Wisata Helipad di Sepakung Kecamatan Banyubiru Semarang


Halo paramuda, selamat datang di blogku, cahdeso.com, perkenalkan nama saya Hadi, belum lama ini saya berkesempatan untuk mengunjungi destinasi wisata yang ada di semarang nih, namanya desa Sepakung. Sudah ada yang pernah dengar?

Peta Wisata desa Sepakung

Saya jabarkan ya. Ini tentang pengalaman perjalanan kemarin bersama teman teman blogger dan bapak ibu dari dinas Pariwisata Kabupaten Semarang. Iya, perjalanan kemarin saya ikut serta dalam kegiatan yang diagendakan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang untuk memperkenalkan potensi wisata yang ada di Kabupaten Semarang.


Desa Sepakung

Desa ini termasuk kedalam kawasan kecamatan Banyubiru Kabupaten Semarang. Awalnya saya mengira kalau desa Sepakung ini terletak tidak jauh dari Umbul Sidomukti yang ada di Salatiga. Dan ternyata perkiraan saya salah.

Petunjuk arah

Desa Sepakung masih termasuk dalam kecamatan Banyubiru. Untuk menuju ke desa Sepakung, saya harus melewati jalan yang menanjak menurun, berkelok serta disuguhi dengan pemandangan alam Banyubiru yang indah. Dan yang tak ketinggalan adalah bukit dan jurang. Yup, perjalanan dalam perjalanan ke Sepakung memang kita akan disuguhi dengan pemandangan bukit tinggi dan jurang. Namun buat penikmat adrenalin, ini akan menjadi perjalanan yang menarik apa lagi didukung dengan suasana alamnya yang masih bersih.

Yang menjadikan perjalanan kali ini terasa keren, walaupun perjalanannya berkelok-kelok, akses jalan untuk menuju ke Sepakung sudah bagus ditambah dengan suasana sejuk khas pegunungan.

sumber: Sepakung



Titik kumpul awal kami berada di salah satu rumah warga desa Sepakung. Kedatangan kita disambut suara adzan dzuhur yang tengah berkumandang. Disini teman-teman melepas lelah sejenak sembari mendengarkan sambuat dari Pak Harno dari Sepakung. Sambutan hangat amat terasa, apalagi dengan budaya masyarakat  yang kental dengan sopan santun.

Buatku “poong godhog gulo aren” pas banget dengan suasana pedesaan. Yup, singkong rebus dengan gula aren di desa Sepakung ini memang  sajian yang pas banget. Singkong rebus dengan suasana pedesaan, bikin betah deh.

Di Sepakung ini diagendakaan kita teman teman blogger akan megunjungi dua destinasi wisata yaitu  Helipad dan Gumuk Reco. Ah masa sih di Sepakung ada Helipad ? Keren dong.



Helipad di Sepakung berbeda dari Helipad yang ada di tempat tempat lain di Indonesia atau di Luar negeri. Helipad disini dibuat sebagai base camp / persinggahan para pengejar monyet. Jadi, awal ceritaya Kebun-kebun warga Sepakung sering sekali dikunjungi oleh monyet yang sedang mencari makan. Dan untuk menghalaunya, dikejarlah monyet-monyet itu agar menjauh dari kebun kebun warga,. Helipad ini dibangun sebagai tempat peristirahatan para pengejar monyet agar tidak turun ke kebun warga. Dinamakan Helipad, yang mana seolah oleh para pengejar monyet ini sudah turun dari helikopter. Dan Harapannya suatu saat nanti ada helikopter yang bisa turun di sepakung. Ini bisa menjadi tanda kalau indonesia sudah benar-benar maju, begitu kata bapak Romadi yang nanti akan mengantarkan kami kesana.




Jarak tempuh dari rumah warga menuju Helly pet sekitar 2 kilometer. Dan sesampainya disana ternyata kita harus menaiki bukit untuk bisa menuju ke Helipad ini.  Dan capek kita terbayar lunas setelah sampai disana. Pemandangan desa Sepakung dan Rowopenging terlihat jelas dari sini. Suasana alam yang asri ini membuat penat perjalanan menjadi terbayarkan.




Sebelum hari ini, ternyata ada juga loh pengunjung dari luar kota yang mengunjungi destinasi wisata yang ada di desa Sepakung. Banyak paket wisata yang ditawarkan ke wisatawan. Mereka biasanya memilih datang karena ingin menikmati suasana pedesaan yang asri. Biasanya para wisatawan mengambil paket wisata untuk tinggal di Sepakung beberapa hari dan berbaur dengan warga untu bisa menikmati suasana pedesaan yang sebenarnya. Kebanyakan wisatawan adalah dari Jakarta dan kota besar lainnya.


Mau menikmati suasana pedesan yang asri dengan berbagai destinasi wisata yan ada didalamnya? Sepakung bisa menjadi rekomendasi yang mungkin bisa dipertimbangkan sebagai destinasi wisata baru buat kamu.



Komentar