Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Kegiatan Sosial di Bulan Ramadan yang Bisa Dilakukan


11 Kegiatan Sosial di Bulan Ramadan yang Bisa Dilakukan - 3 contoh kegiatan sosial di bulan Ramadan untuk disebutkan pasti gampang banget, yakni berbagi takjil, membagikan makanan sahur, dan bersedekah. Lantas kalau disuruh menyebutkan 11 contoh kegiatan sosial yang bisa dilakukan pas bulan Ramdan apa saja sih? Yuk lanjut baca di bawah ini.


3 contoh kegiatan sosial
3 contoh kegiatan sosial


 

Bulan Ramadan selalu menjadi bulan yang paling dinantikan, tidak hanya pahala dilipatgandakan sih tapi lebih dari itu. Kita belajar untuk menahan lapar, haus, dan juga mengurangi sifat buruk.

 

Ramadan kareem juga menjadi bulan yang sangat menyejukkan, di sana-sini melihat orang banyak berbagi. Andai setiap bulan demikian ya? Nggak hanya Ramdan, pasti tidak ada yang namanya orang yang kekuarangan.

 

 

11 Kegiatan Sosial di Bulan Ramadan

 

 

11 Kegiatan Sosial di Bulan Ramadan
11 Kegiatan Sosial di Bulan Ramadan

1. Tadarus Al-Quran

 

Setiap bulan Ramadan tiba, mushola dan masjid tidak pernah sepi. Banyak yang melakukan tadarus Al-Quran. Saya yang dulu semasa kecil sering melakukannya, saya sangat rindu melakukan momen ini. Tapi karena sudah berkeluarga dan memiliki anak, otomatis berkah pahala tetap tidak putus. Dengan menjaga keduanya tetap berkah dan pahala bisa saya dapatkan, allhamdulillah ya Allah tidak membatasi pahala didapatkan.

 

Ya meski demikian tetap kok saya melakukan tadarus Al-quran di rumah. Alhamdulillah,  sebisa mungkin satu ayat tak masalah yang penting membaca dengan ikhlas.

 

2. Wakaf Al-Quran

 

Selain tadarus Al-Quran, kita juga bisa wakaf Al-Quran. Dengan menyedekahkan Al-Quran, manfaat yang kita dapatkan juga tidak putus. Amal jariyah akan kita dapatkan sekalipun yang wakaf sudah meninggal dunia, MasyaAllah. Saya belum pernah melakukannya, tapi InsyaAllah akan saya coba. Selama ini pernahnya wakaf mukena.

 

3. Wakaf Mukena

 

ingin amal jariyah nggak pernah putus-putus? Selain wakaf Al-Quran kita juga bisa melakukan wakaf mukena. Saya pernah melakukannya, meski belum banyak Allhamdulillah setelah melakukannya sangat lega. Semoga kita semua mendapatkan pahal dari kebaikan yang kita lakukan aamiin.

 

4. Membersihkan Mushola atau masjid

 

Senangnya kalau Ramadan begini ya? Mushola dan Masjid tidak pernah sepi selalu didatangi orang-orang yang haus akan ibadah. Selain mendatangi kita juga bisa membantu membersihkan lho, karena kan setiap hari kegiatan selama Ramadan berjalan terus nih. Dari tadarus, sholat berjamaan, tarawih, dan lain sebagainya.

 

5. Berbagi takjil

 

Kegiatan sosial di bulan Ramdan, bisa juga dengan membagikan tajil di titik-titik yang ramai. Saya dulu sering melakukannya, di jalanan hehehe ... tapi kurang terbagi rata sih menurut saya. Karena yang membawa mobil pun mau, wkwkwk ... seharusnya diberikan ke mereka yang kurang mampu ya kan? Tapi tidak masalah urusan itu Allah yang akan mencatatnya yang penting niat kita adalah ikhlas.

 
6. Sahur on the road

 

Membagikan makanan sahur juga menjadi kegiatan sosial yang menyenangkan lho, kita bisa melakukannya bersama dengan keluarga atau komunitas dan organisasi. Ya tentunya kepada mereka yang tukang ojek, pemulung, penyapu jalan, dan lain sebagainya.

 
7. Membersihkan TPU (Tempat pemakanam umum)

 

Membersihkan mushola atau masjid sudah biasa ya kan? Bagaimana kalau membersihkan TPU? Yang jarang disingahi oleh keluarganya. Jadinya banyak yang penuh rumput dan kurang bersih. Kita juga bisa melakukan kegiatan sosial dengan mengirimkan doa kepada mereka yang berada mendahului kita. InsyaAllah pahalanya luar biasa juga bisa kita kumpulkan.

 

8. Memberikan santunan kepada anak kurang mampu di PAY

 

Kalau kita sibuk mencari takjil berbuka, war sana sini. Coba deh tengok adik-adik kita yang tanpa ayah tanpa ibu serta kaum dhuafa yang lain. Apakah mereka sempat berpikiran seperti itu? Yoklah, kita alihkan kegiatan sosial dengan memberikan santunan kepada mereka anak yatik dan kaum dhuafa. Bisa juga dengan membuat ide parcel atau hampers lebaran untuk mereka, masyaAllah akan sangat bahagia sekali pastinya ya kan?

 

9. Mengajar di taman pendidikan Al-Quran (TPA)

 

Kalau biasanya kita sibuk, dan bulan Ramadan diberikan banyak waktu luang. Datanglah ke masjid atau TPA untuk membantu mengajar anak-anak yang berkumpul untuk mengaji. Atau bisa juga selepas salat Tarawih ya kan? Sambil mengajar kita sambil juga tadarus Al-Quran

 

10. Melakukan sedekah

 

Contoh kegiatan sosial kreatif
Contoh kegiatan sosial kreatif

Sedekah bisa kesiapa saja lho, nggak hanya membayar zakat fitrah saja. Kita juga bisa menyisihkan penghasilan untuk bersedekah. Kita bisa memberikan kepada masyarakat yang kurang mampu. Bisa juga tidak melulu bentuk uang, bentuk sembako juga bisa lho.

 

11. Membantu mencuci peralatan ibadah

 

Peralatan ibadah yang ada di mushola dan masjid biasanya mukena, kelambu, sajadah, dan karpet. Yang sekiranya kita mampu aja kita lakukan. Mukena misalnya ada 50 mukena, kita bantu cuci 10 dulu atau dibagi perkelompok, Seru ya kan? Apa saja yang bisa dilakukan untuk nambah pahala deh ya, hehehe ... kegiatan sosial di bulan Ramadan kalau dilaksakan ramai-ramai tuh menyenangkan sekali. Apalagi bisa bersama-sama masuk surga ya kan?

 

Coba, mana dari '11 Kegiatan Sosial di Bulan Ramadan yang Bisa Dilakukan', kamu bersama komunitasmu? Selamat berburu pahal. Semangat!


 #BPNRamadan2024

 

Posting Komentar untuk "11 Kegiatan Sosial di Bulan Ramadan yang Bisa Dilakukan"