Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga


3 Manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga - Setiap kali pelajaran olahraga tiba, guru olahraga selalu meminta anak-anak untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu. Saat itu barulah tahu kalau tanpa melakukan pemanasan itu, untuk menghindari cedera saat berolahraga yang bisa saja terjadi.


24 gerakan pemanasan sebutkan 3 manfaat pemanasan sebelum olahraga 15 manfaat pemanasan
manfaat pemanasan


 

Gerakan pemanasan juga bermacam-macam, biasanya kami diberi contoh yang paling gampang. Pelajaran olahraga sendiri merupakan, pelajaran yang paling saya senangi hehehe ... soalnya tubuhku kan kecil, enteng jadi setiap ada pelatihan atau ujian gerakan saya selalu mendapatkan nilai terbaik. Misalnya pas melakukan lompatan, atau sit up.

 

Sebutkan 3 manfaat pemanasan sebelum olahraga, akan saya ulas di sini. Baca yuk, siapa tahu bermanfaat buat yang pada belum tahu tujuan pemanasan.

 

 

3 Tujuan Pemanasan Sebelum Olahraga

 

 

1. Meminimalisir terjadinya cedera

 

Cedera atau luka, sangat dekat sekali dengan mereka yang melakukan aktivitas fisik, salah satunya berolahraga. Nah, anggota tubuh yang memiliki peranan penting ketika seseorang berolahraga, adalah bagian otot. Jika otot ini tiba-tiba terkejut, yang terjadi adalah cedera.

 

Itulah mengaa penting dalam melakukan pemanasan, agar otot pada tubuh yang akan melakukan olahraga siap. Tidak kaget. Dengan pemanasan yang dilakukan, aliran darah ke otot akan meningkat. Sehingga otot menjadi lentur.

 

2. Membuat detak jantung menjadi stabil

 

Dilansir dari Siloam hospital, seseorang yang melakukan aktivitas fisik aliran darahnya akan meningkat, apabila dilakukan dengan mendadak bisa membuat jantung yang mengaliri darah terkejut. Alhasil detak jantung menjadi tidak beraturan dan itu membahayakan. Tujuan pemanasan untuk meningkatkan kinerja jantung, serta aliran darah.

 

Fakta di lapangan seringkali terjadi serangan jantung mendadak, bisa jadi ketika mereka melakukan olahraga tanpa pemanasa. Yuk lah, mari menjaga diri dengan hati-hati ya?

 

3. Menjaga kesehatan sendi dan tulang tubuh


24 gerakan pemanasan sebutkan 3 manfaat pemanasan sebelum olahraga 15 manfaat pemanasan
sebutkan 3 manfaat pemanasan sebelum olahraga


 

Tidak hanya otot yang akan berperan penting, tapi juga sendi dan tulang. Ketiganya akan mendapatkan pengaruh ketika seseorang melakukan pemanasan. Fungsi sendi adalah bagian yang menghubungkan dua tulang. Jadi saat pemanasan dilakukan sendi menjadi lebih rileks, terlatih ketika melakukan aktifitas fisik.

 

Bagaimana? Sangat penting bukan tujuan pemanasan itu? Dan pemanasan tidak perlu dilakukan lama-lama kok, bisa  5 sampai 10 menit. Bida dengan perenggangan tangan dan kaki, atau squat. Lari di tempat atau jumping jack juga tidak masalah. Ingat juga sediakan air putih, supaya tidak dehidarasi ketika melakukan olahraga.

 

Posting Komentar untuk "3 Manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga"