Kamis, 09 Juni 2022

Puting Lecet Apa Solusinya? Temukan Jawabannya Di sini

Puting Lecet Apa Solusinya? Temukan Jawabannya Di sini - Menyusui adalah sebuah anugerah yang patut disyukuri. Selain dapat memberikan nutrisi terbaik di awal masa kehidupannya di dunia, menyusui juga menjadi momen yang mendekatkan dan menguatkan ikatan batin antara sang ibu dan bayi. Namun, di balik kebahagiaan tersebut ada satu kondisi yang sering kali dirasakan yaitu nyeri saat mengASIhi akibat iritasi puting. 



obat alami untuk luka di payudara luka di payudara yang tak kunjung sembuh cara menyembuhkan luka di sekitar payudara
Puting Lecet Apa Solusinya? Temukan Jawabannya Di sini


Iritasi ini umumnya disebabkan oleh dua hal, yaitu posisi menyusui yang tidak tepat dan juga gesekan dengan gusi bahkan gigi bayi yang baru tumbuh [1]. Dua faktor ini menyebabkan puting menjadi kering, lecet dan bahkan terluka yang tentunya mengganggu kenyamanan ketika menyusui. Jadi, jika saat ini Anda bertanya-tanya, puting lecet apa solusinya? Yuk, temukan jawabannya di bawah ini.

 

Solusi Puting Lecet Ketika Menyusui

 

Kompres menggunakan air hangat

 

Air hangat sering digunakan untuk meredakan nyeri karena membantu melemaskan syaraf yang tegang di area yang mengalami trauma atau luka. Terapi air hangat ini juga bisa digunakan untuk mengatasi perih dan nyeri akibat puting yang lecet. Caranya adalah dengan meletakkan kain steril atau waslap yang sudah direndam dalam air hangat kemudian diperas. 


obat alami untuk luka di payudara luka di payudara yang tak kunjung sembuh cara menyembuhkan luka di sekitar payudara
obat alami untuk luka di payudara



Jika kain sudah terasa dingin, rendam kembali dalam air hangat dan ulangi langkah-langkahnya hingga puting terasa lebih nyaman. Untuk menghindari lecet akibat kelembaban kulit yang terperangkap dalam pakaian, pastikan untuk mengeringkan puting dengan sempurna sebelum memakai pakaian dalam.

 
Perhatikan bra yang digunakan

 

Selain posisi menyusui dan gesekan dengan gusi si Kecil, ternyata ada satu faktor lagi yang dapat memicu lecet pada puting yaitu pemakaian bra yang tidak tepat. Tidak tepat di sini bisa dalam hal ukuran yang terlalu ketat atau longgar dan juga material pakaian dalam yang digunakan. Misalnya saja jika selama ini Anda rutin berolahraga, maka pilihlah bra dengan bahan nyaman yang menyerap keringat dan dapat menahan payudara dengan sempurna sehingga gesekan puting dengan kain bra dapat diminimalkan.

 
Mengoleskan ASI pada puting

 

ASI mengandung sejuta manfaat bukan hanya untuk bayi namun juga bagi ibu menyusui yang mengalami lecet puting. Ketika puting lecet dan terluka, salah satu “obat alami” yang bisa dicoba adalah air ASI itu sendiri karena di dalamnya ada agen antibakteri yang membantu meredakan peradangan dan mencegah infeksi pada luka ringan seperti lecet puting. 

Setelah menyusui, basuh atau bersihkan bagian puting terlebih dahulu kemudian tekan hingga air susu keluar. Gunakan air susu tersebut untuk membasahi puting yang terasa perih dan biarkan mengering dengan sendirinya. Ulangi lagi langkah ini beberapa kali sehari hingga lecet terasa lebih ringan dan sembuh.

 

Mengaplikasikan salep pelindung

 

obat alami untuk luka di payudara luka di payudara yang tak kunjung sembuh cara menyembuhkan luka di sekitar payudara
cara menyusui agar tidak lecet dan sakit



Cara terakhir yang dapat dicoba sebagai solusi puting yang lecet adalah dengan mengaplikasikan salep pelindung yang melindungi permukaan kulit puting dari gesekan sekaligus membantu meredakan rasa nyeri yang dirasakan. Salep pelindung yang mengandung lanolin dan dekspanthenol atau pro vitamin B5 terbukti secara klinis meringankan rasa perih dan nyeri akibat lecet sekaligus membantu mempercepat penyembuhan luka. 

