Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

iPrint Bantu Wujudkan Mimpi Membangun Brand Hijab Sendiri


iPrint Bantu Wujudkan Mimpi Membangun Brand Hijab Sendiri - Dari kita kecil sampai dengan dewasa kini, hidup kita dikelilingi oleh semua produk bermerek. Tidak ketinggalan, barang komoditi dari beras, minyak, gula, tepung, dan lain sebagainya tidak mau ketinggalan unjuk gigi dalam membangun merek. 


iPrint Bantu Wujudkan Mimpi Membangun Brand Hijab Sendiri
iPrint Bantu Wujudkan Mimpi Membangun Brand Hijab Sendiri 



Dalam membangun sebuah merek tentu tidak gampang. Tetapi yang paling penting dari itu semua, seberapa lama merek itu bisa bertahan. Hari ini merek tersebut booming, apakah di lima tahun mendatang merek tersebut juga akan tetap disukai oleh pelanggannya? 


Sebuah perusahaan atau pemilik produk perorangan, pastilah menginginkan produk yang dijualnya laku dan menghasilkan keuntungan. Tidak saja untuk sekarang, namun dalam jangka panjang, bahkan bisa diteruskan dari generasi ke generasi. 


Kita sebagai pengguna atau konsumen, sering dihadapkan oleh berbagai merek yang jumlahnya sangat banyak. Perusahan baru bermunculan, mengeluarkan berbagai kebutuhan manusia, yang kadang membuat kita harus memilih mana. 


Faktanya jika salah satu produk yang muncul laris manis bak kacang goreng, yang lain ikutan juga meniru produk yang sama. Dimana intinya apa yang ditawarkan tidak ada bedanya dengan yang sudah ada, sekaan kehilangan kreatifitasnya.


Bagaimana bila dibalik, kita yang menjadi pembuat produk? Apa yang bisa kita tawarkan kepada pelanggan, selain memberikan manfaat akan produk kita dan agar mereka terus memilih menggunakan produk milik kita? Tentunya harus menggunakan pendekatan yang kreatif untuk terus dicintai. 


Bagaimana memulai langkah agar merek kita disenangi secara terus menerus tidak gampang, namun ada tiga tahapan yang bisa kita praktikan. 


  • menjadi unik
  • melakukan pendekatan emosi
  • menjadi kreatif



Pengalaman Berjualan Hijab Laris Diawal, Mandek di Kemudian


Pengalaman Berjualan Hijab Laris Diawal, Mandek di Kemudian
Pengalaman Berjualan Hijab Laris Diawal, Mandek di Kemudian



Dahulu ketika saya menjadi pekerja kantoran, dan punya waktu luang sepulang kerja, saya manfaatkan untuk kulakan hijab. Kebetulan di dekat kosan tinggal, banyak ruko-ruko yang menjajakan banyak barang. 


Saya tertarik untuk berjualan hijab, bukan print hijab sih tapi hijab dengan warna polosan, selain saya memang langganan membeli di sana, harganya juga berbeda dari yang lainnya. Lebih miring ketimbang toko lain. Iseng-iseng saya pasang di internet dan ternyata ramai. 


Kendala yang terjadi ternyata jauh dari dugaan, saya yang notabene cuma beli dari orderan yang masuk sering kehabisan stok. Akhirnya nyetok beberapa, namun juga tidak memuaskan hasilnya. Ada pembeli yang mau dinego warna, ada juga pembeli yang kukuh dengan warna yang dipilih. Pada saat itu saya cuma berani bermain di hijab polosan.


Akhirnya memberanikan diri stok hijab yang lagi viral dengan print kain, dengan pemikiran nanti misal kalau nggak laku atau masih sisa ya udah dipakai sendiri aja. 


Benar saja, saat ramai dan ternyata pemainnya di internet juga banyak saya kewalahan. Kewalahan dengan orderan yang masuk, kewalahan juga dengan stok yang selalu kehabisan. Kalah dengan modal yang lebih gede. 


