Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Membuat Fasad Rumah Bergaya Modern dan Estetik

Tips Membuat Fasad Rumah Bergaya Modern dan EstetikFasad merupakan salah satu bagian penting dari sebuah rumah yang perlu diperhatikan oleh pemilik hunian. Fasad merupakan bangunan terluar atau bagian depan dari rumah. Bisa diibaratkan fasad sebagai wajah dari rumah, sehingga harus didesain sebagus mungkin supaya hunian Anda tampak cantik. 


Tips Membuat Fasad Rumah Bergaya Modern dan Estetik
Tips Membuat Fasad Rumah Bergaya Modern dan Estetik



Fasad menjadi bagian dari eksterior bangunan yang menunjukkan gaya atau karakter sebuah rumah. Sebagai bagian depan atau wajah utama rumah, pembangunan fasad perlu direncanakan secara matang. Fasad rumah selalu terlihat dari luar sehingga memberikan kesan pertama bagi tamu yang datang atau orang yang melihat rumah Anda. 


Itulah mengapa banyak orang ingin membangun fasad rumah dengan desain yang menarik atau estetik. Namun seringkali pembuatan atau renovasi fasad rumah harus terkendala lantaran biaya. Jika Anda mengalami masalah tersebut mengajukan pinjaman tanpa agunan atau KTA dari perbankan bisa jadi solusinya. 


Namun sebelum mulai membangun atau renovasi fasad rumah, Anda perlu tahu tips membuat fasad rumah yang bergaya modern dan estetik. 



Tips Membuat Fasad Rumah yang Estetik


Dengan memiliki fasad yang modern dan estetik, maka hunian Anda jadi terasa lebih nyaman untuk ditinggali dan memperlihatkan kesan menawan bagi orang yang melihatnya. Pembangunan fasad rumah tidak boleh dilakukan secara sembarangan agar tampilan desainnya bisa memuaskan sesuai keinginan Anda. 


Berikut ini tips membuat fasad rumah dengan gaya modern dan estetik yang perlu Anda terapkan:



Tips Membuat Fasad Rumah Bergaya Modern dan Estetik
Tips Membuat Fasad Rumah Bergaya Modern dan Estetik



  1. Menentukan Gaya Fasad


Langkah pertama yang harus Anda lakukan saat akan membuat fasad rumah adalah menentukan gaya desainnya. Anda bisa memilih gaya fasad rumah yang sesuai keinginan keluarga Anda. Selain itu, pastikan gaya fasad juga sama dengan desain bangunan rumah Anda secara keseluruhan agar terlihat manis dan tidak aneh. 


Ada berbagai macam gaya fasad rumah yang bisa Anda pilih untuk mempercantik hunian Anda. Misalnya membangun fasad bergaya minimalis, modern, klasik, mediterania, alam, maupun kontemporer. Jika ingin rumah Anda terlihat kekinian dan tampak memukau, Anda bisa membuatnya dengan desain modern atau estetik. Jika masih bingung menentukan gaya untuk fasad rumah, Anda bisa mencari referensi di internet atau berkonsultasi dengan jasa kontraktor. 



  1. Buat Rancangan Desain


Setelah menentukan gaya untuk fasad rumah yang akan Anda bangun, selanjutnya Anda harus membuat rancangan desainnya. Ada sejumlah elemen yang perlu dimasukkan dalam desain fasad rumah, meliputi bagian tembok atau dinding, kanopi, kaca dan ventilasi jika ada, dan sebagainya. 


Rancangan desain fasad rumah juga harus disesuaikan dengan ukuran fasad (lebar dan tinggi) fasad yang akan Anda bangun. Supaya pembuatan desain bisa maksimal dan sesuai harapan, sebaiknya konsultasikan hal tersebut pada jasa kontraktor yang sudah berpengalaman dalam membangun fasad rumah. 


  1. Memilih Material yang Digunakan


Selanjutnya Anda harus memilih material atau bahan bangunan yang akan digunakan untuk membuat fasad rumah. Ada berbagai jenis material yang bisa Anda pilih, mulai dari bata, metal, hebel, besi, hingga kayu. 


