Senin, 11 Januari 2021

Review Buku Anak Mia dan Ikan Goreng

 

Buku Anak Mia dan Ikan Goreng - Ikan merupakan hewan yang hidup di air, bernapas dengan insang dan memiliki jumlah spesies yang cukup banyak. Menurut wikipedia lebih dari 27,000 di dunia, spesies yang dimiliki oleh ikan. Waow!




buku anak pdf buku tulis anak buku anak gramedia buku anak balita buku anak online buku anak sd rekomendasi buku anak buku cerita anak




 

Ikan sendiri jika dikonsumsi oleh manusia, menawarkan protein yang tinggi. Yakni vitamin D, kalsium, yodium dan berbagai nutrisi penting yang lain. Hal ini akan membuat perkembangan otak, dan kesehatan mata yang mengonsumsi jadi lebih baik. Apalagi untuk anak-anak.

 

Nah review postingan buku kali ini, berjudul Mia dan Ikan Goreng, yang ditulis oleh Kak Atalia Praratya istri dari Ridwan Kamil. Buku ini menceritakan seroang tokoh bernama mia, yang tidak mau makan dengan ikan karena ikan memiliki banyak duri. Belum tahu dia, bahwa ibu bisa mengolah ikan yang enak, bahkan koki terkenal di dunia pun kalah.

 

 

Detail Buku Anak Mia dan Ikan Goreng

 

 

 

Judul                : Mia dan Ikan Goreng

Penulis             : Atalia Praratya

Ilustrasi           : Willy Mahabi

Penerbit          : Penerbit Erlangga

Tanggal Rilis   : 25 November 2020

Media Baca     : Gramedia Digital

Jumlah Halaman : 26 Halaman

Harga              : Rp15.000

 

 

Sinopsis Buku Anak  Mia dan Ikan Goreng

 

 

 

Ibu masak ikan goreng. Akan tetapi, Mia tidak mau makan. Mia bilang, ikan goreng itu banyak durinya dan rasanya tidak enak. Apakah Mia berhasil makan ikan goreng buatan Ibu?

 

 

Masakan Ibu Memang Luar Biasa

 

 

 

            Saat itu cuaca sedang cerah-cerahnya, Mia sedang asik bersama temannya bermain di depan rumah. Ada yang bermain bola, lego, boneka dan lain sebagainya. Mereka sangat senang dan riang.

 

            “Mia, ayo ke sini. Kita makan dulu, yuk ...!” Suara ibu memanggil Mia.

 

            Mia tahu panggilan ibu, adalah waktunya dia untuk makan siang. Mia sennang sekali karena sudah merasakan pertunya yang berbunyi secari tadi. Krucuk ... krucuk ...

 

            Demikian keseharian Mia sehari-hari..




buku anak pdf buku tulis anak buku anak gramedia buku anak balita buku anak online buku anak sd rekomendasi buku anak buku cerita anak


 

            Membaca kisah Mia, saya jadi teringat akan masa kecil, di mana hal seperti ini sering kali terjadi. Ibu setelah memasak dan menyelesaikan pekerjaan rumah, mencari anaknya dan memeringatkan untuk lekas makan siang. Demikian halnya mia yang langsung duduk di kursi, untuk menyantap masakan yang dibuat oleh ibu, Aneka makanan tersedia di atas meja. Tetapi ada yang tidak disukai oleh Mia, dan ia jadi cemberut.

 

            Ada masa di mana kita tidak menyukai makanan, tapi ibu menyodorkan makanan tersebut. Ikan yang baru matang, berwarna keemasan, dan terlihat gemuk di atas piring. Ibu mengira Mia akan suka, ternyata kebalikannya. Mia tidak suka makan ikan, karena banyak duri. Bukan karena rasa ikan yang tidak enak.

 

            Ibu tidak kehilangan akal, memberikan solusi bijak dengan menggambarkan suasana di rumah. Bahwa ayah dan kakanya juga makan ikan. Makanya tumbuh pintar, sehat, dan kuat. Meski Mia ragu, ia pun menyantapnya. Dibantu suapan pesawat terbang. Ah ... membaca buku ini jadi pengen balik ke rumah ibu.

 

            Apa yang dirasakan Mia setelah mengunyah? Hm ... apakah Mia akan menelan? Atau sebaliknya? Apa yang dilakukan ibu setelah berusaha meyakinkan Mia bahwa ikan itu enak, dan mengandung banyak protein.

 

           Kerennya lagi buku ini dilengkapi juga pesan dari Bu Dokter. Memberikan catatan untuk orang tua, guru, kakak, pentingnya makan ikan untuk anak. Tip dan trik juga dibeberkan di sini, agar anak mau menikmati ikan dengan dibuat menu yang lainnya. Pun manfaat mengonsumsi ikan.

 

 

 

Hikmah Yang Bisa Dipetik Dalam Buku Anak Mia Dan Ikan Goreng

 

 

  • Anak akan belajar mngenal ikan yang dikonsumsi. Dari segi protein, dan manfaatnya
  • Anak akan belajar menghargai masakan ibu, yang enaknya tidak ada tandingannya
  • Anak akan belajar menyukai hal yang tidak disenanginya, termasuk makan ikan yang awalnya tidak disukai dan masih banyak hikmah yang lainnya.

 

 

            Selamat membaca Buku Anak Mia dan Ikan Goreng, nggak seru kalau saya bocorin endingnya eheheh ... siapa tahu setelah membaca kamu jadi terinspiras untuk menulis juga, atau memberikan hadiah buku ini ke anak, keponakan, saudara, dan lain sebagainya. Tanamkan cinta membaca sejak dini yuk!

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selangkah Lebih Produktif Selama Pandemi

Masa PPKM Darurat tentu tidak mudah untuk sebagian banyak orang. Jadi buat yang masih bisa WFH (work from home) tentunya bisa sangat bersyuk...