Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Digitalisasi BRI Memudahkan Masyarakat dalam Melakukan Transaksi


Digitalisasi BRI Memudahkan Masyarakat dalam Melakukan Transaksi. Digitalisasi dilansir dari kamus Bahasa Indonesia adalah proses pengalihan informasi dalam bentuk analog ke bentuk digital. Proses pengalihan tersebut dibantu oleh teknologi digital, sehingga informasinya bisa diperoleh dan ditransmikan secepat kilat melalui jaringan internet oleh siapapun.


login ceria bri tabel pinjaman bri ceria daftar bri ceria
Digitalisasi BRI Memudahkan Masyarakat dalam Melakukan Transaksi


 

Namun menurut buku UMKM dalam Digitalisasi Nasional, dari Penerbit Cendikia Mulia Mandiri menuliskan, 'Digitalisasi adalah suatu proses konversi dari teknologi analog ke teknologi digital, atau penggunaan teknologi dan data digital untuk meningkatkan kinerja, efisiensi, atau model bisnis.

 

Berbeda lagi menurut Ritter dan Pedersen (2020), bahwa digitalisasi adalah meningkatnya ketersediaan data digital yang dimungkinkan oleh kemajuan dalam menciptakan, mentransfer, menyimpan, dan menganalisis data digital.

 

Dari berbagai pendapat tersebut bisa diambil kesimpulan, digitalisasi memiliki bermacam konteks tapi pada umumnya adalah perubahan analog ke bentuk digital.

 

Contoh yang ada di depan mata sendiri, ketika saya memeriksakan anak ke puskesmas, Bidan yang membantu periksa mengubah data dari buku ke komputer. "Maaf ya Mba, sebentar. Ini soalnya datanya harus dimasukkan ke komputer, sekarang harus begini," saya menjawab tidak apa-apa dan mahfum. Bidan yang terlihat mulai sepuh tersebut, memang sedang mengetik huruf satu per satu. Kepalanya bergeser ke kanan dan ke kiri mencari letak huruf-huruf seakan belum terbiasa.

 

 
Apa Sih Manfaat Digitalisasi?

 

login ceria bri tabel pinjaman bri ceria daftar bri ceria
Digitalisasi BRI Memudahkan Masyarakat 


 

Nah sebenarnya apa sih tujuan atau manfaat dari digitalisasi ini? Sebagai contoh yang saya sampaikan di atas tadi, dari sektor kesehatan. Bagaimana untuk dunia bisnis sendiri? Ini dia manfaatnya:

 

1. Dapat mengurangi biaya operasional

 

Percaya atau tidak perubahan digitalisasi memberikan manfaat, berkurangnya biaya operasional. Contohnya, ketika kita belanja online, tidak perlu repot keluar rumah ya kan? Semua bisa diaskses melalui ponsel. Lha kalau harus ke pasar, atau swalayan butuh dana operasional. Kalau naik angkot butuh bayar angkot, kalau naik kendaraan pribadi harus beli bensin. Benar?

 

2. Dapat menjangkau lebih banyak konsumen

 

Kita tilik cara promosi model jaman dahulu, masih menyebar brosur, memasang banner, ketuk pintu satu ke pintu yang lain, sekarang? Dengan digitalisasi semua jauh lebih gampang. Dengan bantuan internet, siapapun bisa memromosikan produk/jasa. Cukup menggunakan media sosial yang kita akses setiap hari pun, bisa banget. Betul?

 

3. Meningkatkan kualitas kerja

 

Dulu saya pernah menulis buku, dan mendapat tanda jadi atau DP. Harusnya saya mendapatkan Rp1.500.000 tapi saya mendaptkan lebih, ketambahan nol di belakang banyak haahaa ... coba kalau saya bukan orang yang amanah. Tidak akan saya kembalikan. Humam error dalam bekerja, bisa dilakukan oleh siapa saja. Tetapi dengan digitalisasi dapat meminimalkan adanya human error, dan bisa mengurangi biaya-biaya tak terduga.

 

Tujuan Transformasi Digital

 

login ceria bri tabel pinjaman bri ceria daftar bri ceria
Digitalisasi BRI 

 

Setiap keputusan pastilah diambil memiliki tujuan, bagaimana dengan tujuan transformasi digital? Adalah mencapai perubahan signifikan dalam penerapan teknologi digital. Selain itu agar efisiensi dan produktifitas meningkat, dengan penggunaan alat dengan sistem digital. Yang nantinya membuat jaringan atau jangkauan pasar jadi lebih luas, meningkatnya daya saing, dan pertumbuhan bisnis menjadi besar.

 

Tujuan digitalisasi juga berimbas kepada produk dan layanan. Transformasi digital akan menciptakan produk dan layanan baru. Seperti meningkatkan fitur dan fungsionalitas, pun meningkatkan pengalaman pelanggan dengan produk maupun layanan yang lebih kekinian.

 

Survey yang dilakukan oleh Bank Indonesia, 2021 mengemukakan jika perkembangan transaksi digital di Indonesia tumbuh makin tinggi, sebesar 1.556 persend alam kurun waktu 2017-2020. Sementara transaksi uang elektronik mencapai Rp786, 35 triliun di tahun 2021, yang sebelumnya hanya Rp504, 96 triliun. Jadi ada pengingkatan sebesar Rp281, 39 triliun yakni 55,73%.

