Rabu, 10 Juni 2020

Cara Mencintai Diri Sendiri Sebelum Mencintai Orang Lain



Cara Mencintai Diri Sendiri Sebelum Mencintai Orang Lain - Disadari atau tidak, terkadang kita lebih mudah mencintai orang lain daripada mencintai diri sendiri. Ini seperti kita lebih gampang membicarakan keburukan orang lain, ketimbang membicarakan keburukan diri sendiri hehehe ... Mungkin karena kita kadang kurang peka terhadap diri sendiri. Jadi gimana dong cara agar kita makin Self Love?


cara mencintai diri sendiri - wikihow cara mencintai diri sendiri sebelum mencintai orang lain cara mencintai diri sendiri menurut bts manfaat mencintai diri sendiri mencintai diri sendiri quotes akibat tidak mencintai diri sendiri jurnal mencintai diri sendiri diri sendiri adalah


Banyak yang bisa kita lakukan untuk mencintai diri sendiri, karena memiliki hubungan baik dengan diri kita sendiri sama pentingnya ketika kita menjalin hubungan dengan orang lain. Tapi langkah pertama sebelum kita menaruh perhatian, kepada orang lain alangkah baiknya kita mulai belajar mencintai diri sendiri dulu. Yang dalam artian, kita mencintai segala kekurangan kita maupun kelebihan yang kita punya. Tidak tinggi hati dengan kelebihan yang dimiliki, dan juga berlapang dada dengan semua kekurangan. Saat kita sudah bisa mencintai diri sendiri lebih dan kurangnya kita, akan timbul rasa bersyukur dari dalam diri.

Ini dia cara sederhana saya, cara mencintai diri sendiri :


Memenuhi Kebutuhan Diri

Coba selisik, apa yang kita butuhkan dan seringkali kita acuh karena terfokus mencintai orang lain. Perhatikan kebutuhan diri, dari kebutuhan fisik, psikis, mental dan rohani kita. Sudahkah kita penuhi waktu tidur yang cukup setiap hari? Sudahkah kita beribadah dengan benar? Sudahkah kita mengonsumsi makanan sehat dengan baik? Dan lain sebagainya, kebutuhan kecil yang sederhana saja dulu.

Menerima Kekurangan Dan Kelebihan Yang Kita Miliki Dengan Rasa Syukur

Rasa percaya diri seseorang bisa timbul, saat kita merasa sudah mengenal diri kita. Baik itu kelebihan yang dimiliki, maupun dengan kekurangan yang dipunyai. Jangan merasa hanya kita saja yang memiliki kekurangan, setiap dari kita pasti memiliki kekurangan. Belajar menerima adalah cara, membuat kita tegak berdiri lagi saat rasa minder menerpa. Ketika kita sudah menerima dengan baik, dan mencintai diri sendiri rasa minder itu akan hilang dengan sendirinya. Karena saya pernah merasakan hal demikian.

cara mencintai diri sendiri - wikihow cara mencintai diri sendiri sebelum mencintai orang lain cara mencintai diri sendiri menurut bts manfaat mencintai diri sendiri mencintai diri sendiri quotes akibat tidak mencintai diri sendiri jurnal mencintai diri sendiri diri sendiri adalah



Belajar Bergaul dengan orang-orang yang memiliki kekuatan positif

Anggaplah kita sudah bisa menerima kekurangan dan kelebihan. Kita sudah bisa berlajar bersyukur dan menikmati apa yang kita punyai. Saatnya mengembangkan diri dengan cara menjalin hubungan dengan orang lain. Berkumpul dengan mereka yang memiliki kekuatan positif, penyayang dan orang yang penuh cinta. Karena hal tersebut bisa menular, dan menjadikan kita belajar untuk lebih baik lagi.

