Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Anies Baswedan Respon Pernyataan Presiden Cawe-Cawe Urusan Negara

Anies Baswedan Respon Pernyataan Presiden Cawe-Cawe Urusan Negara - Calon presiden dari Koalisi Pembaharuan untuk Persatuan, Anies Baswedan memberi respon pernyataan dari presiden Joko Widodo yang cawe-cawe dalam urusan negara. Menurut tokoh politik satu ini, pernyataan tersebut dapat menimbulkan banyak kekhawatiran dari berbagai pihak berkaitan dengan proses demokrasi di Indonesia.





Anies mengaku mendengar kabar mengenai kekhawatiran berkaitan soal isu penjegalan dan tindak kriminalitas sebagai imbas dari sikap cawe-cawe presiden. Sikap tersebut menunjukkan bahwa pimpinan negara bersikap tidak netral.


Berharap Kekhawatiran tidak Benar


Menanggapi banyaknya kekhawatiran yang muncul, Anies Baswedan berharap hal tersebut tidak benar atau tidak pernah terjadi. Ada ketakutan apabila penyelenggara pemilu mulai dari calon legislatif hingga calon presiden mendapatkan perlakuan tidak fair selama proses pemilihan. Selain itu muncul rasa khawatir adanya tindak kecurangan yang akan dilakukan beberapa pihak.

Anies menegaskan bahwa hal tersebut muncul karena adanya pernyataan cawe-cawe dan sikap tidak netral dari presiden Joko Widodo. Mantan gubernur DKI ini di Jakarta Selatan tanggal 30 Mei 2023 lalu menyampaikan harapannya kekhawatiran adanya isu penjegalan dan kriminalitas selama proses pilpres di tahun 2024 mendatang tidak sampai terjadi.

Sebagai tokoh politik yang berpengalaman, Anies menyampaikan bahwa setiap partai dan calon presiden mempunyai hak yang sama. Partai berhak untuk mencalonkan kandidat presiden dan wakil presiden pilihannya. Semua calon juga mempunyai hak yang sama untuk melakukan kampanye sesuai ketentuan yang sudah dibuat.

Selanjutnya, Anies berharap semua prosesi pemilihan dari awal hingga akhir berjalan secara fair sesuai prinsip demokrasi ada di Indonesia. Politikus yang kharismatik ini mengajak semua masyarakat untuk bersama-sama menyambut pesta demokrasi yang sebentar lagi akan berlangsung dengan baik. Tujuannya untuk memastikan masa depan Indonesia yang semakin sejahtera


Tetap Solid dan Fokus


Tanggapan lebih lanjut yang diberikan oleh Anies bahwa Koalisi Perubahan untuk Persatuan akan tetap solid dan fokus dengan agenda dasar yang sudah disepakati. Agenda tersebut adalah membereskan masalah kemiskinan, ketimpangan, mewujudkan keadilan, memastikan kesetaraan kesempatan dan membuka lapangan kerja sebagai satu kesatuan program.

Sebagai calon presiden, Anies menyatakan bahwa pihaknya akan tetap fokus pada tema-tema yang sudah dibuat dalam menyambut pemilihan umum. Dengan fokus pada hal-hal tersebut Anies berharap kontestasi lima tahunan bakal menjadi tempat beradu gagasan, rekam jejak dan program.

Mantan rektor Universitas Paramadina ini menyampaikan bahwa dirinya dan tim telah berdiskusi yang menghasilkan sikap akan tetap optimis dalam berjuang untuk mencapai tujuan. Anies meminta kepada semua kader partai, pendukung dan relawan untuk terus bekerja, meningkatkan semangat dan keyakinan serta ikhtiar yang akan dibukakan jalan menuju keberhasilan. Optimisme, semangat, dan soliditas dijaga begitu pesannya.

Berkaitan dengan program dan rekam jejak, selama menjabat sebagai gubernur DKI sudah banyak hasil kerja yang dipersembahkan oleh Anies kepada masyarakat. Pada masa pemerintahannya kesejahteraan buruh dan masyarakat secara umum banyak meningkat karena program-program yang dijalankan.

Iklim demokrasi juga terus ditegakkan, terbukti dengan banyaknya masyarakat yang menyampaikan aspirasi. Semua masukan, kritik dan saran yang diberikan oleh warga DKI ditanggapi dengan serius dan baik sehingga tidak ada yang merasa khawatir atau takut menyampaikan pendapatnya.

Ini menunjukkan bahwa Anies selalu menjunjung dan menjalankan asas demokrasi dan kebebasan pendapat tanpa ada intervensi dan intimidasi. Semangat dan optimisme yang terus diminta oleh Anies Baswedan harapannya bisa memberi kekuatan dan jalan untuk meraih kemenangan di pemilihan presiden tahun 2024 mendatang.  

 

Sumber:

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20230530161139-32-955870/anies-respons-cawe-cawe-jokowi-cemas-potensi-kecurangan
https://www.cnbcindonesia.com/news/20230530165237-4-441906/anies-tanggapi-jokowi-cawe-cawe-singgung-potensi-kecurangan

 


Posting Komentar untuk "Anies Baswedan Respon Pernyataan Presiden Cawe-Cawe Urusan Negara"