Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Servis Motor Buat Emak Emak


Tips Servis Motor Buat Emak Emak Sebagai seorang yang sudah menjadi bagian dari emak-emak Indonesia. Ada beberapa hal yang sepertinya saya dan sebagian emak-emak lain harus mengetahui. Terutama yang berkaitan dengan motor.


Tips Servis Motor Buat Emak Emak
Tips Servis Motor Buat Emak Emak

Memang, seringnya kami sebagai emak-emak, lebih jago mengendarainya tapi agak bingung kalau disuruh servis motor. Mulai dari bingung harus menyampaikan apa ke abang bengkelnya? Sampai bingung, keluhan mana yang harus dibenahi?

 

Karena itu, ada beberapa hal yang harus dan wajib emak-emak cek saat berada di bengkel motor. Tujuannya biar memudahkan juga mekanik di bengkel sekaligus agar emak-emak bisa paham bagian mana yang harus rutin dicek.


Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Melakukan Servis Motor

 

Baca artikel ini sampai tuntas ya. Karena, beberapa bagian yang harus dicek ini juga penting kalau-kalau motor yang dikendarai sudah mulai menunjukkan tanda-tanda yang kurang normal.


 

1 Oli Mesin

 

Ini merupakan bagian dari motor yang harus rutin diganti. Soalnya, oli motor ini berfungsi sebagai pelindung mesin. Jadi, kalau kondisi oli sudah mulai menurun kualitasnya atau bahkan habis, tentu akan berimbas pada mesin motor karena tidak ada lagi pelumas yang melindunginya.

 

Ciri-ciri motor yang harus segera diganti olinya ini harus diperhatikan, ya.

 

Pertama, saat jarak tempuh motor sudah mencapai 2500 km. Bisa dicek di dashboard motor, kalau sudah mencapai angka tersebut, harus segera dicek ke bengkel, ya. Atau jika sudah mencapai 5000 km, juga harus langsung diganti.

 

Untuk biaya ganti oli motor matic, jangan khawatir, beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan / retailer otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000 km / 2x lebih lama dari oli biasa. Ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Jadi ya wajar sih kalo retailer ini mengklaim bisa 2x lebih lama dari oli biasa, karena memang ini adalah base oil tertinggi di kelas oli.

 

Kedua, ketika dikendarai, mesin motor yang terasa mulus jadi terasa berat. Sedikit tersendat atau justru terasa kasar. Ini pertanda bahwa oli mesin harus segera diganti.

 

Ketiga, ini kondisi yang darurat, yaitu saat mencium bau seperti terbakar dari motor. Bisa jadi ini akibat mesin terlalu panas yang penyebabnya adalah oli mesin sudah habis. Kalau kondisi sudah seperti ini, harus langsung segera dibawa ke bengkel untuk diservis. Demi mencegah hal yang tidak diinginkan.


Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Melakukan Servis Motor
Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Melakukan Servis Motor


 

2. Kanvas Rem

 

Ini juga bagian penting dari motor dan termasuk dalam bagian keselamatan pengguna motor. Kualitas rem yang sudah mulai tidak terasa pakem atau saat tuas rem ditekan tapi motor masih melaju menjadi indikator bahwa kanvas rem harus segera diganti.

 

Dengan tujuan agar saat berkendara tetap selamat terutama disaat motor harus berhenti mendadak karena sesuatu di jalan. Kalau sampai rem blong atau tidak pakem, maka bisa mengakibatkan hal yang tidak diinginkan.

 

 

3. Accu / Aki Motor

 

Pernah mengalami motor sulit distarter baik dengan tombol starter maupun dengan kickstarter? Kalau motor sudah mulai memberikan gejala susah atau agak lama untuk starter. Ini pertanda ada masalah baik di Aki motor ataupun di bagian kelistrikan starter.

 

Biasanya masalah pada Aki Motor disebabkan kelistrikan pada motor mengalami kerusakan sehingga menguras daya saat motor dinyalakan.

 

Selain sulit distarter, ada beberapa tanda lain ketika aki motor mulai melemah atau ada gangguan seperti cahaya lampu motor sedikit redup padahal lampunya baru diganti, suara klakson tidak lagi nyari hingga tarikan motor terasa berat. Kalau sudah ada gejala seperti ini sebaiknya langsung dibawa ke bengkel untuk diservis.

 

4. Tune Up Motor

 

Kalau ini sama seperti medical check up dimana semua komponen akan diperiksa di bengkel. Ini bisa jadi solusi buat yang bingung harus mengecek apa saat ingin servis motor. Sebab, setelah dilakukan pengecekan, jika ada yang harus diganti seperti oli mesin, penggantian oli gardan atau penggantian sparepart lain. Akan diinformasikan oleh mekanik terlebih dahulu. Setelah sama-sama setuju, barulah mekanik melakukan servis.

 

Tempat Servis Motor Terpercaya Untuk Pemula




Khusus buat yang masih bingung harus melakukan pengecekan apa saja pada kendaraan motornya. Bisa melakukan pengecekan di Planet Motor Ban. Di tempat ini sudah bisa dipastikan pelayanannya bagus. Bagian mesin motor bebas dari masalah kotoran, debu, dan sisa pembakaran yang tertinggal di beberapa bagian mesin motor. Juga tak perlu khawatir dengan kotoran dan debu di blok CVT yang bisa membuat motor jadi terasa berat.

 

Keunggulan melakukan service motor rutin di Planet Ban adalah seluruh bagian atau part mesin motor akan dibersihkan terlebih dahulu hingga seperti baru. Bahkan kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, throttle body, semuanya bersih dari sisa-sisa pembakaran, debu dan kotoran sehingga terlihat seperti mesin baru.

 

Service motor di Planet Ban benar-benar terpercaya, karena motor jadi seperti punya mesin baru terus tarikannya jadi lebih enteng, emisi turun lebih dari 70%, lebih hemat BBM, dan mesin jadi bersih total.

 

Untuk harga service motor di Planet Ban yang lengkap sangat terjangkau. Biaya service motor injeksi cuma Rp20.000,- untuk biaya service CVT sekaligus rantainya Rp19.500,- dan service throttle body juga hanya Rp20.000,-.

 

Terjangkau biayanya dengan fasilitas hingga pelayanannya memuaskan. Bisa jadi rekomendasi tempat servis yang favorit.




6 komentar untuk "Tips Servis Motor Buat Emak Emak"

  1. Wah terima kasih infonya, sebagai emak2 yang kemana2 naik motor sungguh sangat membantu

    BalasHapus
  2. Informasinya penting banget nih. Aku pernah soalnya, ga tau kalo Aki motor abis. Sampe pas aku bawa ada bau kebakar gitu, Nyi. Ngeri banget. Ternyata Aki Motornya kosong. Kata abangnya "untung ga kebakar, bu" huhu

    BalasHapus
  3. mantap informasi nya Kak. petnah ngalemin bgini. rasanya ribet amat. ternyata make motor ga skdar make.

    BalasHapus
  4. Aku belum pernah servis motor nih. Soalnya kakakku yang servis motor dan aku tiap hari cuma bonceng kakakku karena aku belum berani naik motor yang jauh-jauh.

    BalasHapus
  5. Aku belum pernah servis motor nih. Soalnya kakakku yang servis motor dan aku tiap hari cuma bonceng kakakku karena aku belum berani naik motor yang jauh-jauh.

    BalasHapus
  6. Penting banget buat servis motor secara berkala, kalau ada bengkel langganan jadwalkan 1 sampai 2 bulan sekali agar motor bisa di cek oleh mekanik. Kadang bawaan sudah nyaman sampai lupa servis

    BalasHapus