Gunakanlah salep ini saat kulit puting dalam kondisi bersih, misalnya sehabis mandi. Aplikasikan secara merata pada puting kemudian tunggu hingga kering dan meresap sebelum memakai bra atau pakaian dalam. Salep pelindung ini digunakan pada bagian luar tubuh, artinya sebaiknya tidak masuk ke dalam mulut. Untuk itu, sebelum menyusui buah hati bersihkan puting terlebih dahulu dengan lap lembut dan bersih agar salep tidak tertelan.

Lecet puting kadang bisa sangat menyakitkan sehingga selalu menyediakan salep pelindung di rumah bisa menjadi jalan keluar yang praktis dan efektif. Jika lecet mengalami infeksi hingga menyebabkan demam, segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan perawatan yang dibutuhkan. Semoga informasi ini bermanfaat, salam.

 

Website Pendukung artikel:

1. Sore, Cracked, or Bleeding Nips, Desember 2020, pregnancybirthbaby. Diakses pada 8 Mei 2022 dari https://www.pregnancybirthbaby.org.au/sore-cracked-or-bleeding-nipples 
 
2. Debra Rose, Bleeding Niple, 18 September 2018, healthline. Diakses pada 8 Mei 2022 dari https://www.healthline.com/health/womens-health/bleeding-nipple#otherwise-cracked-or-broken-skin
 
3. Nicole Galan, 5 Natural Remedies for Cracked Niples, 24 Maret 2016, healthline. Diakses pada 8 Mei 2022 dari https://www.healthline.com/health/parenting/cracked-nipples#home-remedies 



29 komentar:

  1. Perih bingits memang kalo ngalamin puting lecet. Dulu saya sampe nangis. Huhu.. Dikasih salep cepet membaik memang tapi pas dioles itu sakitnya juga gak nahan. Perjuangan banget ya mengasihi itu, masha Allah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau sampe nggak sembuh-sembuh juga memang lebih baik diperiksakan ke dokter ya daripada kenapa-kenapa lebih kasian lagi ibu dan bayinya..

      Hapus
  2. Pengalaman tak terlupakan lho, puting lecet ini. Sampai rasanya ingin menyerah buat menyusui, cuma memang perlu menguatkan diri sendiri biar mengasihi lancar. Belajar pelekatan bersama si baby agar tidak terjadi puting lecet ternyata perlu, bismillah salah satu jalan perjuangan mengasihi itu

    BalasHapus
  3. Jadi inget pengalaman dulu waktu menyusui. Memang puting lecet ini jadi masalah kebanyakan busui. Dulu saya oleskan salep buat mengatasinya. Baru tahu dengan mengoleskan asi bisa jadi salah satu solusi puting lecet.

    BalasHapus
  4. Kalau puting lecet bikin sakit banget apalagi kalau anak tumbuh Gigi semangat selalu busui semua

    BalasHapus
  5. Aku salah satu menghindari puting lecet ga nyusu tiduran haha. Gatau kenapa aku kalau tiduran gampang bgt lecet. Makanya sampai anak ketiga tiap nyusu jadi selalu duduk

    BalasHapus
  6. Dulu anak pertama, sampai sempat ada perasaan takut dan ngilu untuk menyusui. Ternyata memang pelekatannya memang belum pas. Solusinya dengan oles2 ASI. Alhamdulillah anak kedua sudah gak mengalami ini lagi.. karena rasanya, duh, sakit sekali..

    BalasHapus
  7. Belum menikah dan belum punya anak, tapi terima kasih atas sharing pengetahuannya. Teman saya yang melahirkan dan anaknya baru lahir juga pernah mengalami hal seperti yang diceritakan tuliaan ini. Jadi ibu itu perjuangannya besar ya.

    BalasHapus
  8. Pernah kek gini 😰 tapi ansk gamau tahu kalau pengen nenen bisa nangis kejer. Gak tega rasanya

    BalasHapus
  9. Laily Fitriani11 Juni 2022 08.13

    Daku pernah mengalaminya Mbak, sakit banget. Kuoles salep juga waktu itu. Nano-nano yah perjalanan dan pengorbanan seorang ibu nih.

