Rabu, 17 Maret 2021

Mengenal Infak dan Manfaat Infak


Mengenal Infak dan Manfaat Infak - Menurut KBBI (Kamur Besar Bahasa Indonesia) kata baku yang benar dari infak, adalah infak bukan infaq. Infak memiliki makna harta yang dikeluarkan oleh seseorang atau badan usaha di luar zakat untuk kemaslahatan umum. Sementara menurut Baznas, infak merupakan amalan yang tidak bisa lepas dari kehidupan seorang muslim.




infak dan sedekah infaq adalah infak artinya pengertian infak manfaat infak




 

Infak berasal dari bahasa Arab, anfaqa, yang memiliki makna membelanjakan harta atau memberikan harta. Nah, untuk infak ini berarti keluarkanlah harta. Menurut KBBI menginfakan, memiliki arti menyumbangkan (harta) untuk kepentingan umum, selain zakat dan sedekah.

 

Allah SWT dalam Quran surat Ali Imran, ayat 133-134 mengatakan bahwa setiap hambanya agar menyisihkan hartanya untuk berinfak. Demikian QS. Ali Imran: 133-134, tersebut:

 

“Dan bersegeralah kamu kepada keampunan Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang takwa. Yaitu orang-orang yang menginfakkan (hartanya) baik di waktu senang atau di waktu susah, dan orang-orang yang menahan kemarahannya dan memaafkan kesalahan orang. Allah mencintai orang-orang yang berbuat kebaikan”. (QS. Ali Imran: 133-134).

 

 

Pengertian Infak


 

Sudah di bahas tadi di atas bahwa infak adalah mengeluarkan sebagaian dari harta atau penghasilan yang kita miliki, untuk kepengtingan ajaran Islam. Misalnya memberikan infak kepada fakir miskin, untuk bencana, dan lain sebagainya.

 

Kalau untuk keluarga infak wajib seperti memberikan nafkah suami kepada istri dan anaknya dan infak sunah seperti nafkah anak kepada orangtuanya, dalam bentuk materi.

 

Infak berbeda dengan sdekah ya teman-teman, menurut Baznaz perbedaan infak dan sedekah terletak pada pemberiannya. Kalau sedekah bisa non-harta, non-material, sementara infak hanya harta atau material. Senyum kepada saudara kita aja sudah termasuk sedekah, sangat mudah bukan? Buat teman-teman yang ingin tahu 5 keutamaan sedekah, atau jenis-jenis sedekah dalam Islam bisa dilihat di postinganku yang lain ya, dalam blog ini. Siapa tahu bermanfaat.

 

 



Keutamaan Berinfak dalam Islam

 

 

Mendapatkan Pahala Yang Besar

 

Dalam Al Quran, surat Al Hadid ayat 7, Allah SWT berfirman, "Berimanlah kamu kepada Allah dan Rasul-Nya dan infakkanlah sebahagian dari hartamu yang Allah menjadikan kamu menguasainya. Maka orang-orang yang beriman di antara kamu dan menginfakkan (sebahagian) dari hartanya memperolehi pahala yang besar". (QS. Al-Hadid: 7).

 

Sudah sangat jelas ya dalam surat Hadid tersebut, siapa yang menginfakan hartanya masaAllah akan mendapatkan pahala yang besar. Karena hidup kita di dunia, hanyalah sementara maka jika punya harta berlebih bisa banget itu diinfakan ya kan?

 

Didoakan oleh malaikat


 

Dalam hadis riwayat Bukhari, disebutkan bahwa orang-orang yang menginfakan hartanya akan didoakan oleh malaikat. MasyaAllah.

 

“Ketika hamba berada di setiap pagi, ada dua malaikat yang turun dan berdoa, “Ya Allah berikanlah ganti pada yang gemar berinfak (rajin memberi nafkah pada keluarga).” Malaikat yang lain berdoa, “Ya Allah, berikanlah kebangkrutan bagi yang enggan bersedekah (memberi nafkah).” (HR. Bukhari).

 

Allah Akan Mengganti Harta yang Diinfakan

 

Dalam Quran surat Saba, ayat 39, berfirman, "Katakanlah: 'Sesungguhnya Tuhanku melapangkan rezeki bagi siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya dan menyempitkan bagi (siapa yang dikehendaki-Nya)'. Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan (belanjakan), maka Allah akan menggantinya dan Dialah Pemberi rezeki yang sebaik-baiknya." (QS. Saba: 39).

 

MasyaAllah, nggak akan pernah merugi deh ya, siapapun yang bersedakh, berinfak, maupun berzakat. Karena Allah akan selalu mengganti harta yang diinfakan.

 

 

Sumber pendukung artikel

 
https://baznas.go.id/infak

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hari Pertama Masuk Rumah Sakit

Hari Pertama Masuk Rumah Sakit - Fungsi rumah sakit adalah institusi pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan secara...