MENU

Selasa, 03 Maret 2020

5 Alasan Mengapa Berkolaborasi Bisnis Harus Dilakukan



5 Alasan Mengapa Berkolaborasi Bisnis Harus Dilakukan - Kolaborasi menurut KBBI adalah (perbuatan) kerjasama, bisa dengan musuh dan sebagainya. Sementara 'berkolaborasi' memiliki makna melakukan kolaborasi.


hotel horison pekalongan hotel horison gorontalo hotel horison bogor hotel horison semarang hotel horison yogyakarta hotel horison bandung hotel horison bekasi sejarah hotel horison


Saat kita memutuskan untuk berbisnis, kita bisa bekerja sendiri, memang betul. Tapi ternyata berokolaborasi dalam bisnis, justru bisa membuat kita bisa bertumbuh dan menciptakan peluang-peluang baru. Misalnya kompetitor yang awalnya kita anggap musuh, dan saingan kita. Ternyata setelah bekerjasama, kita justru dapat sharing ilmu dan melaju lagi lebih baik dalam bisnis masing-masing.

Jika anda belum pernah berkolaborasi dengan lawan anda, siapa tahu dengan menyimak kelima alasan membuat kita lebih mantap untuk melakukan kolaborasi.

Kita tidak bisa melakukan semua sendirian

Semua yang kita lakukan serba sendiri, lambat laun akan membuat kita kepayahan. Coba bayangkan, jika bisnis anda berkembang dan anda tidak mau melakukan kolaborasi. Anda justru akan menyulitkan diri sendiri.


hotel horison pekalongan hotel horison gorontalo hotel horison bogor hotel horison semarang hotel horison yogyakarta hotel horison bandung hotel horison bekasi sejarah hotel horison


Kita butuh bantuan orang lain, untuk bersinergi. Hanya saja, untuk menemukan orang yang tepat diajak berkolaborasi memang tidak mudah.

Membangun Jaringan

Berkolaborasi membuat kita banyak mengenal orang baru, daftar kolega kita jadi bertambah bukan? Secara tidak langsung jaringan anda menjadi luas, pemahaman anda dalam bidang lain tentu akan lebih luas lagi.

Berkolaborasi akan memberikan perubahan positif

Pekerjaan yang kita lakukan semua sendiri, besar kemungkinan kita masih mempunyai ego yang tinggi. Tapi dengan berkolaborasi, cara berpikir kita akan berubah dengan sendirinya. Tentu saja hal tersebut membawa kita ke arah yang positif dalam berbisnis, jika kita gagal dalam berbinis kita butuh arahan orang lain ya kan? Inilah pentingnya berkolaborasi

Membuat Inovasi baru

Tidak ada bisnis yang tanpa resiko, tetapi jika anda sudah siap mengambil resiko bisnis anda akan yakin berkembang. Tidak percaya? Banyak pembelajaran dan inovasi baru akan kita dapat, jika kita mau berkolaborasi. Mendengarkan pihak lain memberikan saran, perubahan dan peluang akan membuat anda seperti terlahir baru kembali. Karena produk yang itu-itu melulu akan membuat konsumen bosan.

hotel horison pekalongan hotel horison gorontalo hotel horison bogor hotel horison semarang hotel horison yogyakarta hotel horison bandung hotel horison bekasi sejarah hotel horison


Berkolaborasi itu menyenangkan

Sebelum terjuan di dunia digital marketing, saya hanyalah pemain media sosial biasa. Tapi setelah saya belajar menulis, membuat blog dan aktif dalam bermedia sosial membuat cara pandang berubah. Ternyata kita juga bisa mendapatkan penghasilan lho, dari bidang yang kita geluti.

Salah satu bentuk kolaborasi yang pernah saya lakukan, adalah bergabung dengan komunitas blogger. Nah, kebetulan Hotel Horison memberikan kesempatan untuk kolaborasi. Di sinilah, kami saling bersinergi. Saya mendapatkan fasilitas penginapan dan membantu memporomisikan, pihak hotel menjadi jasa penyedianya. Imbang bukan? Berkolaborasi itu perlu, karena akan ada banyak peluang yang berumbuh. Selamat berkolaborasi!


14 komentar :

  1. Wah, iya juga ya, kolaborasi bisa menjadi ajang belajar kita juga dalam menempa diri, karena pastinya dalam perjalanan kerja sama ada yang hal-hal yang perlu kita toleransi maupun sebaliknya kita nego untuk bisa mencapai tujuan.

    BalasHapus
  2. Dengan berkolaborasi Kita menjadi lebih terlihat, dikenal juga mendapat pelajaran lebih banyak Dalam berbagai hal. Sangan menguntungkan bisa berkolaborasi atau bekerjasama.

    BalasHapus
  3. Betul banget Mbak. Kolaborasi itu sama dengan kayak sapu lidi kalau cuka satu gak kuat bersihin, kalau banyak jadi bisa kuat hehe. Keren ya Hotel Horison jadi fasilitator para blogger.

    BalasHapus
  4. mashaa mAllah mbak seru bnaget eventnya, seneng deh bisa berkolaborasi bisa nambah pengalaman dan network juga ya

    BalasHapus
  5. Dalam berbisnis memang menyenangkan dan lega rasanya jika bisa berkolaborasi ya mba. Semoga bisnisnya lancar dan sukses terusss

    BalasHapus
  6. meski begitu tetep harus mencari partner kolaborasi yang se-visi, soalnya nanti kalau ada apa-apa nggak banyak drama hehe

    BalasHapus
  7. Kolaborasi itu bikin kita lebih semangat, bisa saling tukar pikiran, memecahkan masalah bersama. Jadi kalau bisa memang harus kolaborasi agar kuat

    BalasHapus
  8. Bener banget Mbak, kalau bekerjasama hal sulit bisa jadi lebih mudah kan ya. Duuh, jadi pengen jg dong berkolaborasi seperti Mbak nih.

    BalasHapus
  9. Aku belum pernah kepikiran kolaborasi bisnis loh mbak, aku kira bisnis cuma sekedar jalani aja, tapi ternyata enggak ya. Duh, ilmuku masih cetek banget, pengen belajar lebih banyak lagi biar makin berkembang juga bisnisku.

    BalasHapus
  10. Kolaborasi dalam bisnis memang diperlukan. Namun juga harus pintar mencarinpartmer bisnis untuk berkolaborasi. Dan kuncinya jangan sering baper untuk hal-hal kecil agar langgeng hehe

    BalasHapus
  11. Bener sekali, ada kalanya kolaborasi itu cukup menguntungkan ya mbak? Sesuai prinsip yang mengatakan kalau segala sesuatunya dikerjakan bersama biasanya jd lbh mudah. Begitu pula soal bisnis, Asal kolaborasinya sama partner yang tepat dan klop hehe

    BalasHapus
  12. Sepakat banget. Sekarang kalau ga berkolaborasi pasti bisnisnya akan mati. Dan banyak sekali peluang berkolaborasi. Banyak kasus juga perusahaan mau tutup tapi berkat kolaborasi jadi selamat.

    BalasHapus
  13. Meski aku belum pernah memulai bisnis, tapi aku setuju banget mba dengan berkolaborasi, sebuah bisnis akan terasa lebih hidup. Dan, saat menjalaninya pun akan lebih menyenangkan karena enggak sendiri. Sing penting harus sevisi dan misi yes mba

    BalasHapus
  14. setuju mba, kita memang tidak bisa sendiri untuk maju..
    terima kasih masukannya mba, jd ngak ragu lagi buat melangkah.

    BalasHapus