MENU

Sabtu, 24 Agustus 2019

Tips Mendapatkan Tiket Kereta Api Online dengan KAI Access




Tips Mendapatkan Tiket Kereta Api Online dengan KAI Access - Membeli tiket Kereta api terkadang merupakan perjuangan. Perjuangan untuk memperoleh tiket Kereta api itu besar sekali. terlebih buat orang yang mabuk perjalanan saat naik bis. Tips ini insya allah akan bermanfaat untuk anda atau kerabat yang menjadikan Kereta api sebagai moda transportasi utama dalam perjalanan keluar kota.


sumber: KAI


Kehabisan tiket adalah hal yang sering terjadi saat ada acara mendadak di luar kota yang harus segera diurus. Hal ini sering sekali saya alami beberapa bulan yang lalu. Akhirnya mau tidak mau saya harus naik bis atau travel. Karena seringnya saya naik Kereta api, saya pun mencoba memutar otak, bagaimana sih agar saya bisa mendapatkan tiket Kereta api. Tips ini tidak selalu berhasil, namun banyak transaksi saya dari perburuan ini yang tadinya kehabisan, setelah dipantau terus akhirnya ada kursi kosong. berikut adalah beberapa tips nya:



Aplikasi KAI Access



Ini adalah salah satu jurus  yang saya gunakan. Dengan KAI Access saya bisa memperoleh banyak manfaat. ada banyak kelebihan saat anda menginstal aplikasi ini. Antara lain:

1.      Update Ketersediaan Kursi Secara Realtime




Mendekati jam keberangkatan atau sekitar 4 jam sampai waktu keberankatan, terkadang kita sulit untuk mendapatkan tiket. Sering kali  saat tanya di petugas loket, dijawab habis. Dan itu memang benar-benar habis. Namun jika anda memiliki aplikasi KAI Access, anda bisa menaruh sedikit harapan. coba pantau terus untuk ketersediaan tiket di aplikasi KAI. untuk satu atau dua kursi terkadang tiba-tiba tersedia. Hal ini bisa saja terjadi karena beberapa alasan. Bisa karena ada pemumpang yang reskedhule, cancel, atau faktor lainnya.

Untuk memilih kursi, anda bisa mengubah saat proses pemilihan kereta sudah selesai dilakukan. sebelum masuk ke Proses booking, anda bisa mengecek atau mengubah tempat duduk dengan mengeklik nomor kursi. Kursi penumpang yang sudah terisi ditandai dengan warna merah, yang kosong ditandai warna putih dan yang menjadi tempat duduk anda adalah warna biru. Anda bisa mengganti kursi dengan mengeklik posisi tempat duduk yang masih berwarna putih.

Jika anda lumayan santai atau tidak terburu waktu, anda bisa mencobanya. Namun jika anda sedang terburu-buru, sebaiknya anda memilih transportasi lain agar urusan penting anda tidak terabaikan.

2.      Mempermudah Pengisian Identitas Penumpang



Di KAI Access, anda bisa menambahkan data penumpang pada menu More > Setting > Account dan pada More > Setting > Passenger. Account adalah kolom isian data diri anda. Di menu Account, anda akan diminta memasukan nomor KTP dan nama lengkap dan data pendukung seperti email serta nomor telpon. Sedangkan menu Passenger adalah isian untuk penumpang lainnya. di menu ini anda bisa mengisikan data kelurga atau bahkan rekan perjalanan anda.

Dengan mengisi data di menu passanger, anda akan lebih mudah dan cepat saat pesan tiket kereta. Dengan begitu kemungkinan anda memperoleh tiket saat memesan tiket di jam-jam mepet lebih besar.  Karena waktu hold pemesanan adalah 10 menit hingga anda memilih metode pembayaran. Dan setelah anda memesan tiket, anda akan diberikan jangka waktu 60 menit untuk menyelesaikan pembayaran.

3.      Bisa Memesan Tiket Kereta Lokal



Kereta loka hanya ada di beberapa wilayah. Salah satunya adalah jalur Semarang - Yogyakarta. Harga tiket lokal biasanya lebih murah. sebagai contoh, PRAMEKS. untuk naik Kereta api dari Solo ke Yogyakarta, ada banyak Kereta api, salah satunya adalah Kereta api lokal PRAMEKS. di KAI Access, anda bisa membeli tiket kereta menggunakan Aplikasi. jadi jika anda punya agenda ke Yogyakarta, anda bisa membeli tiket kereta lokal jauh-jauh hari. Untuk kereta lokal di KAI Access hanya bisa dibayar menggunakan e-wallet LinkAja. sehingga cukup dengan mengaktifkan linkAja anda dan tiket bisa langsung di beli.


4.      Pilihan Metode Pembayaran KAI



Metode pembayaran yang disediakan di aplikasi KAI Access adalah Transfer Bank,  Retail, ATM, Internet Banking serta kartu kredit. Untuk BCA, saya belum bisa melakukan pembayaran untuk tiket KAI ini. Di petunjuk pembayaran yang tersedia adalah untuk pembayaran melalui ATM.  Jika anda menemukan caranya, anda bisa berbagi pengalaman dengan saya, sehingga tulisan ini bisa lebih bermanfaat untuk orang banyak.

5.      Menu Masa Depan

Beberapa menu di KAI Access saya sebut menu masa depan karena saat saya klik, tampilan yang muncul adalah Segera Hadir, Fitur ini akan tersedia segera. Jadi kia tunggu saja realisasi dan inovasi dari KAI. Semoga bisa segera terwujud.



Sampai saat ini Kereta api masih menjadi primadona, terlebih dengan dibangunnya jalur ganda di pulau jawa. Semoga transportasi masal bisa tercipda di seluruh penjuru indonesia sehingga pemerataan pembangunan bisa dirasakan masyarakat Indonesia dari ujung Sabang sampai ujung Merauke. Kalau anda, seberapa sering naik Kereta api?

1 komentar :

  1. denger2 nantinya seluruh pemesanan tiket kereta api akan lewat aplikasi ini. loket fisik yg ada di stasiun2 akan ditutup semua.

    BalasHapus