MENU

Kamis, 09 Mei 2019

Resep Sayur Asem Khas Mertua



Resep Sayur Asem Khas Mertua - Ujian banget ya nih, puasa-puasa ngomongin makanan. Tapi sudah hal biasa membahas menu buka puasa, bersama mertua. Mau bikin lauk pauk apa, mau membuat masakan apa kadang kami membahasnya bersama. Kadang juga tidak, bisanya mertua menyerahkan semuanya kepada saya.


resep sayur asem resep sayur asem jakarta resep sayur asem jawa resep sayur asem bening resep sayur asem jawa timur resep sayur asem surabaya resep sayur asem sunda resep sayur asem betawi resep sayur asem sederhana resep sayur asem kacang panjang resep sayur asem kangkung resep sayur asem jakarta komplit resep sayur asem bening kacang panjang resep sayur asem merah resep sayur asem bandeng resep sayur asem rumahan resep sayur asem pedas resep sayur asem jawa tengah resep sayur asem tuban resep sayur asem daging resep sayur asem lamongan resep sayur asem asem resep sayur asem ayam resep sayur asem asem daging resep sayur asem asem bandeng resep sayur asem asem ikan resep sayur asem asem buncis wortel resep sayur asem ala sunda resep sayur asem ala resto resep sayur asem ayam goreng karawaci resep sayur asem asem buncis daging resep sayur asem asli betawi resep sayur asem asem ayam jawa tengah resep sayur asem asem tetelan resep sayur asem ala jawa resep sayur asem ala restoran sunda resep sayur asem ala rumahan resep sayur asem ala chef table resep sayur asem aceh resep sayur asem asem iga resep sayur asem asem daging ayam


Sayur asem sendiri termasuk menu favorit di keluarga mertua, selain kuahnya menyegarkan isiannya juga membuat sehat badan. Cara bikin resep sayur asem khas saya mah biasa-biasa saja, tetapi karena lidah suami sudah terbiasa dengan buatan mertua akhirnya saya belajar juga buat masak Resep Sayur Asem khas mertua.

              Resep sayur asem ternyata banyak variannya, apalagi Indonesia ini kaya banget dengan keanekaragamannya. Jadi jangan kaget kalau penampilan sayur asem di setiap kota berbeda.

Di daerah Kendal nama sayurannya, 'lung', tapi ditempat suami berubah nama jadi 'lengguk'. Ini yang saya masak untuk sayur asemnya. Karena kedua mertua saya ada riwayat asam urat, makanya sering banget make lengguk ini untuk disayur asem.



resep sayur asem resep sayur asem jakarta resep sayur asem jawa resep sayur asem bening resep sayur asem jawa timur resep sayur asem surabaya resep sayur asem sunda resep sayur asem betawi resep sayur asem sederhana resep sayur asem kacang panjang resep sayur asem kangkung resep sayur asem jakarta komplit resep sayur asem bening kacang panjang resep sayur asem merah resep sayur asem bandeng resep sayur asem rumahan resep sayur asem pedas resep sayur asem jawa tengah resep sayur asem tuban resep sayur asem daging resep sayur asem lamongan resep sayur asem asem resep sayur asem ayam resep sayur asem asem daging resep sayur asem asem bandeng resep sayur asem asem ikan resep sayur asem asem buncis wortel resep sayur asem ala sunda resep sayur asem ala resto resep sayur asem ayam goreng karawaci resep sayur asem asem buncis daging resep sayur asem asli betawi resep sayur asem asem ayam jawa tengah resep sayur asem asem tetelan resep sayur asem ala jawa resep sayur asem ala restoran sunda resep sayur asem ala rumahan resep sayur asem ala chef table resep sayur asem aceh resep sayur asem asem iga resep sayur asem asem daging ayam




Bahan-bahannya :

·       1 ikat atau setengah ikat lengguk, kemudian bersihkan dan potong
·       Putren
·       Tomat

Bumbu :

·       Bawang merah
·       bawang putih
·       cabai hijau
·       kemiri
·       lengkuas
·       daun salam
·       biji asam
·       garam
·       gula


Cara memasak resep sayur asem

·       Cuci bersih sayurang yang telah dipotong. Jangan lupa rendam dahulu dengan garam, agar kuman yang ada dalam sayuran mati

·       Ulek semua bumbunya, kemudian siap untuk digoreng sejenak. Tunggu sampai harum.

·       Apabila sudah harum, masukkan air lantas didihkan. Masukkan asemnya, tambahkan garam atau gula tunggu hingga mendidih.

·       Kalau sudah mendidih tinggal masukkan, sayur lengguknya, putren dan terakhir tomat.

