Selasa, 21 Juli 2020

Mengenal Guru Kreatif Melalui Dunia Maya



Mengenal Guru Kreatif Melalui Dunia Maya - Dahulu saya pernah memiliki cita-cita menjadi guru, eheheh ... ini termotivasi sama bapak sih.  Setiap habis ujian, saya selalu diminta untuk membantu bapak mencocokan jawaban ABCDE yang benar. Kalau sudah membantu seringnya dapet uang jajan, ehehee senangnya bukan main.


guru kreatif dan inovatif pengertian guru kreatif menurut para ahli guru kreatif di kelas pengertian guru kreatif dan inovatif menjadi guru kreatif, inovatif dan inspiratif guru otoriter adalah guru apatis adalah pentingnya guru kreatif


Waktu SD saya juga sering diajak bapak berkeliling ke sekolah-sekolah, untuk menemani bapak ngajar kalau sekolah saya libur. Kenangan di sekolah, kenangan keseharian melihat perjuangan bapak yang dari awal masih guru biasa sampai menjagi PNS menjadi motivasi saya untuk bercita-cita menjadi guru. Tapi sayangnya setelah lulus SMA, saya tidak bisa melanjutkan kuliah terkendala biaya. Tapi Alhamdulillah jalan mengajar ternyata nggak harus jadi guru, beberapa kali pernah diminta untuk sharing ngeblog untuk bisnis di beberapa instansi membuat saya merasa cita-cita saya jadi guru benar-benar kesampaian Alhamdulillah.

Mengenal Guru Kreatif Berawal dari Dunia Maya


Saya bersyukur sekali bisa kecemplung di dunia maya, dalam ranah ngeblog. Karena di sini saya bisa berbagi menulis apa pun, dan berkenalan dengan banyak blogger dari profesi yang mereka geluti. Nah, salah satunya adalah guru. Jadi beberapa teman saya ya blogger, ya seorang guru. Saya sampai takjub, tiap kali membaca artikel-artikel yang ditulis mengenai sekolah, anak didik yang lucu, seputar dunia pendidikan gitu lah.

Sampai pada suatu ketika seluruh negara di uji dengan datangnya pandemi Covid-19, yang melumpuhkan semua sektor. Akses ke luar rumah sembarangan tidak diperbolehkan, untuk menjaga diri supaya tidak tertular virus tersebut. Dunia pendidikan juga meliburkan seluruh muridnya, mahasiswa, dan juga pengajarnya selama berbulan-bulan. Hal ini membuat saya merasa sedih. Tetapi untunglah semua pengajaran bisa disambung menggunakan media daring. Walau begitu pertemuan mengajar, masih yang paling penting.


guru kreatif dan inovatif pengertian guru kreatif menurut para ahli guru kreatif di kelas pengertian guru kreatif dan inovatif menjadi guru kreatif, inovatif dan inspiratif guru otoriter adalah guru apatis adalah pentingnya guru kreatif


Masa sekolah memang sudah berakhir, tapi memiliki guru favorit sampai sekarang masih saya punyai. Guru favorit yang sekaligus jadi blogger, yang saya kagumi ada mba Diyanika yang tinggal di Jepara. Menurut saya beliau termasuk Guru Kreatif yang nggak mau berdiam diri di rumah. Jadi dia mengunjungi murid-murid SD yang diajarnya, satu persatu untuk mengajar dan memberikan materi. Kisah  suka dukanya di tulis dalam blog, yang tiap kali saya baca jadi cengar-cengir dan juga penuh rasa haru.

3 Kriteria Guru Favorit Versi Saya


Suka Bercerita


Saya paling suka pelajaran yang guru mengajarnya juga memberikan cerita. Jadi nggak cuma materi melulu yang diberikan, tapi juga cerita. Apalagi kalau yang guru lucu, terus cerita yang bikin terpingkal. Berasa sekolah merasa pengen lama-lama, eheheh ... terus beliau juga sering mengajak kami berinteraksi. Itu sih favorit banget, dan nggak pilih kasih dong tentunya.

Suka Memberikan PR yang Unik


Ngerjain PR dari LKS mah udah biasa ya kan, kadang ada beberapa guru yang memberikan tugas rumah yang unik dan nggak biasanya gitu.  Jadi kan murid terpacu, nggak monoton gitu ada pengalaman baru dan seru!

Bersedia Jadi Apa Saja


Meski kedudukannya saya murid, dan beliau bu guru atau pak guru. Saya sering mengidolakan guru yang siap sedia ada untuk anak-anak didiknya. Misalnya ada yang nggak berpunya, atau ada anak yang kena masalah. Guru yang memahami dan mau mendengarkan curhat dari murid-muridnya bahkan membantu adalah guru yang paling saya senangi. Jadi pengen balik ke masa sekolah, ehehe ... masa yang menyenangkan untuk diingat dan masa bertumbuh yang membuat kita merindukannya. Terima kasih untuk guru-guru kreatif di manapun berada, terima kasih untuk jasamu yang tak terhingga. Semoga engkau diberikan kesehatan dan kebahagiaan selalu. Salam!

22 komentar:

  1. Guru yang memahami dan mau mendengarkan curhat dari murid-muridnya bahkan membantu adalah guru yang paling saya senangi --> SAMAAAA banget ini mah.
    Selalu Terkenang dgn sosok guru yg seperti ini yaaa

    BalasHapus
  2. Hehe, bener nih, menurut saya guru kreatif yang banyak cerita...gak bakalan ngantuk kalo denger ceritanya, tapi bisa nyampe isi materi ke otak..

