Kamis, 08 Oktober 2020

Cara Menjadi Anggota Perpustakaan Kota Pemalang

Cara Menjadi Anggota Perpustakaan Kota Pemalang - Selamat hari Kamis teman-teman, hari ini mau nulis postingan bagaimana syarat mendaftar menjadi anggota perpustakaan di Kota Pemalang. Walaupun tinggal di Pemalang sudah bertahun-tahun, tapi belum pernah sama sekali mendaftar jadi anggota perpustakannya. Mumpung selo jadilah saya datang ke perpustakaan, dengan sengaja.

 

Cara Menjadi Anggota Perpustakaan Kota Pemalang



Prosedur pendaftaran anggota perpustakaan bagaimana sih? Sebenarnya sangat mudah banget lho teman-teman, asalkan kita memiliki identitas kartu tinggal di kota asal kita tersebut.

 

Review Cara Menjadi Anggota Perpustakaan

 

 

Untuk menuju kota Pemalang, dibutuhkan waktu kurang lebih satu jam. Karena baru pertama kali mau ke sana, awalnya masih mencari-cari di seputaran Alun-alun Pemalang. Ingat Google Map, langsung aja tancap cari letak perpustakaan Pemalang, langsung deh ketemu dan menuju parkiran yang lengang.

 

Cara Menjadi Anggota Perpustakaan Kota Pemalang




Saya langsung masuk ke dalam, tapi sebelumnya tetap mematuhi protokol kesehatan dan mengisi daftar hadir. Setelah itu menuju meja resepsionis, ada Mas yang jaga menyapa dengan ramah.

 

"Pak kalau mau daftar jadi anggota, syaratnya apa saja ya?" tanya saya, kemudian beliau memberikan formulir pendaftaran kartu anggota perpustakaan untuk diisi.

 

Karena datanya kunjungan ke perpustakaan saya agak siangan jam 13.00-an, saya diminta untuk datang kembali besok. Soalnya perpustakaan jam 2 akan tutup. Tapi sebelum itu saya juga meminta izin untuk melihat-lihat sebentar, dan dipersilahkan. Yee! Senangnya, sudah lama nggak datang ke perpustakaan.

 

Saya berkeliling mengintari perpustakaan yang tidak terlalu besar itu, banyak koran, buku-buku dengan kategori berbeda, dan juga ada komputer yang disediakan. Seru juga ya ternyata, dan banyak pengunjung juga ternyata di dalam. Ada anak-anak sekolah, orang dewasa dengan putranya, orang remaja. Bervariasi pengunjung perpustakaanya, dan menyenangkan sekali untuk dipandang. Orang-orang berkutat dengan buku dan sibuk mencari pengetahuan. Pemandangan yang luar biasa membanggakan.

 

Cara Menjadi Anggota Perpustakaan Kota Pemalang



 

Isi Formulir Pendaftaran Kartu Anggota Perpustakaan Apa Aja Sih?

 

 

  • Nama Lengkap
  • Tempat tanggal lahir
  • Jenis Kelamin
  • Alamat Lengkap
  • No. Telepon
  • Alamat Pekerjaan
  • Status KTA
  • Tanda tangan mengetahui pengurus RT, dan pemohon
  • Melampirkan pas foto ukuran 2x3 cukup 1 lembar, dan foto copy kartu identitas yang masih berlaku.

 

Cara Menjadi Anggota Perpustakaan Kota Pemalang



            Tinggal deh, kita bawa ke sana formulir, beserta fotonya dan menunggu proses pembuatan kartu identitas perpustakaan. Buat kamu yang kartu identitasnya di luar kota, tidak bisa menjadi keanggotaan di Kota Pemalang. Kecuali kamu punya KTP tempat tinggal setempat, baru bisa. Seperti itu peraturannya. Nah, bagaimana kamu sudah menjadi anggota perpustakaan di daerahmu belum? Daftar yuk, dan tingkatkan literasi di daerah sekitarmu. Salam.

6 komentar:

  1. Wah keren nih mba sudah jadi anggota perpustakaan di Pemalang perpustkaannya juga terlihat lengkap aku malah blum sma skali jadi bnyak tahu nih syarat2nya menjadi anggota perpustakaan kapan2 mau coba datang ah

    BalasHapus
  2. Trims infonya Nyi.. Aku pernah di Pekalongan juga hampir sama caranya ya..

    BalasHapus
  3. jadi ingat kartu perpusatakaanku yang sudah kadaluarsa itu, sudah lama sekali ga ke perpustakaan.

    BalasHapus
  4. Memang mudah kok jadi anggota perpustakaan. Yang penting punya kartu identitas aja sih. Daftar anggota di perpusnas aja mudah kok. Apalagi di Pemalang. Moga2 besok2 pendaftarannya sudah berbasis teknologi ya, Mba.

    BalasHapus
  5. Di Bogor ada dua perpustakaan yang nyaman banget. Tapi mereka sama sekali nggak buka sejak awal pandemi. Padahal dulu aku suka kerja seharian di sana. Selain tempatnya tenang, kalau capek lihat layar, bisa ngaso dulu sambil baca-baca buku. Senangnyaaa dirimu bisa menikmati waktu di Perpustakaan Malang.

    BalasHapus
  6. Pakai tandatangan RT juga ya, ternyata. Terakhir baca syarat anggota perpus daerah lain enggak pakai, sih

    BalasHapus

Cara Menjadi Anggota Perpustakaan Kota Pemalang

Cara Menjadi Anggota Perpustakaan Kota Pemalang - Selamat hari Kamis teman-teman, hari ini mau nulis postingan bagaimana syarat mendaftar me...