Jumat, 04 September 2020

Serunya Peresmian Kampung Wisata dan Kuliner Siaga Candi Kota Pekalongan

Peresmian Kampung Wisata dan Kuliner Siaga Candi Kota Pekalongan - Pemerintah Kota Pekalongan bersama Polres Pekalongan, bersinergi bersama membentuk Kampung Wisata dan Kuliner Siaga Candi. Bertempat di halaman depan Technopark Perikanan Wilayah Kecamatan Pekalongan Utara, saya bersama teman-teman menghadiri peresmian acara yang digagas oleh Polres Pekalongan ini.


Tepat pukul 07.00 WIB, kami sudah hadir dan langsung menempatkan diri untuk mengikuti senam kekinian. Yang lumayan menguras energi dan membuat keringat mengucur hahaha ... tapi seru banget! Mengingat udah lama nggak olahraga, eh ...

Kampung Wisata dan Kuliner Siaga Candi, dibentuk dalam menindaklanjuti Inpres No. 06 Tahun 2020 serta Perwal Kota Pekalongan No 48 Tahun 2020 Tentang Penerapan Disiplin dan Penegakkan Hukum Protokol Kesehatan Dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-9. Selain itu pula, dalam rangka peningkatan ekonomi di tengah pandemi Covid-19 supaya lebih membaik. Tahu sendiri kan pas covid-19 lagi marak-maraknya, semua akses aktivitas terhenti dan lumayan menghambat rejeki.

Bersyukurnya masyarakat Indonesia terus berjuang dan tidak mudah menyerah. Allhamdulillah, perlahan era new normal semuanya mulai bangkit. Setelah gong dipukul oleh Kapolres Kota Pekalongan, bapak AKBP Egy Andrian SUez, SH, SIK, MH, resmi sudah perencanaan Kampung Wisata dan Kuliner Siaga Candi. Nah siapa lagi yang turut mendampingi bapak Kapolres? Ini dia pejabat setempat :

 

  • Walikota Pekalongan Bapak HM Saelany Machfudz, SE,
  • Wakil Walikota Pekalongan HA Afzan Arslan DJunaid, SE.
  • Ketua DPRD ibu HJ. Balqies Diab, Sag, MM, Sekertaris Daerah Kota Pekalongan, Hj Seri Ruminingsih, SE, Msi,
  • Perwakilan dari KODIM 0710/ Pekalongan.


Keseruan Lain dalam Peresmian Kampung Wisata dan Kuliner Siaga Candi

 

Acara setelah senam, peserta dipersilakan sarapan. Sementara panggung hiburan diisi oleh para polwan yang memamerkan kelincahannya, dalam melakukan senam. Polwan yang biasanya gagah dalam bertugas, terlihat gemulai ketika melakukan senam. Mereka bersemangat dan membuat kami yang menontonnya ikut menikmati.

Sementara Dinas Pariwisata Kota Pekalongan, menampilkan seni tari dari beberapa adik-adik yang terlihat sangat cantik. Entah kenapa saya selalu terpukau, kalau melihat orang nari. Bawaannya pengen ikutan belajar nari juga, meneruskan kebudayaan leluhur ya kan? Bahwa Indonesia ini di setiap daerah memiliki ke khasan tarian tersendiri. Inilah yang membuat Indonesia diakui sebagai negara yang kaya.


Apalagi yang menarik? Ada live cooking dari chef-chef hotel besar yang ada di Pekalongan lho. Mereka mengolah makanan serba seafood, dan rasanya enak! Masing-masing menampilkan menu yang luar biasa, menarik dalam menghias, dan kreatif. Saya menyaksikan beberapa chef memasak, meski cuaca panas, namun mereka tetap bersemangat. Mereka juga ramah-ramah, ketika saya bertanya.



Kampung Wisata dan Kuliner Siaga Candi ini, juga dimeriahkan oleh beberapa stand lokal dari pelaku usaha yang ada di Kota Pekalongan, dari Bhayangkari juga turut berpartisipasi, batik Ayuni dan lain sebagainya. Tidak ketinggalan bakti sosial pun dilakukan, dengan melakukan pemberian bantuan beras dan uang saku kepada adik-adik yang tdak mampu. Barokallah semuanya berjalan dengan lancar.

Sebagai Walikota Pekalongan, Bapak HM Saelany Machfudz, SE sangat mengapreasi dan menyambut dengan bahagia dengan adanya kampung wisata dan kuliner Siaga Candi. Bapak Wallikota, dalam sambutannya mengungkapkan, kebanggannya.

