Selasa, 14 April 2020

Contoh Menu Makanan Seimbang


Contoh Menu Makanan Seimbang - Menu makanan seimbang merupakan menu yang terdiri beranekaragam makanan, dalam porsi dan jumlah yang sesuai. Sehingga kebutuhan gizi seseorang, dapat tercukupi dan pertumbuhan serta perkembagannya akan menjadi baik.


contoh makanan seimbang contoh menu makanan seimbang menu makanan seimbang pagi, siang malam syarat makanan seimbang susunlah menu makanan seimbang untuk kategori aktivitas normal materi gizi seimbang gambar makanan bergizi seimbang prinsip menu seimbang piramida gizi seimbang piring gizi seimbang manfaat gizi seimbang konsep gizi seimbang



Dilansir dari laman Kemenkes RI, pola makanan yang ideal di Indonesia digambarkan dengan piramida. Piramida makanan ini dinamakan dengan, TGS (Tumpeng Gizi Seimbang). Nah, TGS ini dirancang untuk memperbaiki, prisnip lama yakni '4 sehat 5 sempurna'. Nggak hanya soal makanan sehat, TGS lebih luas cakupannya termasuk pola hidup yang sehat. Ada aktivitas fisik maupun kebersihan diri.

Karena makanan termasuk faktor penentu kesehatan kita di masa sekarang dan masa depan, maka sebaiknya pilih yang bergizi, semakin bergizi makanannya maka tingkat resiko terkena penyakit juga sedikit.

Contoh Makanan Seimbang dari Piramida Gizi Seimbang


Menurut piramida, Tumpeng Gizi Seimbang, ada 4 lapisan tumpeng yang harus kita pahami dengan baik. Dari puncak tumpeng, sampai dengan dasarnya yang semakin melebar. Yang lebar lapisannya, maka semakin banyak yang kita butuhkan. Mari kita ulik satu persatu, piramisa Tumpeng Gizi Seimbang yuk, agar mulai sekarang pola makan sehat kembali di tata dengan baik :


contoh makanan seimbang contoh menu makanan seimbang menu makanan seimbang pagi, siang malam syarat makanan seimbang susunlah menu makanan seimbang untuk kategori aktivitas normal materi gizi seimbang gambar makanan bergizi seimbang prinsip menu seimbang piramida gizi seimbang piring gizi seimbang manfaat gizi seimbang konsep gizi seimbang


Porsi Makanan Wajib Pokok Manusia

Pada lapisah terbawah, adalah area makanan pokok seorang manusia. Seperti nasi, jagung, ubi, singkong dan umbi-umbian lain. Di mana makanan tersebut yang sering dikonsumsi di Indonesia. Sehari, makanan pokok ini harus 3-4 porsi dalam sehari.

Untuk ukuran ideal nasi, adalah 100 gram. Ubi dengan ukuran 135 gram, 1 potong singkong dengan berat 120 gram. Seporsi nasi bisa juga disamakan dengan 2 buah kentang, ukuran yang sedang (210 gram). Kalau bosan makan nasi, bisa juga disiasati dengan yang lain. Yang penting tercukupi kebutuhannya.

Porsi untuk buah dan sayuran

Lapisan di atasnya lagi adalah buah dan sayuran. Sehari anda bisa menyantap 3-4 porsi sayur, sementara buah bisa 2-3 porsi. Misalnya menu makanan seimbang pagi adaah nasi dan lauk, plus sop bayam. Menu makanan seimbang siang, nasi dan sayur asem, dan menu makanan seimbang malam adalah nasi plus capcay semangkok. Bisa berubah-ubah, tergantung kesukaan sayurnya apa.

