Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Mengatur Keuangan Rumah Tangga Sederhana


Tips Mengatur Keuangan Rumah Tangga Sederhana - Dalam menjalani kehidupan rumah tangga, laju ekonomi menjadi sangat penting, mengapa? Karena banyak rumah tangga yang gagal dengan masalah ekonomi atau masalah keuangan.

 

contoh tabel perencanaan keuangan keluarga persentase pembagian keuangan rumah tangga
Tips Mengatur Keuangan Rumah Tangga Sederhana



Oleh sebab itu buat kamu yang sedang atau akan membina hubungan ke jenjang lebih serius, harus bersiap diri ya! Terlebih jika sudah memiliki anak, bagi yang sudah berkeluarga akan lebih banyak lagi pengeluaran. Karena cara mengatur keuangan ini menjadi PR yang besar.

 

Supaya tidak boncos dan lebih besar pasak daripada tiang, harus teliti dalam mengeluarkan uang dalam setiap kebutuhan. Contoh sederhananya, hindari membeli sesuatu yang tidak dibutuhkan.

 

Saya ingin berbagi bagaimana tips mengatur keuangan rumah tangga yang efektif dan sederhana siapa tahu bisa membantu.

 

 

Tips Mengatur Keuangan Rumah Tangga

 

 

1. Selisihkan Uang Gaji untuk ditabung

 

Setiap kali tanggal gajian datang, bawaanya hepi ya kan? Sudah ngelist mau beli ini dan itu, eits ... rubah kebiasaan tersebut yuk! Lebih baik selisihkan uang gaji beberapa persen, misalnya 10% untuk ditabung. Agar ketika dalam keadaan yang tidak terduga alias darurat membutuhkan uang, ada yang bisa dijagain.

 

Hindari nabung di ATM, karena bisa setiap saat bisa kita pakai. Solusinya bisa menggunakan celengan atau pakai ATM yang tidak bisa diambil.

 

 

2. Lupakan Gengsi

 

Lingkaran pertemanan bisa menjadi pengaruh buat kehidupan ekonomimu. Maka pilihlah circle yang baik, hindari circle hedonis ya!

 

Hal sederhana yang harus dilakukan bisa dimulai dari membawa bekal dari rumah, disaat temanmu yang lain makan siang di mall atau di kafe mewah.

 

3. Tahan dan Kendalikan Hasrat untuk Belanja

 

Di jaman serba canggih, dimana membeli bukan lagi harus keluar rumah tapi bisa dengan genggaman jari. Kita harus pintar-pintar mengendalikan hasrat dalam belanja.

 

Jangan mudah tergiur dengan diskon atau potongan cashback, karena jika kamu memaksa membeli ingat keuanganmua kan menjadi tidak sehat. Jatuhnya bingung mencari pinjaman, hindari ya!

 

Pilih barang yang dibutuhkan dan hindari kesenangan sesaat bila di rumah masih ada barang yang bisa dipakai.

 

4. Manfaatkan Berbagai Promo

 

Siapa yang tidak melek melihat promo yang sering dibagikan? Apalagi toko online, gencar-gencaran membagikan diskon besar-besaran untuk menarik minat pelanggan.

 

Jika barang tersebut memang kamu butuhkan, manfaatkan promo tersebut karena otomatis kita bisa berhemat meskipun hanya dengan 500 rupiah. Soalnya saya sering membeli kebutuhan dapur juga, ketika ada promo hehehe ...

 

5. Belajar Menerapkan Prinsip Berhemat

 

Jika kamu seperti saya boros, saatnya kini harus mulai berubah dan belajar menerapkan prinsip berhemat. Tidak harus mendekati akhir bulan lho ya, apalagi buat yang sudah berumah tangga dan hanya mengurus anak dan suami di rumah.

 

Bagaimana prinsip berhemat sih? Adalah ketika pengeluaran kita tidak melebih pemasukan yang didapatkan. Meskipun kita sudah memenuhi semua kebutuhan di rumah dan tabungan.

 

Jika mendapatkan penghasilan dari pintu manapun, ingat untuk menyisihkan. Sebagian untuk tabungan, investasi, dan sedekah biar barokah. Hindari menghamburkan uang seperti masyarakat China yang memilih menghemat uang daripada berfoya-foya.

 

 

Nah, semoga tips ini bermanfaat ya? Soalnya sudah saya terapkan. Ketika mendesak dan butuh dana, saya buka tuh celengan hehehe ... akhirnya terselamatkan keuangan yang hampir tumbang.

Posting Komentar untuk "Tips Mengatur Keuangan Rumah Tangga Sederhana"