Kamis, 09 April 2020

Hobi yang Menguntungkan Adalah Hobi yang Menghasilkan



Hobi yang Menguntungkan Adalah Hobi yang Menghasilkan - Untuk menemukan hobi yang menghasilkan, ternyata saya harus menempuh ribuan kilo dari rumah, bahkan harus menyeberangi pulau-pulau hahaha ... lebay! Eh, tapi bener lho. Kalau nggak jadi TKW di Hongkong waktu itu, saya nggak tahu saya ini bisa nulis dan nulis itu ternyata bisa mendapatkan keuntungan.


cerita hobi yang menghasilkan uang hobi wanita yang menghasilkan uang wawasan hobi yang menghasilkan uang pekerjaan yang menghasilkan uang di rumah daftar hobi hobi yang menguntungkan mengisi waktu kosong dan menghasilkan uang hobi editing contoh simulasi hobi hobi dan keterampilan cara menghasilkan uang 10 hobi


Karena jarang libur waktu kerja di Hongkong, membuat saya bosan. Pas tahu teman saya yang tinggal satu kota dan berbeda desa mempunyai banyak buku saya inisiatif meminjam untuk menghilangkan rasa bosan. Sebagai hiburanlah ya, biar nggak suntuk. Dari membaca buku pinjaman, mengantarkan saya mengenal dunia baca dan dunia menulis. Asyik nih kalau saya juga menulis cerita demikian, berbekal iseng tersebut saya berusaha mencari tahu orang-orang Indonesia yang tinggal di Hongkong dan mempunyai kemampuan menulis. Tapi tidak satupun yang bersedia wkwkwk ... kasiaan amat yak! Karena keinginan yang kuat, saya nekat belajar otodidak via mbah google.


Menemukan Hobi yang Menyenangkan ternyata nggak gampang


Setelah punya keinginan dan diniati dengan usaha, saya akhirnya bisa menulis tapi ya tulisan yang masih tidak terarah. Intinya belajar nulis. Dari puisi, cerpen, artikel, opini, cernak pokoknya saya cobain. Belajar menulis pendak sampai akhirnya memutuskan untuk menulis novel, yakin nggak yakin.

Tahun 2011 mengenal dunia tulis, 2012 akhirnya diterima penerbit dan 2013 tulisan beruntut terbit. Semua saya tulis waktu kerja di Hongkong, di sela-sela waktu kerja nyicil ide. Di malam hari nyicil tulisan, dari ngetik di henpon sampai pernah ngutang beli laptop. Ah ... semuanya dinikmati dengan proses.

cerita hobi yang menghasilkan uang hobi wanita yang menghasilkan uang wawasan hobi yang menghasilkan uang pekerjaan yang menghasilkan uang di rumah daftar hobi hobi yang menguntungkan mengisi waktu kosong dan menghasilkan uang hobi editing contoh simulasi hobi hobi dan keterampilan cara menghasilkan uang 10 hobi


Pas pulang ke Indonesia, bingung mau kerja apa. Sering mengajukan lamaran ke pabrik di tolak, eh ada bukaan agency dan dari situ melamar jadi bagian tim pencari naskah sembari menulis novel. Hasil dari menulis duitnya digunain buat kuliah, terus ditawarin nulis artikel di perusahaan digital marketing. Barokallah. Setelah mikir-mikir, ternyata semua ini hasil dari kegiatan menulis. Saya tidak pernah merasa bosan melakukannya, meski berulang dan tahunan dilakukan. Akhirnya jadi tahu, bahwa passion saya di sini. Hobi saya ya menulis dan membaca, di mana keduanya bisa membuat saya berpenghasilan. Sejauh ini sudah 8 novel dan 125an antologi sudah saya tulis. Beberapa buku juga ngendon di penerbit, sudah dibayar tapi nggak tahu kapan terbit. Dan bersyukur banget juga, bisa berkenalan dengan dunia ngeblog. Dari ngeblog saya juga mendapatkan pundi-pundi rupih, bahkan tiga tahun belakangan ini saya hidup dari menulis blog. Alhamdulillah, semua harus disyukuri dan dimaksimalkan. 