Porsi Sumber Protein

Setelah sayur dan buah, sumber protein lain adalah protein hewani seperti makanan laut, ikan, ayam, daging, susu dan bisa juga protein nabati (tahu, tempe dan kacang-kacangan). Saking banyaknya sumber protein, kita bisa memilih yang cocok dengan kebutuhan tubuh. Kita bisa memilih dari sekian jenis protein, jika alergi susu bisa diganti dengan yang lainnya.


contoh makanan seimbang contoh menu makanan seimbang menu makanan seimbang pagi, siang malam syarat makanan seimbang susunlah menu makanan seimbang untuk kategori aktivitas normal materi gizi seimbang gambar makanan bergizi seimbang prinsip menu seimbang piramida gizi seimbang piring gizi seimbang manfaat gizi seimbang konsep gizi seimbang


Mengurangi porsi garam, gula dan minyak

Pada puncak piramida tumpeng gizi Indonesia, kita akan diperlihatkan dengan gambar sendok garam, gula, dan minyak. Area yang paling sempit ini, adalah area yang wajib kita waspadai. Yakni tidak boleh mengonsumsi berlebihan gula, garam dan minyak.

Porsi mengonsumsi mineral (air putih)

Sebagai pelengkap, seorang manusia harus minum segelas air putih minimal 8 gelas sehari. Mengapa untuk mencegah dehidrasi, karena sebagian tubuh manusia memiliki kandungan air.

Konsep Gizi Seimbang yang lainnya


Selain hal di atas, ada juga pada bagian luar piramida. Adalah agar manusia melakukan hal lainnya, seperti menjaga kebersihan diri dengan rajin mencuci tangan. Melakukan olahraga, dan selalu menjaga berat badan agar seimbang. Mengapa? Hal ini memiliki kaitan erat dengan status gizi yang kita miliki. Salah satu saja tidak terjaga dengan baik, anda akan megnalami gangguan kesehatan akibat gaya hidup yang tidak terkontrol. Maka mulai dari sekarang, hati-hati dalam memenuhi makanan seimbang apalagi kalau di rumah ada anak-anak dan orang tua yang harus dijaga. Mari hidup sehat sejak dini


8 komentar:

  1. Sampai sekarang di rumah selalu ngikutin pedoman isi piringku, tapi kadang kalau anakku gitu ada beberapa sayur yang dia gak suka jadi kudu dibujukin lewat makan buah biar mau juga makan sayurnya.

    BalasHapus
  2. Penting sekali memang makan dengan gizi seimbang agar semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh terpenuhi ya Mba.. cuma kadang kalau lagi 'kumat' aku suka bandel makan Indomie + nasi (jangan ditiru).

    BalasHapus
  3. Ternyata porsi protein hewani dan nabati itu lebih kecil dari porsi buah dan sayur ya. Saya belum terlalu ngikutin piramida ini sih tapi diusahakan tiap hari makan sayur dan buah serta mengurangi karbohidrat.

    BalasHapus
  4. untung ada pedoman isi piringku yangbisa jadi panduan mudah buibuk saat memilih menu harian di rumah ya mba. ngga harus mewah yang penting tinggi nutrisi hehe

    BalasHapus
  5. Waah aku baru tahu istilah tumpeng gizi Mbak. Hihi masih suka keskip nih buahnya harus lebih ditingkatkan lagi plus masih suka cheating

    BalasHapus
  6. aku belum terlalu ngikutin dengan pirmaida ini mba hanya saja selalu diusahakan ada menu varian nabati dan hewani setiap kali masak

    BalasHapus
  7. udah sering banget baca artikel menu makanan sehat dan seimbang, tapi ya itu, pas praktiknya kok ya susah banget. paling tahan 2-3 hari, setelah itu balik lagi ke kebiasaaan semula

    BalasHapus
  8. gula, garam dan minyak.
    padahal ini nih yang paling banyak dikonsumsi, secara ya kalau gak makan gorengan bisa jadi garing *upsss, tapi emang harus segera diubah nih kebiasaan yang gak sehat ya.

    BalasHapus

Lopis Ketan Makanan Tradisional Indonesia yang Enak Banget

Lopis Ketan Makanan Tradisional Indonesia yang Enak Banget - Indonesia negeri yang amat kaya, subur, indah, dan saya bahagia menjadi wa...