Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah Gigitan Kucing Bisa Menyebabkan Rabies?


Apakah Gigitan Kucing Bisa Menyebabkan Rabies - Beberapa kali buka TikTok saya menyaksikan video seorang anak perempuan, dengan keterangan digigit anjing rabies. Nggak tega liatnya, karena saya sendiri baru memiliki anak perempuan juga. Kalo digigit kucing sampai berlubang pernah, karena dulu pelihara kucing, tapi kalau sampai rabies mungkin nggak sih kucing menyebabkan rabies?


digigit kucing sampai berlubang obat tradisional digigit kucing tangan pegal setelah digigit kucing
Apakah Gigitan Kucing Bisa Menyebabkan Rabies?



 

Dilansir dari laman kemenkes.go.id ada 11 kasus kematian yang disebabkan karena rabies, dan 95 persen karena gigitan anjing. Astagfirullah haladzim. Selain anjing yang bisa menyebabkan raies ada kelelawar, rubah, dan rakun tapi terbanyak adalah gigitan anjing.

 

"Hingga April 2023 sudah ada 31.113 kasus gigitan hewan penular rabies, 23.211 kasus gigitan yang sudah mendapatkan vaksin anti rabies, dan 11 kasus kematian di Indonesia. Saat ini ada 26 provinsi yang menjadi endemis rabies tapi hanya 11 provinsi yang bebas rabies yakni Kepulauan Riau, Bangka Belitung, DKI Jakarta, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Papua Barat, Papua, Papua Selatan, Papua Tengah, dan Papua Pegunungan," tertulis di lama Kemenkes.

 

Rabies Adalah

 

Rabies adalah infeksi yang ditularkan melalui gigitan hewan yang sudah terinfeksi. Jadi manusia yang tergigit hewan yang terinfeksi, bisa kena yang namanya rabies.  Mungkin kalau dalam film atau drama, siapa yang digigit zombie bisa ikutan jadi zombie.

 

Bagaimana penularan rabies dari kucing?

 

Pecinta kucing atau bukan pnya pengalaman digigit kucing nggak? Kaget ya? Terus ada yang sampai berlubang. Allhamdulillahnya saya merasa tangan pegal setelah digigit kucing, terus selesai sembuh. Bisa jadi karena kucing saya nggak rabies kan?

 

Bagaimana dengan kucing rabies? Kucing bisa terkena rabies dari gigitan hewan yang sudah terinfeksi, dan penyebaran tersebut dari air liurnya. Virus rabies sangat membahayakan sistem saraf pusat mamalia, yang akhirnya kena ke otak dan hal tersebut menjadi penyebab kematian.

 

Lantas bagaimana virus rabies yang terdapat pada kucing bisa menular ke manusia? Cara mentransfer virus tersebut yakni melalui cakaran, atau juga air liur dari gigitan. Tidak hanya itu, dari luka terbuka juga bisa. Tetapi penularan virus rabies dari kucing ini, yang perlu digarisbawahi adalah : transfernya dari kucing ke manusia, dan hewan ke hewan. Sementara dari manusia ke manusia jarang tapi bukan berarti tidak mungkin ya.

 

Tips dalam menghindari rabies bagi pecinta kucing

 

tangan pegal setelah digigit kucing antibiotik untuk gigitan kucing apakah gigitan kucing bisa sembuh sendiri
Tips dalam menghindari rabies bagi pecinta kucing



"Aku nggak bisa berjauhan dengan kucing semenit saja."

 

"Kucing itu soulmate aku, mana bisa jauh-jauh?"

 

Tenang, semua bisa diselesaikan tidak perlu ditakuti. Tetapi perlu waspada juga, agar pecinta kucng bisa terhindar dari rabies tanpa perlu menjauhi.

 

Tips agar kucing yang kita pelihara tetap aman, adalah dengan memberikannya vaksinasi rabies agar hewan kesayangan tetap aman dan tidak tertular virus rabies.

 

Terlebih apabila hewan kesayangan anda peliharaan rumahan, jangan sampai berkeliaran di luar rumah. Kesempatan tertular sangat besar jika dibiarkan berkeliaran sampai luar.

 

Tips kedua lakukan pemeriksaan rutin kucing kesayangan anda. Sama seperti mahkluk Tuhan yang lain, perawatan atau pemeriksaan rutin wajib dilakukan agar semua keluarga pun aman.

 

Tips ketiga rajin untuk memandikan kucing kesayangan, dahulu saya setiap seminggu sekali hehehe ... tapi kalau tiga hari sekali bisa malah jauh lebih bagus.

 

Semoga kita semua senantiasa sehat dan bahagia terus, melakukan perlindungan diri itu perlu ya. Tidak hanya manusia yang perlu vaksinasi, hewan peliharaan juga perlu dilakukan yang namanya vaksinasi. Selamat berakhir pekan!

 

 


Sumber referensi artikel

 
https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/rilis-media/20230602/3343156/hingga-april-2023-ada-11-kasus-kematian-karena-rabies-segera-ke-faskes-jika-digigit-anjing/

Posting Komentar untuk "Apakah Gigitan Kucing Bisa Menyebabkan Rabies?"