Namun saya tidak menyesali, justru semangat, ternyata berbisnis itu menyenangkan dan menantang. Meski ada kegagalan, dibaliknya banyak pelajaran yang bisa saya dapatkan. Dan saya tetap memiliki impian, bisa membuat brand hijab sendiri.



Andai Diberikan Kesempatan Membangun Bisnis Hijab dengan Brand Sendiri, Apa yang akan Saya Lakukan? 



Andai Diberikan Kesempatan Membangun Bisnis Hijab dengan Brand Sendiri, Apa yang akan Saya Lakukan
Andai Diberikan Kesempatan Membangun Bisnis Hijab dengan Brand Sendiri,
Apa yang akan Saya Lakukan?



Di tengah perubahan yang terus menerus terjadi, ada yang tidak berubah sama sekali, yaitu perubahan itu sendiri. Di mana artinya setiap orang mendapatkan kesempatan dan tantangan yang sama untuk beradaptasi atau punah. 


Apabila suatu hari nanti diberikan rejeki kesempatan, saya juga ingin menciptakan bisnis hijab dengan brand sendiri. Namanya manusia ya kan? wajar bila memiliki mimpi yang tinggi. Katanya kalau berani bermimpi artinya berani membayangkan sesuatu yang ideal terjadi di masa mendatang. 


Mengapa bisa begitu? Karena mimpi bisa menimbulkan energi baru, dengan adanya motivasi yang kuat atau dorongan dari dalam diri untuk bisa maju dan sukses.  Dan pada waktu yang tepat, motivasi yang kuat tersebut akan diubah menjadi energi mekanik. Dimana kaki dan tangan kita bisa terus bertenaga, bersemangat baja seolah nggak habis-habis daya. 


Pernah nggak sih kalian merasa demikian? 


Nah jika kesempatan itu jatuh di tangan kita? Apakah kita akan meyia-nyiakan begitu saja? Tentu tidak bukan? Saya akan segera bertindak, yang pertama adalah berdoa, yang kedua melakukan survey siapa saja yang bisa diajak bekerjasama membangun brand. 


Langkah Membangun Bisnis Hijab dengan Brand Sendiri


Langkah Membangun Bisnis Hijab dengan Brand Sendiri
Langkah Membangun Bisnis Hijab dengan Brand Sendiri


Dari jaman dulu manusia sudah mengenal yang namanya pakaian, di mana pakaian merupakan salah satu kebutuhan primer disamping pangan dan papan. Fungsi dari pakaian sendiri untuk menutup tubuh, melindungi bagian tubuh agar terlihat sopan. Apalagi untuk seorang muslimah ya kan? Lebih dari sekadar menutup tubuh tetapi juga untuk melindungi aurat. Tidak haya pakaian yang dibutuhkan untuk menutup tubuh, tapi juga membutuhkan yang namanya kerudung atau hijab. 


Oleh sebab itu, seiring dengan perkembangan zaman, pakaian bukan lagi mempunyai fungsi sebagai pelindung tubuh namun juga alat menambah kepercayaan diri sipemakai. Dari pakaian juga manusia dapat dinilai, sebagai seorang yang fasionable atau bukan. 


Di Indonesia sendiri arus pakaian atau fashion mengalami perkembangan yang deras. Fashion juga erat kaitannya dengan gaya hidup manusia. Fashion lantas menjadi barang komoditas yang tinggi peminatya, meski kadang mereka juga selektif dalam menentukannya. 


"Manusia pada era globalisasi ini, mengenal produk fashion tidak hanya sebagai nilai kesopanan dan sebagai upaya melindungi tubuh tetapi juga nilai keidahan bahkan fashion diaggap sebagai cermin gaya hidup modern, " menurut Moeliono dkk (1990:589). 


