mba, mungkin krn jarang banget ya klo di bali aku biasanya hunt bubur sumsum, tapi keknya enak banget deh

    BalasHapus
  12. aku suka lopis pake biyangeeeet. Mau diapapun juga, lopis dikasih kelapa dan juruh tetep the best!

    BalasHapus
  13. Haloo mbak, kami di Palembang menyebutnya dengan nama Lupis, atau Lopes. Di sini, umumnya kue lupis berbentuk segitiga..

    BalasHapus

Cara Menjadi Anggota Perpustakaan Kota Pemalang

Cara Menjadi Anggota Perpustakaan Kota Pemalang - Selamat hari Kamis teman-teman, hari ini mau nulis postingan bagaimana syarat mendaftar me...