Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tempat Wisata Religi di Jawa Tengah, Mana yang Jadi Favoritmu?


Tempat Wisata Religi di Jawa Tengah, Mana yang Jadi Favoritmu - Tempat wisata di Indonesia tidak hanya menawarkan keindahan alam, namun juga wisata religi yang sangat beragam.


Tempat wisata religi Islam di dunia
Tempat wisata religi Islam di dunia



 

Namun, jangan salah paham ya, antara wisata halal dan wisata religi itu beda sekali. Kalau wisata halal itu merujuk pada layanan halal pada sebuah destinasi, seperti restoran halal atau tempat ibadah. Nah kalau mengunjungi masjid baru namanya wisata religi.

 

Biasanya sebelum Ramadan tiba, banyak orang yang akan melakukan wisata religi. Entah itu di sekitar tempat tinggal, atau mengunjungi ke kota lainnya. Karena Indonesia begitu kaya akan wisata religinya, perlu juga dipilah-pilih yang sesuai dengan kantong. Belum lagi tempat wisata religi Islam di dunia, lebih banyak lagi.

 

Karena saya tinggal di Comal, yang dekat dengan Pekalongan. Saya akan merekomendasikan wisata religi yang ada di Kota Pekalongan, siapa tahu teman-teman kapan-kapan ada yang mau mampir ya kan?

 

 

Wisata Religi di Masjid Nusantara Pekalongan

 

 

Pekalongan, merupakan salah satu kota yang ada di Provinsi Jawa Tengah yang tidak hanya dikenal sebagai kota batik, namun juga kota santri.

 

Kota Pekalongan juga menjadi salah satu kota pertama di Indonesia dan Asia Tenggara pertama, yang terbagun dengan jaringan kota kreatif UNESCO. MasyaAllah ya? Dan menariknya lagi Pekalongan menjadi kota yang memiliki banyak etnis berkumpul, yang disebut dengan ARJATI (Arab, Jawa, dan  Tionghoa).

 

Lihat saja kalau kalian mampir ke kota Pekalongan, di pust kotanya terdiri Masjid, Gereja, dan Wihara yang berdampingan. Namun mayoritas yang tinggal di Pekalongan, adalah beragama Islam.

 

Tahun lalu saya sempat berkunjung ke beberapa masjid di Pekalongan, yang menyimpan sejarah dan banyak dikunjungi sebagai tempat beribadah. Tidak hanya dari masyarakat Pekalongan sendiri, tapi juga dari kota-kota lain yang sengaja datang ke sini.

 

Ini dia 5 Masjid Pekalongan yang dijadikan wisata religi

 

 

1. Masjid Agung Al-Jami Pekalongan

 

Masjid Agung Al-Jami Pekalongan letaknya begitu strategis di alun-alun Kota Pekalongan, masjid ini merupakan simbol islami Pekalongan

 

Artsitekturnya sungguh luar biasa dengan banyak ornamen asli dan kayu yang digunakan berasitektur Jawa Arab. Kubahnya punya bentuk joglo dan terdapat menara masji di bagian kanan. Saya sering mampir salat di sini, kalau sedang main di daerah Kota Pekalongan. Masjidnya nyaman dan ruang wudhu dan toiletnya dipisah. Bersih dan bikin nyaman.

 

2. Masjid Al Alulia Krapyak

 

Masjid Al Alulia Krapyak yang berada di jlamprang Pekalongan ini sangan autentik dan menjadi masjid tertua di Pekalongan. Buat yang berkunjung ke sini, aura berbeda pasti dirasakan dibandingkan masjid-masjid yang dibangun di abad ini.

 

3. Masjid Al Ikhlas Jetayu Pekalongan

 

Masjid Al Ikhlas Jetayu Pekalongan merupakan masjid strategis yang berada di jalan utama Pekalongan dan dekat museum Batik. Masjid ini ramai dan bersih. Saya juga sering berkunjung ke sini, karena tempatnya nyaman dan adem. Apalagi kalau habis dari museum, enak banget salat di sini.

 

4. Masjid Jami Al Mubarok

 

Masjid Jami Al Mubarok terletak di kelurahan Panjang Wetan, Pekalongan Utara, Kota Pekalongan. Daya tampung Masjid Jami Al Mubarok ini, bisa ada 1000 orang untuk beribadah.

 

Jadwal pengajian rutin yang dilaksanakan di Masjid Jani Al Mubarok ini, biasanya setiap Selasa malam, Rabu, Jumat pagi, Jumat Kliwon, Wage, Jumat POn, Jumat Pahing, Jumat Manis, dan Sabtu Malam Ahad.

 

 
5. Masjid Wakaf di Jalan Kampung Arab

 

Masji Wakaf merupakan salah satu masjid tertua di kota batik, Pekalongan. Lokasinya ada di perempatans etelah pasar Banjasari, lantas belok kanan dan di perempatan jalan Surabaya. Memang sih agak masuk dan tidak memiliki halaman parkir yang luas. Terbilang masjid ini kecil, karena kalau parkir motor harus diletakan di depan masjid.

 

Area masjid Wakaf ini memang dikenal dengan kampung Arab, dan dahulunya daerah ini berupa hutan lantas ada seroang Habib yang berdagang sambil menyebarkan agama Islam.

 

Untuk acara rutin pengajian yang diselengarakan di masjid ini, biasanya setiap hari Minggu dan Kamis selepas salat Ashar. Ada juga papan nama yang tertera pondok pesantren yang mana kegiatan belajarnya di lakukan dalam Masjid ini.

 

Posting Komentar untuk "Tempat Wisata Religi di Jawa Tengah, Mana yang Jadi Favoritmu?"