Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Anies Baswedan Memajukan Sosial Ekonomi Melalui Pembangunan Infrastruktur Mikro

 

Anies Baswedan Memajukan Sosial Ekonomi Melalui Pembangunan Infrastruktur Mikro - Kandidat calon presiden yang akan maju di pilpres 2024 nanti, Anies Baswedan, selama menjabat sebagai gubernur DKI menunjukkan komitmen tinggi dalam pembangunan, terutama untuk infrastruktur mikro. Beberapa bidang yang dengan serius digarap antara lain: pendidikan, penyediaan air bersih, sanitasi dan kesehatan.





Keseriusan tersebut terlihat dari alokasi anggaran yang disediakan. Selain jumlahnya cukup dan tepat, juga membangun kemitraan strategis dan peningkatan pengawasan. Tujuan pembangunan tersebut untuk meningkatkan akses dan kualitas layanan publik. Bidang yang menjadi fokus merupakan kebutuhan dasar bagi masyarakat.  


Pembangunan Infrastruktur Mikro



Kebijakan yang dilakukan Anies Baswedan dengan membidik infrastruktur mikro sangat tepat. Pasalnya bidan ini bidang ini tidak hanya bisa berdampak pada peningkatan kesejahteraan secara langsung, namun juga bisa menciptakan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Selain itu juga bisa tercipta lingkungan yang lebih baik.

Apa yang sudah dilakukan Anies di jakarta terbukti berhasil. Harapannya hal ini akan menjadi contoh bagi daerah lain dalam membangung infrastruktur yang inklusif dan berkelanjutan. Bidang yang menjadi concern dibangun merupakan kebutuhan vital untuk meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup masyarakat.

Anies tidak hanya fokus pada infrastruktur makro seperti pembangunan jalan tol dan bandara, tetapi juga infrastruktur mikro yang secara langsung bersinggungan dengan kepentingan masyarakat marginal.

Untuk bidang pendidikan hasil signifikan terlihat dengan bertambahnya jumlah dan kualitas sekolah. Pemerintah juga memberikan beasiswa kepada pelajar untuk meringankan biaya sekaligus sebagai motivasi agar lebih berprestasi.

Pada bidang kesehatan jumlah sarana dan pelayanan juga terus ditambah. Masyarakat semakin mudah mendapatkan pelayanan kesehatan. Fasilitas ini juga semakin terjangkau, bahkan banyak yang gratis.

Untuk bidang sanitasi pemerintah banyak melakukan edukasi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan lingkungan. Selain itu juga membangun jamban sehat. Kesadaran masyarakat akan kesehatan dapat meminimalkan penyebaran penyakit melalui limbah.

Masyarakat semakin mudah mengakses air bersih karena dibangunnya sumur, resapan, revitalisasi sungai dan instalasi air bersih. Pembangunan ini tidak hanya memudahkan masyarakat dalam mendapatkan air bersih, tetapi juga mendukung pertumbuhan ekonomi yang menggunakan air bersih.


Melibatkan Masyarakat


Untuk mensukseskan program tersebut, Anies mengalokasikan dana sesuai kebutuhan. Selain itu juga melakukan pengawasan yang ketat dan pengendalian. Dengan demikian proyek bisa berjalan sesuai rencana dan meminimalkan potensi korupsi. Kualitas dari proyek yang berjalan pun lebih terjamin.

Agar rasa memiliki terhadap program tersebut semakin tinggi, Anies Baswedan melibatkan masyarakat untuk aktif merencanakan dan mengawasi proyek tersebut. Dengan demikian bisa dipastikan program yang dijalankan tepat guna dan sesuai kebutuhan masyarakat.

Visi dari pembangunan infrastruktur yang dijalankan Anies bersifat inklusif. Hasil dari pembangunan tersebut terbukti mampu meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan warga Jakarta.

Bukan hanya pada bidang pendidikan, kesehatan, sanitasi dan sarana air bersih saja, pembangunan juga dilakukan dalam bidang transportasi, drainase, penyediaan sarana bermain anak dan taman kota. Tujuannya adalah untuk menciptakan tata kota yang lebih manusiawi, ramah lingkungan dan inklusif.

Dalam upaya pembangunan tersebut Anies tidak sendiri. Selain melibatkan masyarakat sebagai pengawas, juga bekerja sama dengan perusahaan dalam negeri, donator dan lembaga internasional. Dengan demikian tujuan yang diinginkan lebih cepat tercapai.  

Sampai sekarang manfaat dari pembangunan infrastruktur mikro yang dilakukan oleh Anies Baswedan tersebut masih bisa dirasakan oleh masyarakat. Langkah yang dilakukan oleh gubernur DKI waktu itu menjadikan Jakarta sebagai daerah percontohan yang berhasil membangun infrastruktur secara berkelanjutan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara berkelanjutan.


Sumber:

https://nameservers.id/anies-baswedan-memperluas-fokus-pembangunan-ke-infrastruktur-mikro-untuk-kesejahteraan-rakyat.html
https://kampungtridi.com/anies-baswedan-membangun-infrastruktur-mikro-untuk-kemajuan-sosial-dan-ekonomi.html
https://kbanews.com/resonansi/anies-baswedan-menyediakan-infrastruktur-air-minum-warga-akan-memberi-bahagia-rakyat/
https://www.instagram.com/p/Crf4AIISw_l/?hl=en

Posting Komentar untuk "Anies Baswedan Memajukan Sosial Ekonomi Melalui Pembangunan Infrastruktur Mikro"