Sebaiknya Anda memilih material dengan bahan yang berkualitas terbaik agar hasil fasad rumah Anda bisa optimal dan lebih awet. Saat memilih material, Anda juga perlu menyesuaikan material yang cocok dengan kondisi cuaca di lingkungan tempat tinggal Anda. Selain material untuk dindingnya, Anda juga perlu menentukan bahan buat elemen lainnya seperti kaca, kanopi, jendela, dan sebagainya. 



  1. Desain Carport


Saat berencana membangun fasad rumah, jangan lupa untuk memikirkan desain carport. Carport merupakan bagian penting yang harus ada pada fasad rumah sebagai tempat untuk memarkirkan mobil Anda. Desain carport harus disesuaikan dengan luas space yang tersedia di halaman depan rumah Anda. 


Untuk membuat carport, ada berbagai jenis material yang bisa Anda pilih. Anda bisa membangun carport menggunakan material baja ringan atau kayu. Pastikan Anda memilih material yang berkualitas sehingga carport Anda kokoh dan awet dalam waktu lama. 



  1. Menentukan Warna Cat


Tahap terakhir dalam pembuatan fasad rumah adalah menentukan warna cat. Anda bisa memilih warna cat yang sesuai keinginan Anda dan keluarga. Pastikan warna cat selaras dengan bagian bangunan lainnya di rumah Anda supaya terlihat selaras dan tidak terkesan aneh. Namun Anda juga bisa bereksplorasi dengan perpaduan atau kombinasi warna supaya fasad tampak estetik. 



Tipe-Tipe Fasad Rumah



Apakah Anda belum memiliki gambaran seperti apa fasad rumah yang akan Anda buat? Ada beberapa tipe fasad rumah yang bisa Anda jadikan referensi, sebagai berikut.


  1. Fasad Minimalis


Fasad tipe minimalis cocok diterapkan bagi Anda yang memiliki lahan rumah dengan luas terbatas. Selain sesuai untuk rumah kecil, fasad ini juga memiliki kelebihan lainnya yakni membuat hunian Anda tampak bersih, lebih lega, dan rapi. Pembuatan fasad tipe ini tidak memerlukan banyak aksen dan dekorasi. 


  1. Fasad Alam


Fasad alam dibuat menggunakan material dari bahan alam, seperti kayu atau batu alam. Fasad tipe ini akan menciptakan suasana yang alami dan hangat pada hunian Anda. Untuk membuat fasad bergaya alam, diperlukan akses dekoratif seperti ukiran di bagian pintu dan jendela. 


  1. Fasad Kontemporer


Fasad kontemporer menjadi salah satu model fasad yang cukup banyak digemari karena desainnya tampak menarik dan berbeda dari kebanyakan rumah lainnya. Fasad ini dibuat dengan menggabungkan arsitektur modern dan klasik yang bisa menggunakan material kaca, logam, serta unsur tradisional seperti batu dan kayu. 


  1. Fasad Taman


Fasad taman dibuat dengan menciptakan tampilan hijau pada tampilan depan rumah Anda. Pembuatan fasad tipe ini bisa menggunakan tanaman hias atau tanaman rambat pada dinding. Fasad ini akan menghadirkan suasana sejuk dan alami pada rumah Anda. 



Pinjaman KTA untuk Modal Membuat Fasad Rumah



Setelah membaca tips di atas pastinya Anda sudah punya gambaran untuk membuat fasad rumah. Pembangunan fasad rumah bergaya modern dan estetik memang membutuhkan biaya yang cukup menguras kantong. Namun tidak perlu memusingkan besaran dana yang diperlukan, sebab Anda bisa mengajukan pinjaman KTA untuk mendapat tambahan modal membuat fasad rumah. 


Salah satu pinjaman dana tunai tanpa jaminan atau KTA yang bisa Anda pilih adalah PermataKTA. Layanan KTA dari PermataBank ini memberikan pinjaman dana dalam jumlah besar hingga Rp300 juta sehingga sangat mendukung kebutuhan untuk membuat fasad rumah sesuai keinginan Anda dan keluarga. 


Pengajuan PermataKTA bisa Anda lakukan melalui aplikasi mobile banking PermataMobile X yang tersedia di Play Store dan juga App Store. Untuk mengetahui informasi selengkapnya, Anda bisa mengunjungi di sini.

Posting Komentar untuk "Tips Membuat Fasad Rumah Bergaya Modern dan Estetik"