Menemukan Hobi yang Menghasilkan ternyata Bikin Nagih

Dunia menulis mengantarkan saya mengenal dunia bisnis online, karena setiap hari harus menulis artikel jualan franchise dan bag organizer dengan model yang sangat banyak. Saya jadi kepincut juga, iseng-iseng jualan. Jadi saya menjualkan produk kantor, yang ternyata kalau laku bikin hati senang luar biasa. Ketagihanlah jualan, terus coba jualan fashion juga yang ambil di toko online.


cerita hobi yang menghasilkan uang hobi wanita yang menghasilkan uang wawasan hobi yang menghasilkan uang pekerjaan yang menghasilkan uang di rumah daftar hobi hobi yang menguntungkan mengisi waktu kosong dan menghasilkan uang hobi editing contoh simulasi hobi hobi dan keterampilan cara menghasilkan uang 10 hobi


Jualan barang milik orang, dan kehabisan padahal sudah ada yang pesan itu bikin geram hahaha ... akhirnya bosanlah saya. Mendingan cari toko yang di sekitar, jadi ambilnya gampang kalau ada orderan. Nemulah toko hijab yang lumayan murah, tapi setelah banyak yang beli dan dijual lagi saya sering kehabisan. Takut nyetok kalau nggak laku, apalagi modal cekak yasudah terima nasib.

Eh iseng-iseng masuk grup komunitas jualan online, di situ nemu banyak banget produsen. Tertarik lah menjualkan, tapi mulai milih produk yang dimana kalau aku jualin itu sayanya seneng. Sampai ketemu jodoh juga di komunitas jualan online, hahaha ... setelah menikah sama-sama resign dari kerjaan dengan modal nekat ingin berdikari.

Allhamdulillah saya dan suami bisa menjahit, meski hasil saya nggak sebagus dia. Terus nggak nyangka tiap coba bikin produk eh responnya pasar bagus, akhirnya saya memutuskan jadi bagian promosi doi produksi. Sampai sekarang ini kami masih merintis, harapannya bisa menjadi besar dan memanfaatkan orang-orang sekitar untuk berkarya bersama. Ternyata jualan juga hobi yang menyenangkan, buat saya.


cerita hobi yang menghasilkan uang hobi wanita yang menghasilkan uang wawasan hobi yang menghasilkan uang pekerjaan yang menghasilkan uang di rumah daftar hobi hobi yang menguntungkan mengisi waktu kosong dan menghasilkan uang hobi editing contoh simulasi hobi hobi dan keterampilan cara menghasilkan uang 10 hobi


Bagaimana Menemukan Hobi dan Passion itu sih?

Kalau kata saya, ada dua cara yang bisa kita temukan :

1. Dari semua aktivitas yang kamu punya, cari satu aktivitas yang memberimu kepuasan emosi dan kalau kamu melakukannya itu sumringah. Mengegbu-gebu, bersemangat dan bergairah.

2. Kalau kegiatanmu banyak, aktivitasmu padat dan hobimu kebanyakan. Pilih yang paling menonjol, simpulkan mana yang memiliki bagian paling besar. Coba bikin daftar list, kegiatan mana yang kamu lakukan dari masa ke masa tidak pernah lelah atau bosan karenanya.

Gimana? Sudah siap mengembangkan sayap? Membuat hobimu menghasilkan dan kalau kamu melakukannya senang tidak merasa terbeban. Ini cerita hobi yang menghasilkan uang versi saya, bagaimana versimu? Mari kita berkarya sebaik-baiknya, untuk menebar manfaat di sekitar kita. Salam.


21 komentar:

  1. Wah, masya Alloh, kisahnya sangat menggetarkan

    Kebayang ngetik di hape kyk apa, krn saya ngeblog juga pake hape

    Kenal dengan mbak TarryKitty juga dong, mbak? Beliau HK dulu kl ga salah

    BalasHapus
  2. Aku dulu juga punya online Shop mbak
    Kalau mau stock emang khawatir laku nggaknya itu. Kalau beli langsung takut kehabisan barang. Jadi masih mau memikirkan lagi mau bisnis apa yg sesuai sama passion ku mbak

    Btw aku punya dompet sama itu mbk dr usahanya mbak Nyi waktu menang GA dulu

    BalasHapus
  3. Keren Nyi. Masih ingat berapa antologi yang dibuat. Saya mah semua lupa. Hahaha. Paling ada reminder di FB. Penasaran, berapa nih sih yg kita ada antologi bareng? Kayanya lumayan ada deh...

    BalasHapus
  4. Hobi yang menguntungkan itu berasa gk kerja ya mbak. Kadang suka sibuk sibuk tapi kok koyok gini ya. Mesti di sortir lagi.