 

 

Demikian juga digitalisasi perbankan ikutan menyerap arus digitalisasi, mengingat di Indonesia ini arus perekonomian sangat berpotensi besar. Ada 3 faktor pendorongnya pula, peluang digital, perilaku digital, dan transaksi digital yang kini sangat digandrungi oleh semua orang.

 

 

Bank BRI Menghadirkan Aplikasi CERIA

 

login ceria bri tabel pinjaman bri ceria daftar bri ceria
aplikasi CERIA


 

"Gokil! Cicilan gw cepet banget di approve pake Ceria. Bye handphone lemot!" Tulis Redian Galih96, mengapa memilih menggunakan aplikasi CERIA.

 

Dari testimoni di atas dapat disimpulkan bahwa Redian menggunakan Ceria, untuk melakukan cicilan terhadap barang yang dibelinya. Yaitu handphone.

 

 

Lantas CERIA ini apa sih?

 

 

CERIA (Cepat, Ringan, dan Aman),  singkatan nama aplikasi dari Bank BRI, yang membuat pengalaman belanja kita makin ceria. Karena bisa belanja barang impian sekarang, dan bayarnya nanti. Yes, paylater!

 

Apa barang impianmu? Misalnya saya kepengen beli laptop baru untuk bekerja, tetapi uang belum cukup nih. Uang mau dipake buat keperluan yang lain, dengan menggunakan aplikasi Ceria milik Bank BRI saya tetap bisa membeli barang impian. Bayarnya bisa belakangan.




 

Tenang, kita nggak perlu ke Bank BRI untuk bisa menggunakan CERIA, cukup mendownload aplikasinya dan melakukan registrasi. Kita bisa mengajukan pinjaman dan transaksi di merchant dengan kilat. Hanya dengan waktu 10 menit saja. Plafon dimulai dari Rp500 ribu sampai Rp20 juta.

 

Bunganya ringan 1,4% perbulannya flat, bebas biaya admin yang biasanya kita keluhkan hehehe ... dan kemudahan pembayaran ini yang mengasyikan. Apakah aman? Tentu saja, terdaftar dan diawasi OJK.

 

Cara Download CERIA

 

Cara Download CERIA
Cara Download CERIA

 

  • Buka ponselmu dan cari Google Play Store di ponsel. Ketikkan di pencarian 'CERIA', otomatis nanti akan muncul.
  • Pilih klik 'Install' dan tunggu beberapa detik sampai aplikasi CERIA terpasang di ponsel.
  • Jika sudah terinstal dengan baik, tinggal dibuka aplikasi CERIA tersebut, dan kamu bisa langsung berbelanja. Namun sebelumnya lakukan registrasi ya.

 

 

Cara Registrasi CERIA

 

  • Buka ponselmu dan cari plikasi CERIA, 'KLIK'.
  • Masukkan nomor ponselmu dan klik 'SIGN UP'.
  • Perhatikan kode OTP yang dikirim lewat SMS
  • Buatlah nomor PIN, yang hanya diketahui olehmu
  • Konfirmasi dengan benar nomor PIN dan horeeeee! Akun CERIA milikmu sudah bisa diajak untuk belanja.

 

 

Cara Transaksi di Merchant

 

Cara Transaksi di Merchant
BRI CERIA



  • BRI CERIA memiliki bebeapa partners yang bisa kita jadikan tempat berbelanja. Apa saja merchant yang bekerjasama dengan CERIA? Ada Tokopedia, Panorama JTB, Dinomarket.com, Bukalapak, Blibli, Radatime, Link AJA, dan MyHartono.
  • Cara untuk melakukan transaksi di merchant CERIA sangat mudah kok, kalian tinggal buka aplikasi merchant yang sudah kerjasama di atas.
  • Pilihlah barang yang diinginkan. Misalnya pengen beli di Tokopedia, ya buka aplikasi Tokopedia.
  • Di halaman 'Pembayaran/Payment', pilihlah 'CERIA'
  • Pantau detail jangka waktu pembayarannya, mau sebulan, 3 bulan, 6 bulan, atau 12 bulan. Kalau sudah periksa lagi dan 'LANJUTKAN'
  • Akan ada kode OTP via SMS dan horeeeee! Transaksi sukses, tinggal menunggu barang impian mengetuk pintu rumah.

 

 

Bagaimana? Digitalisasi BRI sangat memudahkan bukan? BRI untuk Indonesia memang luar biasa, dan bisa menjadi Pahlawan UMKM di masa yang serba tak menentu ini.

 

Selamat mencoba menggunakan aplikasi CERIA, ceritakan pengalamanmu juga ya? Yang siapa tahu menjadi bermanfaat untuk orang lain, salam.


2 komentar untuk "Digitalisasi BRI Memudahkan Masyarakat dalam Melakukan Transaksi"

  1. Baru tahu kalau ada aplikasi CERIA. Soalnya aku cuma tahu aplikasi BRImo. Terima kasih infonya, Mbak.

    BalasHapus
  2. Hihihi klau pengalamanmu kelebihan 0, pagi ini aku ngakak ada temen yang ditransfer kekurangan 0. Kali ini untung yang transfer amanah :D
    Digitalisasi emang ada sisi menguntungkannya karena catatan transfer keluar masuk selalu auto tercatat dan meminimalisir kesalahn ya mbak.

    BalasHapus