Rabu, 24 Maret 2021

Jenis-jenis Sedekah dalam Islam


Jenis-jenis Sedekah dalam Islam - Contoh sedekah tidak hanya dalam bentuk harta benda, lho teman-teman. Sedekah boleh banget dalam bentuk nonmateri, kita bisa melakukan amar makruf nahi mungkar di antaranya menolong orang lain, dalam bentuk tenaga, pikiran, senyum mengajarkan ilmu, dan lain sebagainya. Seperti halnya dalam hadist berikut ini:



contoh sedekah macam macam sedekah berdasarkan hukumnya contoh sedekah materi sedekah yang benar macam macam sedekah jariyah sebutkan 4 macam macam sedekah beserta contohnya




 

"Jangalanlah kalian menganggap remeh satu kebaikan pun. Jika ia tidak mendapakannya, maka hendaklah ia ketika menemui saudaranya, ia menemuinya dengan wajah ramah, dan jika engkau membeli daging, atau memasak dengan periuk/kuali, maka perbanyaklah kuahnya dan berikanlah pada tetanggamu dari padanya." (HR.Tirmidzi)

 

Ada juga hadis HR. Bukhari yang berbunnyi, "Apabila seseorang memberi nfakah untuk keluarganya dengan niat mengharap pahala maka baginya sedekah."

 

MasyaAllah dua hal di atas, menegaskan sekali bahwa sedekah yang benar tidak hanya materi tapi juga nonmateri. Semua orang bisa melakukannya. Nah kita mengenal contoh sedekah yang lain yuk!

 

 


Jenis-jenis sedekah Menurut Islam



 

Dalam kitab Al-wafi (syarah hadis arbain) hadis nomor 2, tertulis ada 5 bentuk sedekah. Apa saja, yuk mari kita baca dan amalkan nantinya.

 

Bersikap adil terhadap dua orang yang bertikai

 

Bila kamu mendapati dua orang yang bertengkar, di manapun berada maka lerailah dua orang tersebut dengan cara yang adil dan tidak melanggar ketentuan syara'.

 

Membantu seseorang yang berkenaan dengan kendaraannya

 

Ini sering saya jumpai di jalan, kalau ada orang yang kehabisan bensin saya berusaha untuk membantunya menderek ke pom bensin terdekat. Tidak mengira kalau ini bisa mendatangkan sedekah, karena kalau itu terjadi pada kita pastilah sedih sekali.

 

Contoh sedekah lainnya bisa dengan membantu rang lain menaikan barang bawaaannya, atau menyediakan sandal jepit untuk saudara sesama muslim.

 

Mengucapkan perkataan yang baik

 

"Perkataan yang baik dan pemberian maaf lebih baik dari sedekah yang diiringi dengan sesuatu yang menyakitkan (perasan si penerima)". (QS. Al-Baqarah: 263).

 

Contoh sedekah dalam bentuk ini bisa mengucapkan yarhamukallah jika di sekitar ada orang bersin, melakukan dzikir, dan ucapan baik kepada orang lain.

 

Berjalan untuk melakukan salat

 

Semua perjalanan yang dilakukan untuk beribadah, seperti berjalan ke masjid untuk salat, menghadiri majlis ilmu, itikaf, dan amalan lain termasuk dalam sdekah. Atau juga memberikan fasilitas, berupa sandal yang bisa dipakai untuk berjalan ke tempat yang baik.

 

Menyingkirkan sesuatu yang berbahaya dari jalan

 

Sering kali kalau dalam perjalanan mengendarai motor, saya mendapati batu yang terlihat di tengah jalan. Hal tersebut bisa membayakan pengendara, dan tugas kita menyingkirkannya. Dengan menyingkirkan batu, kotoran, duri, atau pohon yang melintang termasuk juga sedekah.

 

 

            Bisa diambil kesimpulan bukan? Jenis-jenis sedekah jariah ternyada mudah. Jeis-jenis sedekah dan manfaatnya tersebut, dapat menjadi penolong kita nantinya di hari akhir. Yuk bersemangat untuk sedekah! Dan di postingan lain, ada 5 keutamaan sedekah, siapa tahu mau baca. Salam.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Teman Kreasi Pekalongan Ikut Mengantarkan Smartfren Raih IDX Awards 2021

Teman Kreasi Pekalongan Ikut Mengantarkan Smartfren Raih IDX Awards 2021 - Pandemi membuat kita pontang-panting kebingungan menghadapinya. ...