Rabu, 20 Januari 2021

Efektifkan Pembelajaran Jarak Jauh Untuk Anak Dengan ASUS VivoBook 14 A416

 

Dalam Pembelajaran jarak jauh (pjj), baik orangtua maupun siswa tentu akan mencari metode pembelajaran yang sesuai agar siswa mampu menyerap pelajaran yang diberikan. Guru maupun orangtua paling tidak bisa mencari bahan mengajar berupa file pdf maupun e-book. Hal ini utuk memberikan akses yang  sama kepada siswa dalam memperoleh pendidikan yang berkualitas selama pandemi yang belum pernah terjadi sebelumnya.




Pada awal pembelajaran jarak jauh, tidak sedikit yang mengalami kesulitan beradaptasi dengan kebiasaan baru. Bahkan untuk mengakses materi pembelajaran pun sulit karena kurang siapnya sarana pendukung seperti ponsel maupun laptop. Beradaptasi dengan kebiasaan baru memang sudah dilakukan secara bertahap. Dana yang tadinya dialokasikan untuk uang saku dan biaya perlengkapan sekolah, sekarang mulai bergeser untuk membeli ponsel ataupun laptop sebagai sarana pendukung. Dengan ditiadakannya kelas tatap muka, pembelajaran pun diganti dengan sekolah daring baik melalui virtual meeting dan sejenisnya.


Dengan pembelajaran jarak jauh, orangtua dituntut untuk lebih kreatif membangun minat belajar anak di rumah. Dalam pembelajaran jarak jauh, anak lebih sering bertemu dengan orangtua dari pada guru. Beberapa hal yang bisa dilakukan orangtua antara lain:


1. Mengetahui Apa yang Disukai Anak

Dengan mengetahui apa yang menjadi minat anak, tentunya orangtua bisa mencari cara pendekatan pembelajaran yang cocok untuk anak. Pendekatannya bisa dilakukan dengan meluangkan waktu bersama anak sehingga tau cara mana yang tepat dan tidak membosankan.


2. Membuat Target

Buat target jangka pendek maupun jangka panjang yang bisa mendorong motivasi belajar anak. Orangtua bisa menetapkan target yang sekiranya bisa diraih, dengan begitu anak tidak tertekan selama masa pembelajaran.


3. Berikan Penghargaan

Memberikan penghargaan kepada anak juga menjadi hal penting karena akan akan merasa apa yang dikalukan tidak sia-sia. Memberikan penghargaan bisa dilakukan dengan hal kecil yang tidak memberatkan dan juga tidak berlebihan.


4. Memberikan Pendampingan

Pembelajaran dari rumah tentu  sangat berbeda dengan pembelajaran di sekolah. Ahak-anak yang biasanya belajar dan berdiskusi dengan teman leat tatap mulka, sekarang lebig sering bertemu dengan oang tua. Sebagai oran tua, tentu perlu mendukung pembelajaran anak dengan mendampinginya. Jika ada yang sekiraya sulit orangtua bisa ikut membantu. Namun realita yang terjadi saat ini, banyak orangtua yang merasa asing dengan pelajaran yang diterima anaknya dengan apa yang dipelajarinya dahulu. Jika tidak bisa memberikan solusi paling tidak orangtua hadir untuk memberikan dukungan kepada anak untuk bertanya kepada teman yang lebih tau melalui aplikasi chating ataupun membantu mencari jawaban di internet.


5. Memakai Bantuan Teknologi

Pjj sangat erat halnya dengan penggunaan gawai. Hampir semua pembelajaran yang diterima anak adalah melalui aplikasi pesan singkat maupun email.  Sehingga penggunaan teknologi seperti smartphone maupun laptop menjadi kebutuhan yang tak terhindarkan. Untuk mendukung kegiatan belajar anak, tentnya orangtua ingin memberikan yang terbaik untuk anaknya. Itulah mengapa perangkat teknologi sudah seperti invertasi untuk membantu pembelajaran anak di masa pandemi seperti sekarang ini.

Tak heran banyan orangtua yang mencari produk berkualiat untuk anaknya agar bisa maksimal dalam kegiataan belajarnya. Pendukung pembelajarang bisa dengan apapun, bisa menggunakan smartphone dengan kualitas bagus ataupun dengan laptop yang masih terjangkau namun tidak ertinggal dari segi teknologi dan fungsi

ASUS VivoBook 14 A416

Jika anda memilih untuk memberikan anak sebuah laptop yang memiliki teknologi tak ketinggalan jaman namun dengan harga yang terjangkau, ada baiknya ada mengenal lebih dekat dengan ASUS VivoBook 14 A416. Produk yang diluncurkan oleh perusahaan asal taiwan ini mememang ditujukan untuk semua kalangan.




Sudah Dibekali Microsoft Office Pre-installed

ASUS VivoBook 14 A416 merupakan laptop paling ringkas di kelasnya. Dengan display layar 14” (16:19) LED Backlit, laptop ini sudah ditenagai dengan prosesor hingga 10th Gen Intel Core, GPU NVIDIA GeForce dan sudah dilengkapi dengan Microsoft Office Pre-Installed. Dengan unsur modern dan bobot 1,5 kg, laptop ini menjadi nilai lebih untuk siswa karena modern dan mudah untuk dibawa.

