Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mudik Lebaran 2024 ke Kendal, InsyaAllah


Mudik Lebaran 2024 ke Kendal, InsyaAllah - Lebaran berapa hari lagi? Tidak terasa kurang dua minggu, dan waktu begitu cepat sekali berlalu ya?


Mudik Lebaran 2024 ke Kendal, InsyaAllah
Mudik Lebaran 2024 ke Kendal, InsyaAllah


 

Lebaran 2024 akan jatuh pada tanggal 11 April 2024 dan tentunya akan ada cuti bersama lebaran. Jadi bisa mudik lebaran deh semua yang merantau, dan yang tinggal jauh dari keluarga ya kan?

 

Termasuk saya, yang jauh tinggal dari keluarga. Ya kalau ditempuh perjalanan motor 4 jam kurang lebihnya, saya kan tinggal ikut mertua di Comal. Sementara keluarga di Kendal. Namun setelah saya memiliki putri, Ibu juga sering wara-wiri sih. Ke sana dan kemari hehehe ... kasihan sama saya nggak ada yang bantuin momong soalnya. Allhamdulilah.

 

Namun demikian, saya juga harus mudik ke Kendal karena keluarga besara Bapak ada di sana dan ada yang ditetuakan. Tidak afdol dan tidak menghormati kalau saya tidak mudik hehehe ... Paling ya biasanya lebaran Idul Fitri 2024 hari kedua. Karena hari pertama Hari Raya Idul Fitri, berkumpul dahulu dengan keluarga besar suami.

 

 

Fenomena Midik Lebaran di Indonesia

 

 

Mudik lebaran tidak hanya sebagai sarana silaturahmi, lebih dari itu sungkem kepada orangtua yang biasanya tidak kita lakukan, dilaksanakan pada hari itu. Haru dan bahagia tumpah jadi satu, sedih juga ikut serta memenuhi hati. Bagaimana kita tidak sempurna seperti dulu, ada beberapa keluarga yang harus pergi lebih dahulu dan slot itu tidak pernah benar-benar terisi.

 

Mudik lebaran memberikan banyak tangki cinta dan tangki syukur yang tiada henti. Belajar berintropeksi diri juga, agar ke depan bisa jadi pribadi yang lebih baik lagi dan rajin dalam beribadah. Karena apa yang diberikan Allah, luar biasa tak terhingga.

 

Dengan mudik lebaran, kita juga bisa berziarah ke makam keluarga dan nenek moyang yang sudah pergi lebih dulu. Kali ini benar-benar saya harus menahan, hehehe ... setiap kali datang ke makam almarhum bapak saya selalu menahan tangis. Belum bisa menjadi anak yang berbakti dan menyayngi dengan sepenuh hati. Kadang menyesali apa yang terjadi, kenapa bapak harus pisah dan tidak tinggal dengan kami dan pikiran yang entah kemana.

 

Mudik juga jadi momen untuk bertemu dengan saudara yang tidak pernah berjumpa. Dan jadi ajang untuk melakukan perjalanan wisata bersama. MasyaAllah ya, mudik lebaran selalu penuh dengan rasa yang membuncah tak terkira. Selain itu juga lega, saling bersalam-salaman membuat ada yang plong di dada. Kita tidak tahu dalamnya hati ya kan? Apakah pernah menyakiti atau tidak. Dan Hari Raya menjadi salah satu jalan, dalam meminta maaf.

 

Belum lagi fenomena mudik ada dalam perjalanan pulang, yang penuh kemacetan. Oleh sebab itu penting banget ya memerhatikan kendaraan atau armada yang akan dibuat mudik, pun ketika menggunakan transportasi umum jangan lupa untuk memersiapkan jauh-jauh hari barang apa yang harus dibawa.

 

 

Tips Aman Mudik Lebaran

 

Tips Aman Mudik Lebaran
Tips Aman Mudik Lebaran

Memersiapkan armada

 

Kalau mudik menggunakan transportasi umum, pastikan identitas dan segala keperluan untuk mudik ditata sedini mungkin. Siapa tahu ada yang kelupaan ya kan? Sementara kalau menggunakan kendaraan pribadi pastikan cek ke bengkel dahulu, apa yang perlu diperbaiki biar aman dan lancar dalam perjalanan

 

Istirahat sebelum berangkat

 

Yes, sebelum melakukan perjalanan panjang alias mudik lebaran. Pastikan kondisimu baik, istirahat yang cukup sebelum berangkat. Karena kalau dijalan tidak enak badan kan bahaya? Apalagi mudiknya kalau sendirian. Makanya penting banget mengistirahatkan badan, agar fit ketika perjalanan.

 

Memersiapkan identitas diri

 

Nggak lucu kalau tiba-tiba KTP ketinggalan, bahaya dong. Udah terlanjut pesan tiket. Iya kalau bisa pakai identitas lain misalnya SIM, lha kalau nggak bisa? Batal deh untuk mudiknya.

 

Sehat-sehat semuanya ya, semoga bisa berkumpul dengan keluarga di rumah. Aamiin.


 

Posting Komentar untuk "Mudik Lebaran 2024 ke Kendal, InsyaAllah"