Jumat, 11 September 2020

Sejarah Gedung Marba Kota Lama Semarang


Sejarah Gedung Marba Kota Lama Semarang  - Marba adalah nama salah satu gedung yang ada di Kota Lama, Marba termasuk gedung peninggalan zaman sejarah. Lokasi gedung Marba berada di Jl. Letnan Jendral Suprapto nomor 33, Semarang.

 


Awalnya gedung marba digunakan sebagai kantor usaha pelayaran EMKL (Ekspedisi Muatan Kapal Laut). Gedung Marba juga digunakan sebagai toko yang paling modern, di waktu itu.

Gedung Marba sendiri dibangun kurang lebihnya apada abad ke XIX, yang memiliki bangunan dua lantai. Pembangunannya sendiri diprakarsai oleh Marta Badjunet, seroang saudagar kaya raya dari Yaman. Sampai dengan detik ini, gedung tersebut dikenal dengan nama gedung Marba, yang merupakan singkatan dari nama saudagar tersebut.

Jika kalian mampir ke Kota Lama, dan menyaksikan gedung Marba kesan neoklasik akan terasa. Terlebih bangunan ini mengadopsi arsitektur tropis Hindia Belanda, dengan material yang sangat khas. Semakin dilihat, semakin kental bangunannya yang kuno. Meski termakan usia beratus tahun lamanya, gedung Marba masih berdiri dengan mewah dan kokoh.

 

Marba Menjadi Sudut Cantik dan Klasik di Kota Lama

 

 

Tidak heran jika gedung Marba menjadi gedung yang paling sering dijadikan tempat berfoto, karena bangungannya yang memukau. Meski belum sempat masuk ke dalam, karena pintunya selalu tertutup semoga kapan-kapan bisa menjelajah kota lama. Di setiap bangunannya pun dalamnya, karena Kawasan Kota Lama termasuk Wisata Semarang yang sering dijadikan tujuan wisata.

 


Untuk menemukan bangunan ini tidak susah kok, tinggal google map aja atau masuk kawasan Kota Lama bangunan ini akan sangat mencolok sekali di pojokkan depan taman Srigunting. Jika kamu datang bukan dari wilayah Semarang, segera abadikan posemu di sini karena sangat ikonik landmark Kota Lama, Semarang. 

 

Soalnya saya pun demikian, eheheh ... kalau main ke Kota Lama nggak afdol kalau nggak menyempatkan diri pepotoan atau mengambil spot gambar. Kota Lama tidak pernah sepi, selalu menarik dan sangat eksotis. Saya tidak pernah bosan setiap kali ke Semarang, bila diajak mampir ke sini. Tidak hanya gedung Marba saja yang menarik, semua gedung kuno dan bersejarah di Kota Lama sungguh menawan dan penuh dengan nuansa sejarah. (*)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

7 Rekomendasi Drama Korea Terbaru 2020 dengan Tema Investigasi Pembunuhan

7 Rekomendasi Drama Korea Terbaru 2020 dengan Tema Investigasi Pembunuhan - Anyong! (Apakabar!) Semoga kita semua senantiasa dilimpahi ke...