Kenapa Sensitif Kalau Mendengar Kata Investasi?



Anda Sensitif dengan investasi? Saya salah satunya. Dulu kalau mendengar kata investasi selalu saja aku menghindar. Entah itu tawaran dari teman mauppun saudara. Karena sudah sering banget berita di TV TV soal pebipuan berkedok Investasi. Namun belakangan ini saya sudah mulai memahami mana sih investasi yang baik dan mana investasi yang harus benar2 hati-hati.

Kemarin saya ikut kegiatan Blogger di Semarang. Acaranya diadakan oleh Manulife. Ini kali kedua saya mengikuti kegiatan blogger gathering dengan Manulife. Yup. Manulife adalah salah satu penyedia jasa pengelolaan investasi yang sudah memiliki mana besar di Indonesia.Di  event kedua ini saya menjadi lebih paham apa itu investasi dan bagaiman memilih produk investasi yang tepat untuk kebutuhan kita di masa depan. 

Ada perbedaan mendasar antara tabungan dengan investasi. Yang paling utama adalah mengenai kapan dan seperti apa kebutuhan kita. Jika tabungan, dananya bisa digunakan sewaktu-waktu maupun saat mendesak, dan nilainya utuh, sedangkan investasi adalah tabungan untuk masa depan yang  mana dana ini harus tumbuh cepat daripada inflasi agar nanti saat akan digunakan nilainya cukup untuk mengcover apa yang ingin dicapai.

investasi investasi emas investasi adalah investasi saham investasi reksadana investasi syariah investasi jangka pendek investasi online investasi untuk pemula investasi properti investasi emas pegadaian investasi 2019 investasi terbaik 2019 investasi emas online investasi jangka panjang investasi emas tokopedia investasi dollar investasi bodong investasi apartemen investasi dinar investasi saham online investasi asing investasi anak muda investasi aman investasi asing di indonesia investasi asuransi investasi apartemen di jakarta investasi antam investasi akhirat investasi aplikasi investasi artinya investasi anak kuliah investasi asing langsung investasi apartemen female daily investasi alibaba di indonesia investasi axa mandiri investasi apa investasi adalah pdf investasi apa yang bagus investasi bitcoin investasi berlian investasi bca investasi bukalapak investasi bdig investasi bagi pemula investasi bodong ojk investasi bank mandiri investasi bodong adalah investasi bni investasi bkpm investasi bodong terbaru investasi bpjs kesehatan investasi bisnis investasi bareksa investasi bri investasi bagi hasil investasi big data investasi bodong 2018


Investasi memiliki beberapa kategori dam tipenya berbanding lurus antara resiko dan besarnya keuntungan.

PASAR MODAL

Dari sekian banyak jenis investasi, pasar modal merupakan sebuah investasi yang resikonya bisa dibilang paling kecil. Namun dengan resiko kecil itu pula presentase keuntungan yang didapat dari Investasi ini tidak begitu banyak. pasar modal merupakan Tempat bertemunya mereka yang punya modal dan mereka yang membutuhkan modal untuk bisnis nya. Di investasi pasar modal sendiri jenisnya juga ada dua macam yaitu pasar modal saham dan obligasi.

a.       Saham
Untuk Saham,  Jika kita menginvestasikan uang kita di pasar saham, maka kita sebagai pemilik modal juga mempunyai kekuasaan dalam pengambilan keputusan sesuai dengan prosentasenya modal yang kita tanamkan. Dan pembagian hasilnya pun disesuaikan dengan berapa banyak saham yang kita miliki.

b.      Oblogsi
Sedangkan obligasi berbeda. Kita sebagai pemilik modal memiliki posisi sebagai pemberi pinjaman, dan hasil yang akan kita dapat adalah prosentase laba dari keuntungan perusahaan yang disetujui saat pertma perjanjian penanaman modal dilakukan. Untuk pengambilan keputusan, pemilik modal tidak mempunyai kewenangan untuk ikut campur.



REKSA DANA

Reksa Dana adalah jenis investasi yang menggabungkan modal dari banyak investor untuk diinvestasikan di banyak jenis produk investasi. Investasi ini bisa dibilang lebih ringan. Karen dengan kita menggabungkan modal dengan banyaknya investor lain, makan otomatis kita juga bisa berinvestasi di perusahaan besar. Meski modal investasi yang kita miliki tidak banyak.

Ternyata hal ini memang bisa dilakukan kalau kita berinvestasi di reksa dana. Sebab di dalam pengelolaan reksa dana, Pengelolaan aset kita akan dibantu oleh manager investasi. Pada tahap awal, manager investasi akan terjun langsung kepada perusahaan yang akan ditanami modal, Manager Investasi harus jeli  melihat geliat pasa. Dan manager Investasi biasanya tidak maju sendirian, dia akan dibantu oleh analis reksadana atau semacanya.

Kemarin yang aku tangkap dalam gathering di Semarang sih seperti itu. Reksa dana sendiri juga ada beberapa macam dari yang resikonya rendah ningga resiko tinggi.
Urutannya seperti tabel berikut:
             


Dari acara kemarin saya mencoba untuk ikut mencoba bagaimana sih kalau ikt reksa dana itu. Dan sampai saat ini juga ternyata saya dapat update tentang perkembangan reksa dana yang saya miliki. Yang paling enak lagi, hanya dengan Rp10000,- kita bisa berinvestasi di reksa dana. Ya itung-itung nabung lah ya.

Untuk perbedaan mendasar dari investasi dan tabungan dari segi kebutuhan adalah pencairannya. Kalau tabungan jika kita butuh hari ini maka harii ini juga uang bisa di ambil, sedangkan investasi harus menunggu keesokan di hari berikutnya. Kurang lebih dua hingga tiga hari.



Kalau kamu mau kepoin soal reksa dana dari Manulife ini coba aja cek di websitenya www.klikMAMI.com. Kemarin sih Alhamdulillahnya saya dilayani dengan baik saat tanya tanya kepada nara sumber.

Oh iya, ada yang kelupaan nih. Di Manulife juga ada infestasi syariah loh. Investasi ini di jalankan dengan prinsip-prinsip syariah yang dikelola juga oleh badan-badan yang dugah mendapat pengakuan dalam pengelolaan dana syariah. 





Kalau kamu sudah mencoba produk dari Manulife ini , sharing di kolom komentar ya. Terima kasih.

Komentar