“Kami atas nama Pemkot Pekalongan sekaligus sebagai Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kota Pekalongan mengucapkan terimakasih kepada jajaran Polres Pekalongan Kota yang telah menginisiasi program Kampung Wisata dan Kuliner Siaga Candi di Kawasan Technopark yang juga dibentuk dalam rangka upaya mewujudkan ketahanan pangan, kuliner, wisata, menjaga kesehatan masyarakat di tengah pandemi Covid-19."

Bapak Saelany juga menjabarkan rencana kedepan, untuk Kawasan Technopark ini adalah salah satu impian kawasan masa depan masyarakat yang harus terus diperhatikan terlebih di dekat kawasan tersebut akan dibangun kawasan strategis Wisata Air Terbesar yang masih dalam proses pengerjaan. Selain itu, akan dibangun Pelabuhan Onshore dan Satu Pintu Air Besar dalam rangka mengantisipasi dampak banjir rob Kota Pekalongan.


Semoga doa-doa baiknya terwujud, dan program untuk masyarakat ini terlaksana dengan baik. Syukur-syukur dapat meningkatkan perekonomian masyarakat pesisir Pekalongan Utara ini agar semakin maju dan kreatif. Aaamiin.

Bapak Kapolres Kota Pekalongan, Bapak AKBP Egy, mengungkapkan bahwa, “Wisata di Kota Pekalongan salah satu pusatnya ada di Kawasan Perikanan Technopark Pesisir ini dari mulai kulinernya, wisata pantainya, budayanya, dan sebagainya. Tentunya pelaksanaan kegiatan ini mengedepankan protokol kesehatan tidak semakin mewabah". Aamiin. Terakhir pesan AKBP Egy, jangan lupa 4 M. Ialah, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan menghindari keremunan. Yuk kita patuhi, bersama kita pasti bisa. Semoga pandemi lekas berlalu, dan keadaan Indonesia semakin lebih baik dari sebelumnya aamiin.




10 komentar:

  1. Kampung kuliner selalu bikin ngiler deh mbak. Aku sukak banget lihat kreatif dan yummynya hehehe

    BalasHapus
  2. Kampung Wisata & Kuliner Candi yg diresmikan ini lokasinya di Kawasan Teknopark itu kah? Trus buka setiap hari atau gimana?

    BalasHapus
  3. Kalau ke pekalongan biasanya hanya cari batiknya nih. Sekarang ada kampung wisata dan kuliner aiaga candi kota pekalongan, mampir deh nanti kalau ke pekalongan lagi

    BalasHapus
  4. aku penasaran sama menu kuliner diatas meja. itu kepala ikan atau memnag jenis ikannya utuh keseluruhan mbak?

    BalasHapus
  5. Wah asyik menunya seafood jadi pengen nyicil nih. Keren nih pekalongan udah mulai menggerakkan sektor pariwisata ya semoga tercapai semua harapan pak walikota

    BalasHapus
  6. Harus masuk wishlist nih! Tahun kemarin kirim pesanan souvenir kaktus ke Pekalongan, tapi wisatanya ke Batang karena bingung mau ke mana. Sekarang kalo ke Pekalongan harus mampir ke sini. Aku salfok sama gambar olahan ikannya. Jadi pengen kuliner seafoodnya :D

    BalasHapus
  7. Sekarang tambah lagi ya tempat wisata di Pekalongan. Btw aku juga sudah lama nih nggak ke Pekalongan

    BalasHapus
  8. Seru ya mbak. Kampung wisata dan kuliner. Kumplit deh. Saat ini semua memang harus berjuang dan bangkit. Semangat semuanya

    BalasHapus
  9. Seru yo acara peresmian kampung wisata ini. Hayuk Nyi kapan yang Semarang diajakin ke sana ya nanti kalau suasana sudah memungkinkan untuk berkumpul.

    BalasHapus
  10. Salfok sama ikan di meja itu. Bikin ngiler. Itu di masak apa ya hahaha ... Pokoknya sukses untuk Kampung Wisata dan Kulinernya ya?

    BalasHapus

7 Rekomendasi Drama Korea Terbaru 2020 dengan Tema Investigasi Pembunuhan

7 Rekomendasi Drama Korea Terbaru 2020 dengan Tema Investigasi Pembunuhan - Anyong! (Apakabar!) Semoga kita semua senantiasa dilimpahi ke...