    BalasHapus
  5. Ceritanya inspiratif sekali mba, memang hobi yang menguntungkan itu kalau bisa dibayar pake duit ya haha, saya juga punya passion jualan online tapi sayangnya mandek ditengah jalan huhu

    BalasHapus
  6. Nyi-Hadi memang pasangan yg kereeeen.. Sukses menghasilkan dari hobi yg ditekuni ya Nyi. Jempol deh..

    BalasHapus
  7. Mumpung lagi di rumah aja, kayaknya momentum yg tepat untuk menemukan hobi yg menguntungkan bin menghasilkan ya mbaaa.
    Bismillah, semoga ada jalan rezeki untuk kita semuaaaa

    BalasHapus
  8. semoga selalu diberikan rejekin yang berlimpah yah kak. emang enak banget rasanya ketika hobi kita dibayarkan yah. Alhamdulillah banget

    BalasHapus
  9. Kalau berangkat dari hobi memang asik. Seperti yang dilakukan suami saya. Kerjaannya pun karena sama dengan hobinya

    BalasHapus
  10. Wah keren, hobinya bisa menghasilkan. Aku hobi2 aja, nggak pinter menguangkan hahahaaa. Tapi sekarang kudu semangat buat ngumpulin tabungan di tengah wabah supaya survive.

    BalasHapus
  11. Memang paling enak yaa mba kaau kita bisa mendapat penghasilan dari menjalani hobi yang benar - benar kita sukai . Aku jadi inget masa - masa siaraaan di radio nih mba

    BalasHapus
  12. Masya Allah pengalamannya luar biasa mbak, salut deh.
    Memang sih hobbi jika ditekuni bisa benget mengahasilkan duit. Eh, saya cari-cari passionku menulis sudah berapa banyak ya menghasilkan duit, hi-hi-hi jadi malu aku tuh

    BalasHapus
  13. Proses setiap orang nemu hobi kemudian jadi passion itu emang unik-unik, ya, Mbak. Aku pun bisa nyemplung di dunia tulis menulis secara nggak sengaja. Salut dengan perjuangan Mbak Nyi. Bukunya dah banyak bangeeeett. Sukses selalu ya, Mbak.

    BalasHapus
  14. Aku dari sekian hobi yang ditekuni, merawat tanaman itu yang menghasilkan duit. Meski sekarang nggak lagi berjualan tanaman, paling enggak udah mengalami hobi yang menghasilkan. Nyi, semoga dirimu dan Hadi mampu membesarkan usaha jadi konveksi besar ya

    BalasHapus
  15. betul mba, katanya kan kalau hobby ga akan berasa sedang bekerja hehee jadi lebih enjoy menjalaninya

    BalasHapus
  16. Wah mbak NYi, suka banget dengan tulisan ini bahwa hobi yang menguntungkan adalah hobi yang menghasilkan seperti Ibuku yang suka banget dengan kerajinan tangan dan jahitan.

    BalasHapus
  17. betul mba Nyi jadi dijalanin nya juga dengan enjoy ya mba, ngga penuh tekanan karena namanya hobi dan passion pasti sesuai dengan karakter dan kemampuan kita, tinggal poles dikit2 aja.

    BalasHapus
  18. Perlu gak Nyi...
    Berhenti sejenak dari hobi yang kita lakukan kalau memang menemukan hal lain yang lebih menarik?
    Aku kadang mikir, apakah tugasku saat ini mendampingi anak-anak dan mengembangkan diri aja gitu..?
    Aga keteteran kalau disambi-sambi, heuuheu~

    **komennya jadi tjurhat ki piye too...??

    BalasHapus
  19. Menjalankan hobi aja rasanya happy ya, bund. Apalagi hobi yang selaras dengan pekerjaan/dapat menghasilkan. Duuuh happy banget, ketika passion bertemu cuan. Semesta mendukung hihi

    BalasHapus
  20. Wah asyik nih aku paling kagum sama orang yang kreativitasnya tinggi... keren mba aku mah motorik halusnya hancur berkeping xixixi

    BalasHapus
  21. Aku salut dengan Nyi yang semangatnya selalu membara. Selalu belajar dari pengalaman dan konsisten untuk terus berusaha dengan tangguh. Kebetulan aku suka banget dengan produk-produk buatan Nyi dan suami nih. Semoga sukses selalu ya Nyi.

    BalasHapus

Cara Menjadi Anggota Perpustakaan Kota Pemalang

Cara Menjadi Anggota Perpustakaan Kota Pemalang - Selamat hari Kamis teman-teman, hari ini mau nulis postingan bagaimana syarat mendaftar me...