Untunglah ketika ketika saya lengah merasakan rasa tidak percaya diri, ada mas suami yang menjadi support system saya. Ketika akal dan pikiran saya nggak singkron, dan merasa lemah ada mas suami yang menguatkan. Hal itu membuat saya jadi merasa luar biasa, ada semangat yang timbul membuat diri sendiri kuat. Pasti bisa, pasti mampu. Karena akan ada masa kita tidak percaya diri, lemah dan merasa terpuruk dan orang lain akan memberikan kita kekuatan lebih agar kita bangkit lagi.

cara mencintai diri sendiri - wikihow cara mencintai diri sendiri sebelum mencintai orang lain cara mencintai diri sendiri menurut bts manfaat mencintai diri sendiri mencintai diri sendiri quotes akibat tidak mencintai diri sendiri jurnal mencintai diri sendiri diri sendiri adalah



Salah satu contoh yang pernah saya alami, ketika malas luar biasa untuk ngeblog padahal ada deadline yang harus dikejar. Saya benar-benar malas nggak mengerjakan, kemudian mas suami sebagai support system mengingatkan. Boleh kok males, boleh ogah menulis tapi ingat komitmen yang sudah dibuat dan jangan biarkan oranglain memberikan nilai buruk. Orang lain yang sudah percaya, orang lain yang sudah memberikan amanah pasti menaruh harapan yang besar. Mengapa dia memilihmu, mengapa mereka mengajakmu itu karena kamu special. Nyes! Akhirnya saya menarik napas panjang, diam sebentar lantas bilang pada diri sendiri. Kita bisa, kita mampu ini adalah amanah. Langsung deh, Self love dengan meminta semangat kepada diri sendiri berbuah semangat yang luar biasa. Kalau kamu, bagaimana cara mencintai diri sendirimu sebelum mencintai orang lain?

13 komentar:

  1. Setuju Nyi, tidak overthinking dan mikir yang terlalu berat, atau menekan diri sendiri juga termasuk self love ya..

    BalasHapus
  2. Lingkungan sekitar memang sangat mendukung. Saya sndiri berusaha utk berada diskitar orang2 yg stidaknya bisa ngasih smangat saya ktika lelah dengan semuanya trmasuk lelah jalani hidup.

    BalasHapus
  3. Menerima kelebihan dan kekurangan kita adalah awal upaya kita lebih mencintai diri sendiri ya..

    BalasHapus
  4. Masya Allah, kalian memang sejatinya berjodoh. Ikut bahagia deh baca ini. Memang perlu mencintai diri sendiri juga sih ya. Sebenarnya kalau kita mencntai diri sendiri maka kita bisa mencintai orang lain dengan cara yang pas.

    BalasHapus
  5. Aku setuju dengan opini mencintai diri sendiri dulu sebelum oranglain. Kadang kita gak menyadari bahwa diri sendiri itu dasar dari semuanya. Kalau kita udah mencintai oranglain,tapi gak pede dg diri, bisa2 kalau ada problem bakal nyalahin diri sendiri.

    BalasHapus
  6. Jujur saja, waktu dulu pas masih muda patah hati, sadar banget harus cinta diri sendiri dulu baru orang lain, yah namanya dulu bucin sih wkwk

    BalasHapus
  7. asyik nih, salah satu bentuk selflove yah... eh tapi selflove sama egois itu keknyaa beda tipis yah kak, menurut dirimu apa dan dimana tuy batas-batasnya?

    BalasHapus
  8. Kalo aku ya mencintai diri sendiri dengan jaga kesehatan, jaga pikiran, dan jaga hati heheh... pokoknya gak berpikir negatif...kadang memanjaka diri juga sih kalo emamg lagi butuh.. hahha

    BalasHapus
  9. I am agree with you and then islam to teach in early. We must my self

    BalasHapus
  10. Setuju kita berpikir yang ringan2 aja jangan terlalu berat nanti kepala pusing hahaha

    BalasHapus
  11. Kalau aku salah satu bentuk self love yang sedang aku jalankan ganti gaya hidup ke minimalis. Karena bikin aku merasa sadar, cukup dan syukur dengan apa yang udah aku miliki.

    BalasHapus
  12. bener banget nih kita harus bisa mencintai diri sendiri karena kalau kita bisa mencintai diri sendiri pasti kita bisa mencintai orang lain yang penting diri kita sendiri dulu

    BalasHapus
  13. Nah cocok nih tipsnya hehhehe jadi berkaca ama diri sendiri. Sudah bener belum, sudah beres belum dengan diri sendiri baru urusin orang lain ☺

    BalasHapus

6 Langkah Naik Transportasi Umum untuk Cegah Corona

6 Langkah Naik Transportasi Umum untuk Cegah Corona - Sarana publik dan transportasi umum, disadari atau tidak rentan terhadap penulara...