Inilah mengapa saya lebih memilih berbisnis pada bidang fashion hijab, di mana semua muslimah pasti membutuhkan yang namanya hijab. Tetapi tidak semua hijab laku dipasaran, kita harus melakukan yang namanya survey sebelum terjun langsung untuk memproduksinya. 


Beberapa tahun belakangan ini, hijab voal motif yang lagi ramai di pasaran. Saya sempat mengamati dibeberapa marketplace, baik jualannya live atau tidak hijab voal masih menjadi yang diminati. 


Hijab voal adalah jenis hijab yang dibuat dari kain voal/voile. Bahan dari serat katun, dengan karakter yang lembut, ringan dipakai, enak dibentuk, tidak licin, dan nyaman tentunya. Cocok banget sebagai bahan kerudung atau hijab. Bahan voal juga sangat diminati oleh beragam kalangan, baik menengah, atas, ataupun bawah karena memiliki karakter yang nyaman itu tadi. 


Yang jadi masalah saya harus menemukan tempat print kain yang hemat harga, biar pas dengan kantong dan juga pas dengan keinginan. Browsing dong, jasa print hijab di internet, wong sekarang jamannya sudah serba canggih ya kan? Ketemu dengan yang namanya iPrint.


print kain print hijab membuat brand hijab sendiri
Jasa print kain



Perusahaan jasa print kain yang sudah berdiri sejak 2015, iPrint bisa melayani print hijab dengan segala jenis kain. Pun minimal print hijabnya bisa 12 pcs. Tapi kalau kita cuma butuh print kain aja juga dilayani, untuk dijahit sendiri. Bisa request apa aja deh di iPrint ini, karena dia merupakan pioneer perusahaan digital printing di Indonesia. 


Karena suami dan saya memiliki basic bisa menjahit, jadi saya tidak memerlukan pembuatan jadi. Saya memilih untuk print kain saja, dan dijahit sendiri. Mau dimodel apa saja jadi bisa. 



Mengapa Memilih iPrint Sebagai Partner Bisnis Hijab Printing? 


Mengapa Memilih iPrint Sebagai Partner Bisnis Hijab Printing
Mengapa Memilih iPrint Sebagai Partner Bisnis Hijab Printing



1. iPrint merupakan pioneer perusahaan digital printing di Indonesia


Semenjak berdiri dari tahun 2015 iPrint sudah melayani beragam individu maupun perusahaan, baik mencetak kain ataupun menjahit kain semua dilayani dengan baik agar semua individu bisa mewujudkan hasil kerasinya. 


iPrint menyediakan banyak layanan dari jasa cetak kain, jasa prit hijab, jasa sablon DTF, jasa laser cutting hijab, dan jasa custom T-shirt. 





2. Minimal ordernya tidak berat


Dalam artian hemat kantong bagi yang cekak budget. Jika pesan print kain, minimal ordernya cukup 10 meter saja.  Tapi kalau mau skala besar juga bisa, iPrint akan mendukung sepenuhnya dengan project yang akan dikerjakan. 


Untuk yang mau bisnis hijab printing, terima jadi bisa memesan minimal 12 pcs. Hemat sekali bukan? Buat yang mau merintis usaha bisa banget nih. Siapa bilang usaha harus modal gede? Nggak juga sih. Asal nemu partner bisnis yang tepat, semacam iPrint ini. 


3. Pilihan bahan kainnya banyak


print kain print hijab membuat brand hijab sendiri
Pilihan bahan kainnya banyak



Untuk print kain di iPrint, kita bisa memilih banyak jenis bahan kain untuk di print. Kita juga bisa membeli sample printnya dulu, sebelum cetak skala besar. Apa saja bahan yang disediakan? 


Ini dia pilihannya : Toyobo royal mix, wolfis, verlando, micro, balotelli, spandek jepang, satin roberto cavali, baby terry, jersey, hyget Korea despo, dryfit bintik, katun M, taslan, organza, parasut, satin velvet, canvas ccp, maxmara, yelvo, canvas cordura, scuba, ceruti babydoll premium, dan armani silk.