    BalasHapus
  3. Dosen juga guru ya kan. Saya juga punya pengalaman baik dengan satu dosen. Selalu terkenang kebaikan beliau. Dan waktu beliau meninggal, saya nggak bisa datang melayat. saya menangis tersedu-sedu.

    BalasHapus
  4. Waktu SD dulu saya punya ibu guru. Saya panggil ibu Naibaho, orang batak, tapi lembut seperti orang Jawa. Orangnya baik banget, kreatif, dan kalau kasih tugas gak aneh tapi bikin kita mikir. Jadi saya membayangkan kalau saja semua guru seperti beliau, anak Indonesia pasti jadi senang..

    Senang membaca kenangan Mbak bersama ayah yang seorang guru :)

    BalasHapus
  5. Guru yang bersedia jadi apa saja itu in syaa Allah hidupnya penuh berkah, dan anak2 muridnya akan selalu ingat padanya, mengenangnya, dan mendoakannya.

    BalasHapus
  6. Kok seru sih ini ada guru kreatif melalui dunia maya, keren deh ini Nyi banyak sekali kegiatannya.

    BalasHapus
  7. Aku juga suka guru yang bercerita, pernah ada dosenku yang kalau ngajar 80% bercerita. Tapi asyik karena seputar pelajaran, gak melulu melototin materi.

    BalasHapus
  8. Saya punya banyak guru favorit di jaman sekolah. Bu guru Bahasa Inggris yang mengirim saya dan satu temen untuk les gratis mewakili sekolah saat SMP. Bu Guru Bahasa Indonesia yang tahu bakat saya mengarang dan meminta saya mewakili sekolah di lomba mengarang saat SMP.

    Di SMA guru favorit saya guru BK dan Guru Agama. Love you semua bapak ibu guru. Jasamu tiada taraaaaaa...

    BalasHapus
  9. Di setiap jenjang sekolah, SD-SMP-SMA-Kuliah (pas TK udah gak ingat), selalu ada guru kreatif favorit saya. Maunya sih seluruh guru tuh kreatif ya..tapi kemampuan dan karakter tiap orang berbeda.

    BalasHapus
  10. Ada guru di sekolah SD anakku ngajar bawa gitar, gendang kecil, dan alat musik atau peralatan lain. Jadi saat zoom meeting diselingi lagu, yel-yel ..dan lainnya pokoknya rame dan hidup seperti kelas tatap muka rasanya. Padahal Beliau Guru Agama Islam. Keren!! Guru kreatif ini bagi saya!

    BalasHapus
  11. seinget aku guru di masa sekolah yang kreatif itu kalo SD namanya Pak Handoyo, SMP aduh siapa ya nama gurunya, guru sejarah pokoknya, nah pas SMA itu ada beberapa guru, semuanya kreatif

    BalasHapus
  12. Mbk, samaan.. Dulu alm abahku juga punya kebiasaan yg sama. Kl habis ujian pasti disurih nemenin ngireksi lembar ujian ahahaha.
    Guru faborit itu, yang nyantai, tegas dan busa buat curhat

    BalasHapus
  13. Jarang2 sih kalo ada guru yg bisa memberikan PR yg unik. Yg bikin anak gak bosen sekolah and tetap semangat belajar, itu yg paling penting :)

    BalasHapus
  14. Guru favorit saya itu yang senang ngobrol dengan murid-muridnya, jadi kita merasa dekat gitu. Mau dengerin keluhan dan mengarahkan. Ih jadi kangen sama guru-guruku.

    BalasHapus
  15. Yess ,,digital life give us many more information, fastly too. So we must using digi usefull

    BalasHapus
  16. Duh jadi inget guru-guru zaman sekolah... Semua guru memang berjasa, tapi guru yang kreatif pasti akan selalu terkenang...

    BalasHapus
  17. seru ya mba jadi guru. pandemi gini emang kudu bikin lebih kreatif guru2nya biar enak anak mengerti
    semoga sekolah anakku gurunya juga sekreatif guru jaman now

    BalasHapus
  18. Guru yang suka cerita ini emang menarik, biasanya yang udah ngantuk jadi melek seger lagi, jadi siap belajar lagi ;p

    BalasHapus
  19. Guru kreatif emang dibutuhkan banget.. apalagi sekarang ini..kalo gak kreatif kasian murid2nya..

    BalasHapus
  20. duuu jadi kangen guru guru semasa sd sampe kuliah, punya guru favorit baik banget, gak hanya jadi guru tapi juga jadi teman. Jadi inget guru fisika yang baik, kalau saya lapar ijin kebelakang beli gorengan dan tak dinyana diijinkan hihi

    BalasHapus
  21. Aku baru tau ada kayak gini, guru kreatif di dunia Maya, saat ini anak2 Indonesia yg pjj sangat butuh guru2 yg kreatif ya Nyi

    BalasHapus
  22. Xixixi.. bener banget tuh, Mba. Bikin tugas yg unik. Tapi ga nyusahin bocahnya yaaa.. ortunya yg ngomel2.. hahaha

    BalasHapus

7 Rekomendasi Drama Korea Terbaru 2020 dengan Tema Investigasi Pembunuhan

7 Rekomendasi Drama Korea Terbaru 2020 dengan Tema Investigasi Pembunuhan - Anyong! (Apakabar!) Semoga kita semua senantiasa dilimpahi ke...