Dengan bekal Microsoft Office Pre-Installed, pembelajaran jarak jauh jadi lebih efektif. Microsoft Office merpakan aplikasi office terbaik di dunia serta digunakan sebagai aplikasi standar pengolahan data dan dokumen kantor. Bukan hanya di Indonesia, namun sebagian besar institusi dunia juga menggunakan Microsoft Office.

Dari segi biaya tentu lebih hemat karena Orangtua tidak perlu mengeluarkaan biaya tambahan untuk membeli software office. Pada Microsoft Office Home & Student 2019 sudah terdapat 3 aplikasi utama yaitu Word, Excel dan Power Point.


Laptop Gesit Untuk Efektifitas Pengguna

Meskipun laptop ASUS VivoBook 14 A416  merupakan laptop mainstream, dia sudah dibekali dengan serangkaian fitur dan teknologi terkini seperti prosesor Intel Core generasi ke-10 yang ditujukan untuk produktivitas sehari-hari. ASUS VivoBook 14 A416 di varian paling tingginya menggunakan prosesor Intel® Core™ i5 1035G1 dengan konfigurasi 4 core dan 8 thread, serta boost clock hingga 3,6GHz.

Di bagian Chipset, ASUS VivoBook 14 A416 disertai kartu grafis NVIDIA® GeForce® MX330. Dengan adanya NVIDIA® GeForce® MX330 ketika jenuh siswa bisa menggunakan laptop untuk belajar mendesain atau melakukan video editing ataupun belajar edit foto.

Untuk penyimpanan tidak perlu kuatir, ASUS VivoBook 14 A416  sudah dibekali 4 GB DDR4 3200MHz dengan 1 x SO-DIMM socket yang bisa di upgrade hingga 12 GB. Penyimpanan yang diandalkan yaitu 2.5” SATA dan M.2 PCIe. Untuk kebutuhan penyimpanan tidak perlu dikhawatirkan, tergantung konfigurasi yang digunakan, bisa pakai SDD dan HDD ke dalam ASUS VivoBook 14 A416.

Untuk perlindungan penyimpanan, ASUS memberikan perlindungan ekstra untuk HDD pada ASUS VivoBook 14 A416 bernama E.A.R HDD Protection. Dengan teknologi tersebut, HDD akan terlindungi ketika ada getaran dikala perangkat terguncang sehingga HDD terselamatkan.


Dukungan Konektifitas yang Lengkap dan Aman

Utuk dukungan konektifitas, tidak perlu dikhawatirkan dan bisa dibilang lengkap. Yang paling menarik adalah dengan adanya port USB Type-C di ASUS VivoBook 14 A416. Port USB Type C letaknya disebelah kiri yang bersanding dengan DC port, HDMI dan USB 3.2. Sedangkan di sebelah kanan ada USB 2.0, Slot MicroSD dan Audio Combo Jack. Dalam hal koektifitas nirkabel, WiFi 5 (802.11ac) dan Bluetooth 4.1 menjadi dukungan konektifitas ASUS VivoBook 14 A416 yang bisa terhubung dengan berbagai perangkat aksesoris nirkabel.

Beberapa varian di ASUS VivoBook 14 A416 juga sudah dilengkapi dengan fingerprint sensor yaitu Windows Hello. Dengan keamanan biometrik ini, pengguna tidak perlu lagi masuk ke sistem Windows 10 Home mengunakan pasword. Fitur fingerprint sensor inibiasanya terdapat di laptoop kelas premium. Untuk beberapa Varian ASUS VivoBook 14 A416 tentunya menjadi nilai lebih yang patut dipertimbangkan ketika ingin membeli laptop.

Praktis, Ringkas dan Simpel

Dari segi pengalaman penguna, ASUS VivoBook 14 A416 cukup praktis. Dengan dimensi 325.4 x 216 mm dan tebal 19.9 mm, laptop ini sangat ideal ketika dibawa bepergian. Mau menggunakan di meja belajar maupun di halaman sambil bersantai masih oke, mengingat ASUS VivoBook 14 A416 hanya seberat 1,5 kg. Dalam hal penggunaan, laptop ASUS ini sudah menggunakan keyboard full-size yang dilengkapi dengan backlit. Hal ini membuat ASUS VivoBook 14 A416 bisa tetap digunakan meskipun dalam kondisi minim cahaya atau gelap. Keyboard ASUS VivoBook 14 dibuat agar ergonomi dan lebih kokoh dengan key travel sejauh 1,4 mm. 

