MENU

Jumat, 31 Mei 2019

Mengisi Waktu Selama Ramadhan




Mengisi Waktu Selama Ramadhan - Alhamdulillah mengucap syukur kepada Allah, karena masih diberikan kesempatan menikmati Ramadhan tahun ini. Bulan Ramadhan yang penuh dengan rahmat dan kebaikan, dimana semua orang ingin memberikan yang terbaik. Kalau bisa harus lebih baik dari tahun yang sebelumnya, nah kegiatan apa saja selama ramadhan yang biasanya dilakukan? Setiap keluarga pastilah beda dalam mengisi waktu luang selama Ramadhan ini ya kan?



mengisi ramadhan mengisi ramadhan anak mengisi ramadhan di masjid mengisi ramadhan saat haid mengisi bulan ramadhan mengisi buku ramadhan mengisi bulan ramadhan dengan hal yang bermanfaat kegiatan mengisi ramadhan tips mengisi ramadhan mengisi waktu ramadhan amalan mengisi ramadhan bagaimana mengisi ramadhan cara mengisi ramadhan saat haid kegiatan untuk mengisi ramadhan mengisi kegiatan bulan ramadhan cara salaf mengisi ramadhan khutbah jumat mengisi ramadhan mengisi bulan suci ramadhan mengisi waktu bulan ramadhan cara mengisi agenda ramadhan ceramah untuk mengisi agenda ramadhan


Ada banyak perubahan yang kita lakukan selama bulan ramadhan. Yang biasanya bisa makan kita jadi berpuasa, yang biasanya malam bisa langsung bobok kita melaksanakan sholat tarawih. Berbondong-bondong orang melakukan sedekah, membagikan takjil dan lain sebagainya. Adem banget rasanya gitu bulan Ramadhan ini.

Kalau di daerah saya sendiri dalam mengisi waktu selama ramadhan, ada beberapa kegiatan yang biasanya banyak diikuti dan antusias pesertanya banyak. Apa saja sih?

Ada pesantren kilat

Namanya juga kilat jadi cepet, kurang lebihnya ada yang 3 hari sampai seminggu. Kegiatan ini biasanya sharing dengan tema-tema tertentu. Misalnya IMNU mengadakan pelatihan internet marketing, tetapi teap juga ada kegiatan yang menambahk keimanan kita kepada Allah.

Membaca buku dan dongen bersama


Biasanya setelah subuhan orang-orang banyak yang tidur, jalan-jalan atau membayar waktu yang tertunda untuk sahur. Nah di daerah saya ada taman baca, yang membuka kesempatan untuk belajar mendongeng, belajar bahasa inggris dan lain-lain untuk anak-anak. Sungguh mengisi ramadhan dengan kebaikan ini seungguh menyenangkan.

Bagi takjil dan buka bersama

Islam sungguh memudahkan kepada hambanya, berbuat kebaikan pun demikian. Beberapa komunitas mengumpulkan uang sedekah, untuk diwujudkan dalam bentuk takjil, beli ATK dan sumbangan kepada adik-adik kurang mampu. Ada juga untuk kaum dhuafa. Kegiatan ini biasanya dilaksanakan sore hari, mendekati berbuka puasa. Saya beberapa kali mengikuti. Jadinya lebih bahagia dan melegakan dengan berbagi.

              Kalau kalian sendiri mengisi waktu selama ramadhan ngapain aja? Kemarin kebetulan jahitan sedang banyak-banyaknya, dan orangtua sedang sakit. Benar-benar waktunya buat jagain beliau di rumah sakit, dan membaginya dengan kegiatan lainnya sungguh luar biasa.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar