Sabtu, 03 Oktober 2020

Menikmati Tahu Gejrot di Alun-alun Batang

 

Menikmati Tahu Gejrot di Alun-alun Batang - Ada yang kenal dengan kuliner, yang dinamakan Tahu Gejrot? Awalnya saya juga tidak tahu kuliner ini, tahu kok ada kuahnya tapi rasanya manis, asam, dan pedas nikmat. Perpaduan ketika di makan, dan dinikmati itu seger.




 

Ternyata tahu gejrot ini adalah kuliner khas yang berasal dari Kota Cirebon, di mana potongan tahunya ini disiram dengan kuah bercita rasa. Namun sebelumnya, tahunya digoreng terlebih dahulu. Kalau di Kendal, tahu gejrot tidak banyak dijumpai tapi di daerah seputaran pantura, dari Batang, Pekalongan, dan Pemalang tidak sulit untuk mendapatkannya.

 

Singgah Sejenak di Alun-alun Batang

 

 

Seminggu lalu, waktu pulang dari Kendal saya singgah di Alun-alun Batang. Karena motoran, jadilah sekalian beristirahat. Siang itu sangat cerah cuacanya, dan segelas es dawet sungguh membuat dahaga ini lenyap.

 

Di sebelah penjual es dawet, ada gerobak tahu gejrot. Jadi kangen makan tahu gejrot, akhirnya saya memesan dua porsi. Rasanya, enak! Kadang ada beberapa penjual tahu gejrot yang rasanya, kurang nendang di lidah saya. Tetapi yang saya coba ini tidak demikian, rasanya cocok dengan lidah.

 

Seperti biasa, penyajian tahu gejrot diletakan di atas  cobek kecil dan tusuk gigi untuk mencubit si tahu. Angin sepoi-sepoi dan suasana alun-alun yang tidak bergitu ramai cukup menghilangkan penat dari sejaman berkendara. Beberapa petugas juga terlihat berpatroli masker, di sepanjang trotoar. Allhamdulillah, kalau melihat pemandangan ini merasa lega dengan pemerintah setempat yang selalu memerhatikan protkol kesehatan warganya. Salut!





Resep Tahu Gejrot Cirebon sangat Praktis

 

Kalau diamati, membuat tahu gejrot itu sangat sederhana. Bahan yang dibutuhkan tahu, dan rempah yang biasanya ada di dapur kita. Siapa tahu ada yang ingin menjajal resep tahu gejrot untuk jualan, ya kan? Berikut ini saya bagikan cara membuat tahu gejrot rumahan, misalnya lagi ngidam tahu gejrot di sepurat lingkungan tidak ada yang menjual. Mengapa tidak membuat sendiri ya kan?

 

Bahan untuk Membuat Tahu Gejrot

 

  • Tahu pong/ tahu berongga
  • Cabai rawit
  • Bawang merah
  • Gula Jawa
  • Asam Jawa
  • Air
  • Garam

 

Cara Membuat Tahu Gejrot

 

  • Biasanya tahu yang digunakan untuk tahu gejrot, memiliki rongga. Alias tengahnya kopong, ini bisa diakalin dengan merendam es selama 15 menit.
  • Langkah selanjutnya membuat kuahnya, rebus airnya sampai mendidih dan masukkan asam Jawa serta gula Jawa. Biarkan keduanya larut, angkat lantas saring.
  • Untuk bumbu uleknya, tinggal masukkan cabai sesuai selera mau pedas atau sedang, bawang merah, dan garam secukupnya. Masukkan kuahnya dan potong tahu pongnya.

 

Selamat menikmati tahu gejrot rumahan.

13 komentar:

  1. tahu gejrot :) makanan fav saya dari cirebon, kangen makan pakai bawang merah yang banyak hahahaa

    BalasHapus
  2. tahu gejrot ini camilan kesukaanku nih. enak soalnya rasanya bikin seger, pedesnya cukup sedeng aja kalau kepedesan malah jadi kurang enak. hehe

    BalasHapus
  3. Ya ampuunn sudah lama banget aku ngga makan Tahu Gejrot. Susah di Tangerang cari makanan Tahu Gejrot ini

    BalasHapus
  4. Saya belum pernah bikin tahu gejrot sendiri, ternyata cara gampang ya^^. Makasih mba tips dan resepnya, ternyata bisa pakai tahu biasa ya, tinggal di rendam air es aja, hehe

    BalasHapus
  5. Auto nelen ludah baca resepnya kak..soalnya aku juga doyan tahu gejrot apalagi kalau bumbunya pedas 😍

    BalasHapus
  6. Aakk tahu gejrot! Entah udah berapa lama mbak nggak makan ini. Jadi pengen banget habis lihat ini. Karena emang belum berani lama-lama keluar rumah, lebih aman bikin sendiri aja kali ya. Bahannya juga kayaknya ada semua di rumah. Hihi.

    BalasHapus
  7. waaa udah lama banget nggak makan tahu gejrot inii, semenjak pandemic nggak berani beliii, padahal biasanya suka ada yg lewat ke depan rumah, jadi nggak pernah ada yg lewat huhuh

    BalasHapus
  8. Tahu gejrotnya bikin ngiler deh mba dah lama gak makan mau buat ah aku catet resepnya

    BalasHapus
  9. Kalau aku bikin tahu gejrot ga dikasih air, jadinya kayak rujak petis gitu aja. Tapi enak juga kok hihi

    Masa pandemi kalau inget makanan yang dijual di luar bawaannya baper yaa. Jadi kalau aku bikin aja sendiri meski jadinya improvisasi sendiri

    BalasHapus
  10. saya belum pernah ke Batang mba, saya jarang banget nyobain makan tahu gejrot ini, jadi penasaran rasanya kayak gimana ya, lihat cabenya wahhh banget

    BalasHapus
  11. Tahu berongga tuh namanya tahu pong. Tapi kok kayaknya aku lebih suka tahu putih biasa ya. :) Seger nih ya makan tahu gejrot pas siang-siang, trus minumnya es jeruk, sedaaappp...

    BalasHapus
  12. Tahu gejrot ini kenikmatan yang haqiqi ya, Nyi.
    Dimakan bareng minum es, heeuum~
    Lezaaatt...

    BalasHapus
  13. tahu gejrot mah kesukaankuu, enak dicemil pedes2 seger gitu, apalagi kalo rasa tahunya juga lezat, semakin siip deh :)

    BalasHapus

Cara Menjadi Anggota Perpustakaan Kota Pemalang

Cara Menjadi Anggota Perpustakaan Kota Pemalang - Selamat hari Kamis teman-teman, hari ini mau nulis postingan bagaimana syarat mendaftar me...