Tenang, buat yang nggak ngerti mengenai jenis kainnya, kalian bisa klik satu persatu nama bahan tersebut. Nanti dalam website resmi iPrint dijelaskan detail. Misalnya nih kain armani silk, pengertiannya apa, kelebihan kain armani silk apa, pilihan produk yang bisa dihasilkan dari kain ini apa, kita diberikan referensi kok. 


4. Ada referensi pilihan ide produk printing


print kain print hijab membuat brand hijab sendiri
Ada referensi pilihan ide produk printing



Kalau kamu masih meraba-raba, belum seperti saya yang sudah memutuskan untuk bisnis hijab printing. Kalian bisa berlega hati, karena di website iPrint kita dipandu dan diberikan ide produknya. 


Apa saja ide produknya? Ada selimut bayi, outer, tunik, bantal, masker, seragam, gaun pesta, jaket sepeda, jersey esports, blazer, pelengkap gamis, kaos, kulit, blus, kemeja, lapisan hijab, jersey sepeda, baju atasan, hoodie, mukena, jaket windbreaker, jaket bmber, sajadah travel, tas, sepatu, gamis, sweater, dress, jersey bola, celana, piyama, khimar, apron menyusui, boneka, tok, dan hijab. 


Misalnya nih kita ingin berbisnis selimut bayi, tinggal di klik aja produknya. Nanti kita diberikan pengertian selimut bayi printing itu bagaimana, kelebihannya, dan bahan kain untuk pembuatan selimut bayi ada apa saja. Tinggal klik 'Saya ingin membuat produk ini'. Kita akan diarahkan menuju chat WhatsApp dari iPrint. Langsung eksekusi deh, dan bisa juga saling konsultasi. Mudah bukan? 


Untuk membuat brand hijab sendiri, saya diberikan pilihan dari bahan hijab printing yang cocok dan populer, speerti kain satin, katun, voal, organza, ceruti, dan armani silk. Jadi kita nggak dibiarin bingung begitu saja, tetapi lebih diarahkan. Pantas saja iPrint menjadi sahabat UMKM Indonesia. 


5. Bisa custom desain


Kalau kamu mempunyai kemampuan dalam mendesain, dengan iPrint kamu bisa mencetak desain sendiri jadi lebih bangga gitu lho. Tapi kalau nggak punya keahlian mendesain kayak saya, kita juga bisa dibuatkan desainnya khusus lho. Enak banget kan? Bisnis hijab printing bukan lagi mimpi di siang bolong kalau begini.


6. Hasil printing berkualitas bukan kaleng-kaleng


print kain print hijab membuat brand hijab sendiri
Hasil printing berkualitas bukan kaleng-kaleng



Percayakan bisnis print hijabmu bersama iPrint, mengapa? Karena hasilnya berkualitas dari mesin EPSON SUBLIMATION dengan sertifikasi tinta Oeko-Text Standar 100 class 1. Artinya, aman untuk kulit manusia, bahkan bayi baru lahir. 


7. Ulasan dari pelanggannya bagus


print kain print hijab membuat brand hijab sendiri
Ulasan dari pelanggannya bagus



Buat yang penasaran langsung aja mampir ke website resmi  iPrint, karena ada ulasan dari pelanggan yang sudah pernah bekerjasama langsung dengan iPrint. Salah satunya dari Mutiara Dwi, "Pokoknya mantap, aku udah repeat berkali-kali. Hasil printingnya gak luntur dan ahrga pas dikantong buangettt." Mutiara Dwi juga memberikan ulasan bintang lima. 


Melakukan survey sebelum bekerjasama tidak masalah lho, bahkan itu harus dilakukan. Lha kalau testimoni dari pelanggannya aja sudah tidak bagus, ya kita mau mengajak kerjasama juga maju mundur ya kan? 


