Senin, 25 Januari 2021

10 Tips Memilih Domain

 

Ketika seseorang ingin membuka bisnis atau berjualan di Internet, ada kalakya membutuhkan website untuk membangun image. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan sebelum membuat website. Dari segi tampilan, hosting hingga nama domain untuk situs anda. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai mana yang cocok yang bisa digunakan.

 


Memilih nama domain juga menentukan nama bisnis yang kelak akan anda gunakan. Dengan nama domain yang mudah dipahami calon pelanggan, hal ini akan memudahkan bisnis kita dikenal. Pastikan nama domain yang kamu pilih sesuai dengan identitas bisnis yang ingin kamu bangun.

 

Berikut ini adalah tips yang bisa Anda gunakan untuk memilih nama domain:

 

1. Pilih domain yang mudah diingat dan menarik

 

Memilih nama yang tepat untuk domain sangatlah penting, karena nama ini nantinya juga akan sering anda gunakan sebagai branding anda maupun nama bisnis yang anda gunakan untuk promosi. Pemilihan nama domain baiknya tiga dua atau tiga suku kata, unik dan muda diingat.

 

Contoh domain misalnya twitter.com, facebook.com, cahdeso.com. Penggunaan nama domain yang singkat juga akan menghemat tempat ketika anda menuliskannya di twitter, porfolio maupun kartu nama. Namun begitu tidak ada larangan jika anda ingin menggunakan nama domain lebih dari tiga kata.

 

2. Pastikan bahwa nama domain anda mudah diketik

 

Nama domain yang mudah diketik akan menjadi nilai lebih untuk anda. Mengapa? Pernahkan anda mencoba mengetik atau menuliskannya di kertas, nama domain yang ada di benak anda. Hal ini penting. Bayangkan anda sedang bertemu orang di tempat kondangan atau ditempat makan yang tidak sengaja mereka menanyakan pekerjaan ataupun bisnis Anda.

 

Dengan nama domain yang mudah diketik, seseorang akan mudah menuliskannya hanya dengan mendengar apa yang anda katakan. Misalnya nama domain anda sekarang adalah goolabatoo.com, Dengan pengucapan anda bisa jadi orang tersebut salah tulis. Maka gunakanlah kata yang mudah dipahami oleh orang lain.

 

Untuk pemilihan nama domain, hindari penggunaan tanda hubung, ejaan yang tidak baku dan penggunaan angka. karena antara "9" dan "sembilan" pengucapannya sma namun diketik berbeda.

 
3. Jika memungkinkan, selipkan kata kunci

 

Kata kunci yang berkaitan dengan produk anda akan sangat membantu produk anda ditemukan oleh orang lain. Jika produk anda Laundry misalnya, makan penggunaan domain momylaundry bisa lebih mudah untuk dipahamI.

Dengan keyword yang tepat bisa membuat bisnis anda berada pada pencarian di Google.

 

4. Gunakan Nama Brand

Dalam kegiatan berbisnis, Nama brand tentunya ikut menentukan. Dengan brand, produk anda akan lebih percaya di mata konsumen. Banyak perusahaan besar yang menggunakan nama merk sebagai nama domain. 

 

Kelebihan nama brand sebagai domain antara lain ebih melekat di pikiran pembaca. banyak orang yang menggunakan nama brand sebagai nama domain agar ketika diucapkan orang seketika akan teringat dengan brand tersebut.

 

5. Pilih nama yang penggunaannya akan relevan dimasa mendatang.

 

Jika anda saat ini memiliki usaha konveksi baju dan kedepannya ingin memiliki butik atau memproduksi souvenir, maka gunakanlah nama domain yang ketika digunakan untuk memasarkan produk terbaru masih tetap relevan.

 

Dengan menggunakan satu domain, anda tidak perlu susah paya membangun image untuk domain baru anda. Cukup menggunakan domain yang anda miliki saat ini untuk mendukung penguatan identitas brand.

 

6. Gunakan ekstensi yang sesuai

huruf yang berada setelah domain dinamakan ekstensi. Antara lain seperti .com, .org, .co.id, .net dan lain sebagainya.

Untuk domain komersial , penggunaan .com masih menjadi nomor satu. ekstensi ini bisa dibilang lebih global.marenanya tidak sedikit yang kesulitan untuk mendapatkan domain .com. Karena peminat domainnya bukan hanya di indonesia, namun hampir di seluruh dunia.

 

7. Segera beli domain yang kamu ingnkan

Kenapa haru segera membelinya. Kebituhan domain di era sekarang ini cukup tinggi. dengan keadaan yang kompleks, bisa saja domain yang kamu cari sekarang ini akan dicari butuhkan oleh orang lain di kemudian hari.

ketika kamu sudah mantap dengan domain yang kamu inginkan, kamu bisa segera membelinya. Untuk lilihan domain, kamu bisa membelinya di Domainesia.com atau Qwords.com. Di Domainesia kamu bisa registrasi terlebih dahulu dan memilih domain mana yang kamu inginkan. Pilih jangka waktu pembelian dan selesaikan pembayaran dengan berbagai metode pembayaran yang disediakan.

 

8. Pastikan domain belum digunakan oleh pihak lain

 

Ketika hendak memilih domain, pastikan nama domain belum digunakan oleh pihak lain sebagai brand. Karena jika brand sudah dimiliki oleh orang lain atau perusahaan, bisa jadi nama tersebut sudah terdaftar hak ciptanya, sehingga bisa menimbulkan masalah dikemudian hari.


 



di Domainesia anda akan diberitahukan domain mana saja yang tersedia ketika anda mengetikan pencarian domain di menu domain. selain rekomendasi domain, tertera juga berapa harga domain dengan ekstensi yang ada. kamu bisa memilih berapa lama anda ingin mendaftar. Untuk Qwords sendiri, kamu juga bisa memilih layanan hosting yang tentunya menarik. Layanan pelanggannya bisa kamu akses langsung dari lama web mereka.

 

9. Beli beberapa ekstensi dari satu nama domain

 

Hal ini tergantung kepada angggaran dan tergantung dari urgensinya domain yang ngin anda gunakan. Jika untuk sebuah perusahaan, ada baiknya beli beberapa ekstensi sekaligus untuk menghindari orang yang ingin berbuat jahat dengan memanfaatkan domain tersebut.

 

10. Beli domain sekaligus hosting

banyak yang bilang kalau punya domain baiknya juga sekalian memakai hosting. kalau dari perumpamaan, saat domain adalah alamat rumah, maka hosting adalah rumahnya. hosting merupakan layanan untuk menyimpan semua data file dan gambar yang ada dalam website kita. Layanan ini juga yang memastikan apakah website kita bisa diakses melalui internet.


 



Harga hosting yang ditawarkan Domainesia cukup menarik,  Jika beruntung kamu akan mendapatkan penawaran diskon hingga berbagai paket bundling yang ditawarkan. Untuk pemilihan hosting juga banyak pilihan, tinggal disesuaikan dengan kebutuhan kamu. Jadi tunggu apa lagi, yuk segera daftarkan domain kamu untuk branding maupun menjangkau pasar yang lebih luas lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

5 Tempat Wisata Pekalongan yang Harus Dikunjungi

5 Tempat Wisata Pekalongan yang Harus Dikunjungi - Sudah pernahkah kamu berkunjung ke Kota Pekalongan? Pekalongan berada di Provinsi Jawa T...