Belajar Insvestasi reksadana bersama Manulife dan blogger


Anda sudah pernah Investasi? Kalau saya belum pernah Investasi Reksadana. Makanya minggu kemarin saya mencoba untuk mengikti kopdar investarian manulife. Kopdar ini yang pertama yang saya ikuti. Investasi bisa dimulai dari mana saja.

Belajar Insvestasi reksadana bersama Manulife dan blogger


Sebagai blogger, menulis artikel juga merupakan investasi. Dari blog, kita bisa mengolah kata sesantai mungkin namun tetap dengan pemformatan kalimat yang jelas. Di blog, bahasa tidak mesti kaku. di Kopdar Manulife, mbak Nia dari semarang sharing nih tentang blog. Ternyata, ngeblog juga memiliki konsep yang sama seperti berinvestasi loh.

Dengan penulisan yang pas, kita bisa membuat pembaca blog terhanyut dalam tulisan kita. Dan saya masih harus banyak belajar untuk bisa menulis dengan baik. Alhamdulillahnya saya berkesempatan untuk menggali ilmu bareng teman-teman blogger semarang kemarin.

Belajar Insvestasi reksadana bersama Manulife dan blogger



Bagaimana sih agar tulisan kita bisa menenuhi kriteria investasi tadi? Dalam menulis, kita perlu mempelajari apa sih yang diinginkan audience saat membaca blog kita? Menentukan kemana arah blog penting. Dengan mengetahui hal itu, kita bisa menyampaikan tulisan kita dengan tepat dan mudah dipahami oleh pembaca.

Selain itu, informasi baru juga penting untuk disampaikan. Karakter pembasa saat ini yang suka mencari informasi di internet akan tepat bila kita selalu memperbarui blog kita dengan informasi terbaru.

Belajar Insvestasi reksadana bersama Manulife dan blogger


Banyak sih yang dibahas mbak Nia saat kopdar manulife kemarin, selain tiga diatas, ada juga yang tidak kalah  penting, yaitu user experience, story telling, solusi serta new insight. Kesemuanya sangat diperlukan supaya blog kita bisa menarik dan layaknya investasi masa depan.

Kenapa investasi, sebab saat blog itu memilki isi yang menarik, kita bisa berkomperiti dengan mengikuti lomba. Bahkan tak jarang bisa dilirik oleh brand besar untuk diajak bekerjasama. Itulah mengapa menulis blog yang baik diperlukan.

Agar blog bis lebih benghasilkan, ada beberapa tips. Kalau dari tips yang dikutip mbak Nia, ada 8. Yaitu:

Kemampuan menulis
Blog TLD
Plugin yang tepat
Blogwakling
Akun medsos aktif
Komuinitas Blogger
Lomba
Join Grup Blogger di Facebook


Manulife Asset Management Indonesia

Investasi atau penanaman modal ada banyak macamnya, salahsatunya seperti yang dikelola oleh Manulife Asset Management Indonesia. Mengapa Investasi? Orang biasanya bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup saat ini dan masa depan.

Kita sering kali memiliki keinginian yang banyak. Ingin punya rumah, mobil, ataupun kebutuhan lainnya. Dengan banyaknya keinginan tersebut, Kkita akan bekerja lebih keras untuk bisa mendapatkan apa yang kita inginkan. Namun ada kalanya kita maunya banyak namun sedikit usaha.
Disini yang perlu kita lakukan adalah mengelola pengeluaran sedisiplin mungkin. Bisa jadi apa yang kita inginkan saat ini harganya lebih mahal di masa depan. Itulah mengapa kita perlu merencanakan pemakaian uang dengan bijak.

Belajar Insvestasi reksadana bersama Manulife dan blogger


Kebutuhan itu akan bertambah sejalan dengan bertambahnya usia, ada targetyang ingin dicapai. Menikah, membeli rumah, jalan-jalan, maupunn melaksanakan perintah agama. Dengan banyaknya keinginan tentunya kita perlu menyiapkan kebutuhan mulai dari sekarang ini. Namun tak jarang kita mengalamai kesulitan menyisihkan uang.

Seperti yang dijelaskan pak Legowo, Ngirit. Kita seringkali ngirit untuk mendapatkan keinginan kita. Biasanya kita belanja dulu baru menabung. Namun yang sulitnya adalah, setelah kita belanja untuk kebutuan, menabung jadi terasa berat karena uang nya harus dicukup-cukup untuk makan.

Kebiasaan ini yang perlu kita rubah. Menabunglah terlebih dahulu sebelum kita membelanjakan untuk kebutuhan lainnya. Dan itu harus disiplin. Coba untuk menyisihkan uang dengan jumlah tetap setiap bulannya. Dengan begitu apa yang ditujukan dari awal bisa cepat tercapai. Hal ini yang dinamakan priority spending

Belajar Insvestasi reksadana bersama Manulife dan blogger


Untuk mendapatkan sesuatu, terkadang kita ngutang. Hal ini sebenarnya tidak dianjurkan.  Menurut pak Legowo, ngutang itu enak didepan gak enak kemudian. Bagaimana tidak, Dengan berhutang, berarti kita mendapatkan tanggungan yang lebih besar dari pada sebelum kita berhutang. Karena ada beban resiko serta bunga yang terdapat di hutang tersebut.

Menurut pak Legowo, kita sebaiknya belajar untuk ngirit. Kalau biasanya kita ngopi di cafe 20.000 bisa diganti dengan kopi sachet seharga 2.000. Atau mungkin yang biasanya makan di kantin kantor, bisa beralih dengan membawa bekal dari rumah. Perubahan sekecil itu, kalau kita rutin pastinya akan menghasilkan efek yang besar dan bermanfaat kedepannya.

Kebanyakan orang, ada juga yang mengelola uang mereka dengan cara berinvestasi. Dengan investasi, kita dibuat untuk bisa menahan keinginan berbelanja cepat. Sebab, Jika kita sudah berinvestasi, saat dana ingin kita tarik, uang tida kbisa langsung kita cairkan, berbeda dengan menabung di bank yang bisa kita tarik kapan saja.

Belajar Insvestasi reksadana bersama Manulife dan blogger

Belajar Insvestasi reksadana bersama Manulife dan blogger


Cara kerjanya, kita cukup menyisihkan dana di awal saat gajian kita, diluar uang kebutuhan sehari hari. Jadi anggaplah uang yang kita ivestasikan adalah uang gaul yang selama ini membengkak. Itu bisa cukup efektif jika dilakukan secara intensif.

Investasi ada beberapa macam, ada tabungan bank, emas, properti, pasar modal serta reksadana. Kala produk yang ditawarkan Manulife Asset Management Indonesia adalah investasi reksadana. MAMI mengelola dana dari para investor (pemilik modal) untuk berinfestasi di berbagai macam instrumen yang dikelola secara profesional.

Kalau anda termasuk orang yang dana gaulnya besar, bisa dipikirkan mulai dari sekarang deh untuk mengelola uang gaul itu kemana. Menabung sedari muda pastinya akan sangat berharga untuk kedepannya.

Media sosial Manulife

Facebook : @reksa.dana.manulife
Instagram : @reksa.dana.manulife
Twitter : @ManulifeRD

Komentar