Bagaimana? Tertarik juga untuk berbisnis membuat brand hijab sendiri? Begitu mudah ternyata? Bisa dipasarkan melalui online dan offline. Tempuh dua cara tersebut agar penjualan kita makin maksimal. Namanya juga ikhtiar ya kan? Serahkan pada pioneernya, iPrint : Jasa Print kain profesional. 


print kain print hijab membuat brand hijab sendiri
iPrint : Jasa Print kain profesional


Sumber pendukung artikel


Website iPrint
Media Sosial iPrint
YouTube iPrint
Desain Canva, edited by blogger

14 komentar untuk "iPrint Bantu Wujudkan Mimpi Membangun Brand Hijab Sendiri "

  1. Buat jasa printing fashion, si Iprint ini termasuk ringan ya dengan minimal order hanya 10 pcs saja. Lumayan buat starter usaha biar ngga boncos juga kalau terlalu banyak simpan stok. Dan kelebihannya kalau ga banyak stok, orang jadi merasa produknya eksklusif

    BalasHapus
  2. Ya ampun koq gampang banget ya menggunakan jasa Iprint ini, jadi semangat membuka bisnis sendiri deh. Udah gitu nggak hanya jilbab lho tapi bisa segala macam produk. Terima kasih infonya ya .

    BalasHapus
    Balasan
    1. siap Bun, memang ini iprint juaranya bisa produk apa aja

      Hapus
  3. Salut utk penerapan teknologi yg makin mempermudah hidup kita ya. Seperti iPrint ini..menjadi solusi utk permasalahan usaha di bidang percetakan di lain ya.. Terimakasih sharing infonya ya..

    BalasHapus
  4. Keren! Minimal pesanan cuma 10pcs. Bisa tuh jemput bola cari orderan ke kelompok-kelompok Pengajian, arisan, atau sosialita2. Bikin jilbab atau fesyen lain yang eksklusif pakai motif sendiri. Buibu biasanya suka yang nggak pasaran kan

    BalasHapus
  5. Bisnis fesyen cukup menjanjikan, ya. Apa lagi kalau unik seperti motif yang bisa kita pesan melalui iprint ini

    BalasHapus
  6. Ini keren inovasinya. Bisa bikin motif sendiri dengan minimal order hanya 10. Peluang besar bisnis fesyen

    BalasHapus
  7. Wahh! kebetulan suka desain pattern juga, ternyata ada iprint yg bisa bantu aku bikin produk scarf ataupun hijab. Lumayan dapat info gini dapet inspirasi untuk bangun brand sendiri.

    BalasHapus
  8. Banyak banget ya pilihan kain untuk hijab, dan aku gak paham semua. Tapi kalo kainnya lembut dipakai pun jadi enak, gak lari lari, eh kayak apaan. Seneng ya kalo bisa buka usaha produksi hijab dengan jasa print gitu, semoga sukses ya Nyi

    BalasHapus
  9. Wab bisa banget nih dicoba buat pengusaba newbie.bisa pesen 10aja. Sambil coba liat pasar kalo ternyata respond pasar oke bisa lanjut bikin lagi ya nyi

    BalasHapus
  10. Adanya Iprint ini peluang bagus bagi yg ingin memulai usaha apalagi terakhir belakangan hijab printing tengah menjadi tren oleh masyarakat. Sebab, memiliki keunikan corak bahkan bisa custom juga

    BalasHapus
  11. Adik saya cocok punya brand hijab sendiri. Dia pandai desain. iPrint ini bisa jadi solusi ya

    BalasHapus
  12. Gimana rasanya punya bisnis yaa..
    Aku membayangkan, tapi gak berani maju karena beberapa kali mengalami kebosanan apalagi kalau kepentok masalah mengenai stok dan customer rewel. Pilihan yang terbaik berpartner dengan memilih iPrint Sebagai Partner Bisnis Hijab Printing.

    BalasHapus