Body Ringkas yang dimiliki oleh ASUS VivoBook 14 A416 dikarenakan teknologi NanoEdge Display. Teknologi esklusif milik asus ini membuat bagian samping layar bisa dipangkas sedemikian rupa sehingga bezel layar bisa sangat tipis dengan rasio screen-to-body hingga 82%. Selain itu, beberapa varian ASUS VivoBook 14 A416 sudah Full HD.  Dengan hal itu, pengalaman menikmati konten multimedia juga lebih nyaman karena panel Anti-Glare dengan 45% NTSC. Rangka layar dan chasis utama di  ASUS VivoBook 14 A416 terbuat dari bahan logam dengan tujuan untuk memperkuat kostruksi pada body laptop.

   
Prosesor   

Intel® Core™ i5 1035G1 Processor
Intel® Core™ i3 1005G1 Processor
   
Sistem Operasi   
   
Windows 10 Home - ASUS recommends Windows 10 Pro for business.   
   
Memori   
   
4 GB DDR4 3200MHz SDRAM   Onboard memory, 1 x SO-DIMM socket , total up to 12 GB SDRAM   
   
Display   

14.0" (16:9) LED-backlit HD (1366x768) 60Hz Anti-Glare Panel with 45% NTSC
14.0" (16:9) LED-backlit FHD (1920x1080) 60Hz Anti-Glare Panel with 45% NTSC
14.0" (16:9) LED-backlit FHD (1920x1080) 60Hz Anti-Glare Panel with 45% NTSC with wide 178° viewing angles
   
Grafis   
   
NVIDIA®   GeForce® MX330 , with 2GB GDDR5 VRAM (Optional)   
   
Storage   

Hard drive: 1TB 5400 rpm SATA HDD
Solid state drive:
256GB PCIe® Gen3 x2 SSD
Solid state drive:
512GB PCIe® Gen3 x2 SSD
Hybrid Storage:
1TB HDD + 256GB SSD
   
Keyboard   
   
Chiclet   keyboard   
   
Card Reader   
   
Multi-format card reader (MicroSD)   
   
WebCam   
   
VGAWebcam   
   
Networking   

Wi-Fi Integrated Wi-Fi 5 (802.11 ac)
Bluetooth
Bluetooth® 4.1
   
Interface   

1 x COMBO audio jack
1 x Type-C USB 3.2 (Gen 1)
1 x Type-A USB 3.2 (Gen 1)
2 x USB 2.0 port(s)
1 x HDMI
1 x Fingerprint reader (Optional)
   
Audio   

ASUS SonicMaster Technology
   
Baterai   
   
2 -Cell 37   Wh lithium-polymer battery Battery   
   
Adaptor Daya   

Plug type :ΓΈ4 (mm)
Output :
19 V DC, 3.42 A, 65 W
Input :
100 -240 V AC, 50/60 Hz universal
   
Dimensi   

NB:
325.4 x 216 x 19.9 mm (WxDxH)
   
Berat   

NB:
1.5 kg
   
Sekuritas   
   
fTPM   (Firmware-based Trusted Platform Module)   
   
Certificates   

UL, CE Marking Compliance, FCC Compliance,
BSMI, Australia C-TICK / NZ A-Tick Compliance, CCC, GOST-R, CB, Energy Star
   
Jaminan   
   
2 tahun   garansi hardware global. *berbeda di setiap negara   
   
Built-in APPs   

MyASUS
McAfee's free one-year offer
   
MyASUS feature   
   
System Diagnosis
   
Battery Health Charging
   
Splendid
   
Tru2Life
   
Function Key Lock
   
Smart Wifi
   
AppDeals
   
Link to MyASUS


Aplikasi MyASUS

Kelebihan lain yang tidak kalah penting pada ASUS VivoBook 14 A416 adalah dengan adanya aplikasi bawaan yang menjadi pusat kontrol laptop ASUS ini. Dengan adanya MyASUS, pengguna bisa memantau segala status laptop dan melakukan troubleshooting jika diperlukan. Hal ini dikarenakan MyASUS menyediakan  fasilitas agar pengguna dapat memindai sistem laptop, memeriksa dimana masalah yang terjadi dan memperbaiki secara otomatis.

Aplikasi MyASUS bisa terkoneksi dengan smartphone dengan fitur Link to MyASUS. Dengan fitur ini, penguna ASUS VivoBook 14 A416 bisa beraktifitas dengan lebih produktif.

Kesimpulan

Untuk pembelajaran jarak jauh yang saat ini sedang dihadapi oleh siswa dan mahasiswa, teknologi pendukung seperti laptop akan sangat membantu dalam mengerjakan tugas dan kegiatan multimedia yang mendukung pembelajaran jarak jauh. ASUS VivoBook 14 A416 dengan harga mulai 4 jutaan bisa menjadi rekomendasi dengan berbagai kelebihan yang dimiliki. Adanya fitur Office terkini Microsoft Office Home & Student 2019, pelajar akan merasa lebih dimudahkan.


Demikian tips pembelajaran jarak jauh yang mungkin bisa anda terapkan dirumah. Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hindari Tidur Setelah Makan

  Hindari Tidur Setelah Makan - Sebenarnya berapa menit setelah makan boleh tidur, sih? Apakah ada jarak yang bisa menjadi parameternya? ...