Jumat, 10 Juni 2022

5 Cara Mengatasi Puting Terasa Gatal Secara Alami ketika Menyusui


5 Cara Mengatasi Puting Terasa Gatal Secara Alami ketika Menyusui - Alami puting gatal saat menyusui? Hal ini sering dirasakan oleh Bunda selama awal menyusui. Tetapi sebelum itu di masa kehamilan Bunda juga akan merasakan demikian sesekali. Tenang Bunda, hal tersebut wajar adanya karena tubuh sedang berusaha menyesuaikan diri ketika proses menyusui.


cara mengatasi payudara terasa gatal cara mengatasi payudara terasa gatal secara alami kenapa payudara terasa gatal sebelah kiri
5 Cara Mengatasi Puting Terasa Gatal Secara Alami ketika Menyusui


 

Namun kalau hal itu sering terjadi, Bunda harus waspada juga ya. Mungkin juga karena infeksi, kulit sensitif, eskim, mastitis, sariawan puting dan lain sebagainya.

 

Bagaimana cara mengatasi puting gatal ketika menyusui secara alami? Dan bisa dilakukan di rumah bisa disimak pada tips di bawah ini ya Bunda.

 

5 Cara Mengatasi Puting Terasa Gatal dengan Alami


Menjaga payudara dalam keadaan kering

 

cara mengatasi payudara terasa gatal cara mengatasi payudara terasa gatal secara alami kenapa payudara terasa gatal sebelah kiri
Menjaga payudara dalam keadaan kering

Setelah Bunda menyusui sikecil, rutinkan selalu untuk membersihkan payudara dengan baik dan menjaganya tetap kering. Karena jika masih dalam keadaan yang basah dan lembab, bisa mengundang bakteri atau jamur sehingga membuat puting atau payudara jadi gatal.

 

Bisa juga menggunakan bantalan payudara di dalam bra, untuk menghindari rembesan ASI yang keluar.

 

Melakukan pompa ASI agar penumpukan susu tidak terjadi

 

Asi yang tidak dikeluarkan akan menyebabkan payudara Bunda membengkak, bahkan bisa terkena infeksi dan mastitis. Agar infeksi dan gatal pada puting Bunda tidak terjadi, bunda harus rajin memompa ASI. Bisa menggunakan pompa manual atau pompa elektrik, karena dengan mengosongkan payudara bertahap akan menghindari hal-hal buruk terjadi. Semangat ya Bunda!

 

Menjaga kebersihan area payudara

 

Kebersihan area payudara wajib hukumnya untuk Bunda, ya! Meski kesibukan dalam mengurus rumah dan bayi yang masih kecil bukan berarti bunda malas-malasan dalam membersihkan area payudara.

 

Setiap kali si kecil selesai menyusui, bersihkan payudara dengan menggunakan air dan sabun. Bisa air dingin atau hangat agar Bunda terasa nyaman, pemilihan sabun juga harus yang lembut ya agar payudara tetap terjaga kelembapannya.

 

Menggunakan busana longgar

 

Pakaian yang longgar, akan membuat sirkulasi darah dan udara di sekitar paudara menjadi baik. Hindari menggunakan pakaian ketat, karena bisa membuat gesekan dan membuat kulit gatal dan iritasi.

 

Memilih pakain dari bahan yang nyaman juga PR buat Bunda. Pilihlah yang berbahan katun, karena sifatnya bisa menerap keringat dengan baik dan area di sekitar payudara tetap terjaga kelembapannya.

 

Menempatkan posisi menyusui dengan pekatan yang baik

 

cara mengatasi payudara terasa gatal cara mengatasi payudara terasa gatal secara alami kenapa payudara terasa gatal sebelah kiri
Menempatkan posisi menusui dengan pekatan yang baik



Menyusui yang kurang tepat, bisa menjadi salah satu penyebab puting terasa gatal. Lakukan posisi menyus dengan tepat , agar pelekatannya terjadi. Apabila pelekatan tepat dan posisi pas, bayi pun bisa menyusui dengan maksimal, Bun.

 

Demikian di atas '5 Cara Mengatasi Puting Terasa Gatal Secara Alami ketika Menyusui', jika terjadi puting lecet apa solusinya? Temukan jawabannya di sini.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Mengatasi Areola Kering dan Mengelupas yang Bisa Bunda Coba

Cara Mengatasi Areola Kering dan Mengelupas yang Bisa Bunda Coba - Kulit payudara kering dan bersisik pasti pernah dialami Bunda-bunda, k...