    BalasHapus
  10. Beneran memang saat puting lecet tuh rasanya...sakit warbiyasa. Aku dulu mengaplikasikan salep pelindung yang melindungi permukaan kulit puting dari gesekan yang juga bisa ngurangi nyeri

    BalasHapus
  11. Nah, iya sakitnya tidak terjelaskan. Pedih. Ngilu. Terkadang jadi enggan kasih asi lagi. Terima kasih untuk tipsnya. Sangat membantu.

    BalasHapus
  12. Rasanya menyusui sambil nangis..
    Huhuu...kalau sudah terlanjut lecet tuh.

    Jadi selama masih sehat, memang kudu dirawat.
    Selain memang gusi bayi yang sakit, p*ting juga kudu dijaga kebersihannya agar kotoran yang menyumbat pada byebye dan menyusui bisa sama-sama nyaman. Dari sisi bayi, ASInya deras dan dari sisi Ibu, juga gak merasakan sakit.

    BalasHapus
  13. Duh, sakiiiit banget sih memang puting lecet itu. Bisa sampai berdarah-darah dan bikin nangis. Lucunya si baby malah senyum-senyum lihat emaknya meringis-ringis. Memang perlu tahu teknik dan cara mencegah serta mengobatinya ya, biar menyusui jadi lebih nyaman dan bahagia.

    BalasHapus
  14. Jadi ingat waktu pertama kali menyusui sempat mengalami puting lecet yang sakitnya minta ampun. Waktu itu juga karena masih ibu baru jadi belum tahu cara mengatasinya. Belakangan baru tahu ada salep yang bisa mengatasi puting yg lecet

    BalasHapus
  15. Dulu puting lecet kupaksa menyusui juga,

    BalasHapus
  16. sedang hamil dan belum mengalami masalah serupa, tapi akan ku catat dengan baik-baik, mana tau keluhan itu nanti bisa ku alami juga

    BalasHapus
  17. Dulu puting lecet kupaksa menyusui juga karena si kecik rewel. Nikmat sekali rasanya, dikenyot saat seperti itu. Demi si buah hati tercinta.

    BalasHapus
  18. wah ilmu banget kakk nanti kalau sudah punya baby bisa praketikin ini kalau sampai lecet

    BalasHapus
  19. Wah aku belum pernah ngalamin ini, karena emang masih single. Tapi tips nya insya Allah aku ingat, siapa tau mengalami hal ini di masa depan. Makasih infonyaa

    BalasHapus
  20. Perih dan sakit banget kayaknya. Belum pernah ngalamin tapi namanya satu anggota tubuh sakit pastinya seluruh badan bakal nggak nyaman jg

    BalasHapus
  21. Wah ini penderitaan seorang ibu nih, terluka tapi tetep harus kasih ASI ke anak ya...

    BalasHapus
  22. Ya Allah jadi ingat dulu pas anak pertama, lecet di puting sampai berdarah-darah. Luar biasa perjuangan menyusui, setelah dua tahun lebih, perjuangan lagi untuk menyapih he he.

    Vita mamanesia.com

    BalasHapus
  23. Terima kasih informasinya sangat bermanfaat, bisa diinfoin lagi buat saudara yang lagi mengalami hal ini jg

    BalasHapus
  24. Wah, ilmunya bermanfaat banget nih untuk jadi ibu nantinya. Plus sepupuku baru aja ngelahirin. Butuh banget pasti sama tips2 kayak gini. Thank u kak.

    BalasHapus
  25. perih tapi harus dijalanin banget lho puting lecet ini semoga menyusui kali ini gak sampe lecet

    BalasHapus
  26. Wah, soal menyusui harus ekstra hati-hati dan benar-benar dijaga kebersihan putingnya ya moms, soalnya aku pernah kena masitis parah.😒

    BalasHapus
  27. Aku pernah mengalami lecet puting waktu baby-ku masih 3-4 bulan. Entah gimana dulu ditahan aja sakitnya, padahal bisa mempraktekkan tips yang ada di sini ya huhuu

    BalasHapus
  28. Duh ngilu banget membayangkan nyeri akibat lecet di puting ini. Teringat jaman dulu ketika anak-anak masih bayi, pernah juga mengalami gini hiks...

    BalasHapus

Cara Mengatasi Areola Kering dan Mengelupas yang Bisa Bunda Coba

Cara Mengatasi Areola Kering dan Mengelupas yang Bisa Bunda Coba - Kulit payudara kering dan bersisik pasti pernah dialami Bunda-bunda, k...