Sabtu, 13 Februari 2021

Hindari Tidur Setelah Makan

 

Hindari Tidur Setelah Makan - Sebenarnya berapa menit setelah makan boleh tidur, sih? Apakah ada jarak yang bisa menjadi parameternya? Seringkali kita melakukan kebiasaan buruk, tanpa disadari. Ialah tidur setelah makan kenyang, tanpa memberikan jeda kita melakukan aktifitas. Hal demikian ternyata tidak baik untuk tubuh.







 

Mengapa habis makan langsung tidur tidak boleh? Hal ini karena ketika kita membaringkan badan dan terlelap isi lambung akan berbalik arah kembali ke kerongkongan.

 

Disinyalir dari Very Well Health, setelah mengonsumsi makanan ringan maupun makan malam beri jeda dua sampai tiga jam untuk pergi tidur. Karena makanan butuh untuk dicerna oleh lambung, baru berpindah ke susu halus.

 

 

 
Tidur Setelah Makan Menurut Islam

 

 

            Jangka waktu tidur setelah makan, sebaiknya 2-3 jam menunggu. Dipungkiri atau tidak, banyak yang tergoda untuk langsung tidur setelah makan. Kebiasaan ini juga setiap hari masih sering Emak lakukan, padahal ya berbahaya. Namanya orang tua kalau dikasih tahu anak, kadang mau kadang tidak ehehe ... makanya harus sabar banget untuk mengubah kebiasaan tersebut.

 

Menurut buku 100 Resep Sehat Ala Nabi, Rosulullah menganjurkan kita untuk rilek dahulu. Santai-santai, duduk sambil berdzikir atau shalat dulu sebelum akhirnya merebahjkan diri.

 

Diriwayatkan oleh Aisyah ra, bahwa Rosulullah bersabda, "Cairkan makanan kalian dengan berzikir kepada Allah yang Mahatinggi dan shalat, serta janganlah kalian tidur setelah makan, karena dapt membuat hati kalian menjadi keras." (HR. Abu Naim). Lantas adakah bahaya setelah makan langsung berbaring?

 

 

Habis Makan Langsung Tidur Menyebabkan?

 







 

Penyakit Asam Lambung (GERD)

 

Makan saat lapar memang lebih baik, tapi setelah kenyang lantas tidur adalah hal yang tidak disarankan. Saat kita tidur, makanan yang sudah kita cerna ke perut, bisa naik. Hal ini menyebabkan asam lambung naik. Dikutip dari Livestrong kondisi ini dinamakan GERD (gastroesophageal reflux disease). Kondisi ini akan membuat tengah dada dan di tulang belakang, berasa terbakar. Maka hindari untuk tidur setelah makan, berikan jeda sejanak.

 

Penyakit Stroke

 

Menurut penelitian Univesity of loannina Medical School di Yunani mengungkapkan bahwa orang yang makan tepat sebelum tidur dapat meningkatkan risiko terkena penyakit stroke. Maka jika tidak ingin mengalami hal demikian, sebaiknya hindari untuk tidur dahulu.

 

Bermimpi Buruk

 

Buru-buru setelah makan lantas tidur, bisa menyebabkan seseorang mengalami mimpi buruk lho! Hal ini dikutip dari laman Sleep. Karena otak jadi lebih aktif inilah yang berisiko menimbulkan hadirnya mimpi buruk.

 

 

Kalau sudah tahu akan berdampak tidak baik, maka sebaiknya hindari tidur setelah makan ya, teman-teman. Semoga informasi ini dapat bermanfaat, salam.

5 komentar:

  1. iya itulah dia kalau kita makan terlalu banyak kadang suka ngantuk makanya kadang aku suka membatasi juga makan nggak terlalu banyak Kak biar nggak tidur setelah makan

    BalasHapus
  2. Iya banget nih, banyak orang yg abis makan pasti tidur, padahal ternyata banyak penyakit yg menghantui kalo kebiasaan itu selalu ada. Semoga kita bisa lebih mengatur jadwal makan & tidur dengan baik

    BalasHapus
  3. Ternyata bukan hanya karna nasehat orang tua, memang bener banget bisa timbulkan penyakit, emang tergoda banget kalau habis makan selalu merasa ngantuk.

    BalasHapus
  4. Pas baca haditsnya saya sempat kepikiran tentang hati yang keras. Apa mungkin jatuhnya ke penyakit liver juga ya. Duh saya masih sering nih lakuin ini, apalagi klo malem2 laper pas abis ngeblog

    BalasHapus
  5. Wah aku taunya cuma kalau habis makan langsung tidur itu bisa bikin gemuk eh ternyata bisa bikin banyak penyakit datang ya.

    BalasHapus

Hindari Tidur Setelah Makan

  Hindari Tidur Setelah Makan - Sebenarnya berapa menit setelah makan boleh tidur, sih? Apakah ada jarak yang bisa menjadi parameternya? ...