·       Kalau buat yang masih muda kan gampang makan sayurnya, kalau mertua kan sudah sepuh makanya merebusnya agak dilamain agar pas makannya matang.


resep sayur asem resep sayur asem jakarta resep sayur asem jawa resep sayur asem bening resep sayur asem jawa timur resep sayur asem surabaya resep sayur asem sunda resep sayur asem betawi resep sayur asem sederhana resep sayur asem kacang panjang resep sayur asem kangkung resep sayur asem jakarta komplit resep sayur asem bening kacang panjang resep sayur asem merah resep sayur asem bandeng resep sayur asem rumahan resep sayur asem pedas resep sayur asem jawa tengah resep sayur asem tuban resep sayur asem daging resep sayur asem lamongan resep sayur asem asem resep sayur asem ayam resep sayur asem asem daging resep sayur asem asem bandeng resep sayur asem asem ikan resep sayur asem asem buncis wortel resep sayur asem ala sunda resep sayur asem ala resto resep sayur asem ayam goreng karawaci resep sayur asem asem buncis daging resep sayur asem asli betawi resep sayur asem asem ayam jawa tengah resep sayur asem asem tetelan resep sayur asem ala jawa resep sayur asem ala restoran sunda resep sayur asem ala rumahan resep sayur asem ala chef table resep sayur asem aceh resep sayur asem asem iga resep sayur asem asem daging ayam


Sayur asem sudah bisa dinikmati, selamat makan. Jangan lupa ditambahkan lauk sebagai pendamping. Atau kalau suka makan sayuran gitu aja, tidak apa-apa. Lebih sedap dan endes lagi kalau ada sambel trasi, ikan asina tau tempe. Mak nyus! Ups, lagi puasa hehehe ... tunggu ba’da Magrib untuk menikmati ya gaes.

24 komentar :

  1. wah resep anyar iki..tpi disini ada lengguk gak ya... sik tak golek ane lengguk e disik. .

    BalasHapus
  2. Suegerrr bgt ini.
    Puasaan gini, aku paling doyan buka ama sayur asem

    BalasHapus
  3. Sayur asem ini gampang2 susah. Salah dikit rasanya anehhh
    Cobaaa ah buat buka puasa 😍😍😍

    Kalau menu ini biasanya aku sayur bening aja ga pake asemaan

    BalasHapus
  4. Lenguk itu sekilas kaya sayur bayam ya mbak. Ini sayru asemnya beningnya,belum pernah nyobain sayur asem kaya gini, pasti segar juga ya

    BalasHapus
  5. Liat bumbunya kayaknya seger banget ini sayur asem. Penasaran itu lengguk yg kayak apa?

    BalasHapus
  6. lengguk itu yang kaya apa ya sebelum dimasak, jadi kepo

    BalasHapus
  7. Wah beda ya sayur asemnya dengan yang biasa kumakan nyi..aku sedih ngga bisa masak kikikk

    BalasHapus
  8. Wahh...unik. Jadi pengin ngicip. Haha...penasaran penampakan pas daunnya belom dimasak

    BalasHapus
  9. Sekilas kupikir sayur bayam Mba. Ternyata sebutannya sayur asem karena pakai asem ya. Kalau di betawi sayur asemnya beda lagi. Indonesia sungguh beragam ya.

    BalasHapus
  10. SegernyAa.. Resepnya hampir mirip sm yg sering aku buat. Tapi aku baru tau kalo pake daun salam. Tar coba ah. Mumpung punya banyak daun salam

    BalasHapus
  11. Wah, beda ya sayur asemnya. Dan aku gak tahu juga apa itu Lengguk. Hehehe... tapi kayaknya seger deh. Sayur bening yang asem-asem gini. :D

    BalasHapus
  12. Penasaran nih lengguk ki apa ya kalau di Semarang namanya heheee.. berasa pernah denger tapi kurang familier. Mirip katuk gitu kah?

    BalasHapus
  13. Saya asing dengan nama sayurannya. Biasanya kalau sayur asem saya memakai daun melinjo muda sebagai sayurannya. Penasaran saya dengan lengguk.. He3...

    BalasHapus
  14. Bentuk lengguk itu seperti daun bayam ya mbak? Saya asing banget soalnya. Terus kalau putren itu kayak apa?😅

    BalasHapus
  15. Seger bener kalau buka puasa sama sayur asem. Btw, itu daun lengguk daun apa ya, Mbak? Mirip bayam gitu? Atau nama lain dari jenis bayam?

    BalasHapus
  16. sayur asem paling enak makannya pake sambal tomat dan tempe goreng...
    kalau di tempatku sayur asem isinya macem-macem, mba...beda versi ya :)

    BalasHapus
  17. Lengguk itu nama lainnya apa Nyi? Kayak pernah lihat, daun mbayung bukan ya? Malah mirip katuk nih

    BalasHapus
  18. Owalah.. bumbunya pakai digoreng, Ny? Wahhh.. ini mah resep baru. Coba sih, siapa tahu anak2 sama suamiku suka

    BalasHapus
  19. Lengguk itu yang mana sih? Kalau pakai wortel dan putren malah kaya sayur bening ya Mbak. Apalagi bumbunya diulek gitu

    BalasHapus
  20. Pada nanyain lengguk itu yang mana yaa...
    Aku juga loo..pas fotomu yang terakhir, tak penthelengi wae, Nyi...
    Lengguk itu sebutan untuk si daunnya kah?

    BalasHapus
  21. Mau nyobain pasti enaklah buatannya mertua,,, beda sayur asem yang biasanya ku buat mba nyi

    BalasHapus
  22. Lung, lengguk? Sebenarnya apa ya itu? Kok liat potonya malah kyk bayam hehe :D
    Kalau di rumahku skrng sayur asemnya gak pakai biji asem lg, biasanya kami pakai kangkung (kalau org Sby), aku pakai tomnat aja haha

    BalasHapus
  23. Iya lengguk apa ya. Kayak bayem.

    BalasHapus
  24. setahu saya lung itu sayur pucuk ubi rambat, bener gak sih mbak? sayur asemnya beda-beda ya

    BalasHapus