Rabu, 07 April 2021

Hari Pertama Masuk Rumah Sakit


Hari Pertama Masuk Rumah Sakit - Fungsi rumah sakit adalah institusi pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan secara paripurna untuk masyarakat dan menyediakan pelayanan rawat inap, rawat jalan, gawat darurat, dan lain sebagainya.




rumah sakit menurut permenkes rumah sakit terdekat gambar rumah sakit kamar rumah sakit rumah sakit umum klasifikasi rumah sakit



 

Pada tanggal 7 April 2021, kali pertama bapak masuk rumah sakit. Beliau sakitnya memang sudah lama, sudah sebulan juga jarang turun ranjang kecuali untuk ke kamar mandi. Padahal kami sudah menyiapkan kursi bolong dan ember di kamar, yang gantian dengan emak tapi bapak nggak mau. Setelah sebulan dengan berbagai obat, bapak lumayan sembuh namun kembali memburuk perutnya. Bolak-balik kamar mandi membuat beliau lemas, akhirnya ketika akan masuk ke dalam rumah kesandung dan terjatuh.

 

Dari situ bapak hampir tak sadarkan diri, kami terus berusaha memanggil dan melakukan berbagai penanganan sederhana. Allhamdulillah lebih membaik, bisa sadar meski kesakitan akibat jatuhnya. Puncaknya bapak nggak tahan, dan memutahkan isi perut yang ada banyak bercak darahnya. Panik banget kami, setelah mbak ipar berdatangan kami memutuskan untuk membawa bapak ke klinik, tapi klinik tidak bersedia dan langsung dirujuk ke rumah sakit. Allhamdulillahnya, menantu bulik sebelah rumah punya mobil jadi bapak langsung bisa dibawa seketika.

 

Hari pertama setelah isya' bapak dibawa, dan menunggu di instalasi gawat darurat. Beberapa pemeriksaan dilakukan, dan ketika dokter datang beliau langsung tahu, "Bapak sering minum jamu ya?" Dan kami mengangguk.

 

Memang benar, ketika merasakan sakit perut bapak mengonsumsi pil jamu taipinsan, kemudian juga minum promagh, lantas juga minum tolak angin. Bisa jadi obat-obatan yang dikonsumsi dengan berturut-turut tanpa jeda ini, membuat lambung bapak luka.

 

Sebagai anak-anaknya yang sudah sering kali memeringatkan untuk tidak minum obat bersamaan, tidak digubris. Karakter bapak yang semau sendiri ini, yang membuat kami kewalahan. Semoga dengan kejadian ini, bapak bisa mengambil hikmahnya. Bahwa minum obat bergantian itu tidak disarankan, apalagi bukan karena anjuran dokter.

 

 

Pertolongan Pertama yang Harus Dilakukan



 

  • Jika teman-teman mengalami kejadian sakit, atau keluarga yang tiba-tiba jatuh seperti bapak. Saran yang paling bisa saya berikan, adalah untuk tidak panik dahulu.
  • Pertolongan pertama yang lain adalah, melonggarkan pakaian. Dari ikat pinggang, celana, baju, apa saja yang dikenakan segera dilonggarkan agar penapasan lancar.
  • Minum air hangat. Bisa dengan teh diberikan gula, atau air putih hangat untuk membasahi kerongkongan dan perut.
  • Memberikan obat gosok, semacam kayu putih, minyak kampak, dan lain sebagainya. Hal ini berguna, memberikan kelegaan pada bagian tubuhnya

 

Mohon doanya ya teman-teman, untuk kesembuhan Bapak. Doa yang sama juga untuk kesehatan teman-teman. Aaamiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hari Pertama Masuk Rumah Sakit

Hari Pertama Masuk Rumah Sakit - Fungsi rumah sakit adalah institusi pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan secara...