Rabu, 31 Maret 2021

5 Keutamaan Sedekah


5 Keutamaan Sedekah - Nggak kerasa sebulan lagi sudah memasuki bulan puasa, ya teman-teman. Sudah memersiapkan apa nih? Sudah bayar hutang yang tertinggal di tahun kemarin belum? Segera lunasi ya, biar nggak nunggak-nunggak melulu heheh ... Di postingan kali ini saya mau membahas sedekah. Di mana sedekah pada bulan Ramadan dilipat gandakan.




dalil keutamaan sedekah 5 keutamaan sedekah manfaat sedekah keutamaan shodaqoh dan keajaiban shadaqah ayat al quran tentang keutamaan sedekah 15 keutamaan sedekah keutamaan gemar bersedekah
design by canva edited by blogger




 

Pengertian Sedekah Adalah

 

 

Apa sih sedekah itu? Sedekah adalah, amalan yang dicintai oleh Allah SWT. Amalan adalah perbuatan baik yang dilakukan oleh seseorang. Demikian juga KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) menegaskan hal yang sama.

 

Sedekah sendiri berawal dari bahasa Arab, ialah Shadaqah, berasal dari kata sidq (sidiq) yang punya ariti kebenaran. BAZNAS (Badan zakat nasional) tahun 2016 No.2 menyatakan, sedekah adalah harta atau non harta yang dikeluarkan oleh seseoran gatau badan usaha di luar zakat untuk kemaslahatan umum.

 

 

5 Keutamaan Sedekah

 

 

Setelah mengetahui makna sedekah, dan berasal dari kata sidq saatnya kita mengetahui keutamaan sedekah atau manfaat sedekah, agar kita semakin semangat untuk melakukanna. Idi dia 5 keutamaan sdekah:

 

 

Sedekah Melipatgandakan Pahala


 

Dalam buku ustaz Yusuf Mansur, The Miracle of Giving, beliau membuatkan matematika sedekah. Dengan mengeluarkan sederkah Allah SWT akan melipatgandakan sedekah itu menjadi 700xlipat. Dalam firman Allah, disebutkan demikian:

 

“Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat-gandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.” (Qs. Al Hadid: 18).

 

 

Sedekah Membuat Kita Mendapatkan Naungan Allah SWT

 

"Ada tujuh orang yang akan Allah naungi di Naungan-Nya pada Hari ketika tidak ada naungan kecuali Naungan-Nya; seorang pemimpin yang adil, seorang pemuda yang tumbuh dalam beribadah kepada Allah Yang Maha Kuasa dan Agung, seorang pria yang hatinya melekat pada masjid, dua orang yang saling mencintai karena Allah bertemu karena Allah dan berpisah karena Allah, seseorang yang diajak berzina oleh wanita cantik dan berposisi tinggi tetapi dia menolak dan mengatakan: 'Saya takut kepada Allah', seseorang yang memberi amal dan menyembunyikannya, hingga tangan kirinya pun tidak tahu apa yang diberikan tangan kanannya dalam amal; dan seseorang yang berzikir kepada Allah dalam kesendirian hingga meneteskan air mata." (HR. Al-Bukhari)

 

Sedekah termasuk amalan yang membuat seseorang akan mendapatkan naungan Allah. Jadi yuk berlomba-lomba dalam sedekah.

 

 

Sedekah Dapat Menjauhkan Api Neraka

 

 

"Jauhkan dirimu dari api neraka, walaupun hanya dengan (sedekah) sebutir kurma." (Mutafaqalaih)

 

Allhamdulillah sedekah yang kita lakukan nanti, dapat menjauhkan diri kita dari api neraka. Dalil keutamaan sedekah di atas, semoga membuat kita semua makin mawas diri ya teman-teman.

 

 

Sedekah Bisa Mengobati Orang Sakit


 

"Orang yang mengusahakan bantuan (pertolongan) bagi janda dan orang miskin ibarat berjihat di jalan Allah dan ibarat orang shalat malam. Ia tidak merasa lelah dan ia juga ibarat orang berpuasa yang tidak pernah berbuka." (HR. Bukhari)

 

MasyaAllah ya manfaat sedekah memang luar biasa sekali, semoga kita selalu diberikan kemudahan dalam bersedekah aamin.

 

 

Sedekah dapat Memanjangkan Umur dan Mencegah dari Kematian Suulkhatimah



Sabda Rosulullah, "Sesungguhnya sedekah orang muslim itu memanjangkan umur dan mencegah dari mati dalam keadaan buruk dan Allah SWT, pula menghapus sikap sombong dan membangga diri penderma dengan sebab sedekahnya."

 

Nah teman-teman keutamaan gemar bersedekah di atas, semoga menjadi reminder kita semua. Memang tidak mudah membagi rejeki yang kita punya, yang kadang kala kita membutuhkan juga. Tetapi di sinilah ujian yang Allah berikan. Semoga kita semua dapat menjadi orang-orang yang mengutamakan sedekah. Aamiin. Nah untuk mengetahui jenis-jenis sedekah dalam Islam, boleh loh diintip postingan sebelumnya. Semoga bermanfaat. Salam!

 

1 komentar:

  1. Masya Allah emg luar biasa banget sedekah ini ya mbak, makin semangattttt nih investasi akhirat

    BalasHapus

Selangkah Lebih Produktif Selama Pandemi

Masa PPKM Darurat tentu tidak mudah untuk sebagian banyak orang. Jadi buat yang masih bisa WFH (work from home) tentunya bisa sangat bersyuk...