Minggu, 07 Februari 2021

Makan Saat Lapar Resep Sehat dari Rasulullah

 

Makan Saat Lapar Resep Sehat dari Rasulullah - Rasa lapar yang kita rasakan, adalah pertanda jika kita harus makan. Makan mempunyai tujuan pemenuhuan kebutuhan tubuh, dan membuat tubuh jadi lebih berenergi. Kalau nggak makan, tubuh akan menjadi lemas bahkan gemetar.




reaksi tubuh saat lapar saat lapar tubuh membakar lemak apa yang terjadi saat perut lapar manfaat menahan lapar lapar itu baik
Design by canva edited by blogger




 

Pernah membedakan tidak teman-teman? Makan saat lapar, dan belum lapar? Kalau saya sendiri seringnya lebih milih makan, ketika merasakan lapar. Soalnya makanan terasa jadi makin nikmat, meski pun itu bukan makanan favorit kita. Ngerasa enak aja gitu, berbeda saat kita belum lapar.

 

 

Lapar Itu Baik Pada Masa Rasulullah

 

 

 

Alkisah di masa Rasulillah, ada seorang tabib yang dikirim dari Mesir ke Madinah untuk bertugas. Berada di Madinah beberapa bulan dan tidak ada orang sakit, membuat tabib kembali lagi ke Mesir di mana orang banyak membutuhkannya.

 

Karena penasaran, tabib ini berpamitan kepada Rosulullah dan bertanya apa yang sebenarnya terjadi. Mengapa semua umat Rosulullah selalu sehat? Apa yang Rosulullah jawab?

 

"Kami adalah umat yang tidak makan sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang."

 

Rosulullah dan para sahabat ternyata sering kali menahan lapar, karena tidak ada makanan. Jika ada makanan, mereka pun tidak makan terlalu banyak karena harus berbagi. Justru hal demikian itu menyehatkan.

 

Ilmuan di Cornell University, sudah membuktikam bahwa ketika orang makan saat tidak lapar kadar gula darahnya justru meningkat lebih dibandingkan dengan mereka yang menunggu dan makan saat lapar.

 


reaksi tubuh saat lapar saat lapar tubuh membakar lemak apa yang terjadi saat perut lapar manfaat menahan lapar lapar itu baik
Design by canva edited by blogger




 

Makan dan Minumlah, dan Jangan Berlebih-lebihan

 

 

Allah juga berpesan, dalam Al-Quran, ada surat Al-A'raf: 31, "Makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan.” (QS. Al-A’raf: 31)

 

Ini sering kali saya buktikan, ketika kebanyakan makan membuat kita jadi malas dan justru gampang mengantuk. Akhirnya kita banyak kehilangan waktu, dan pekerjaan lainnya jadi terhambat.

 

Sementara dari teori medis sendiri, dibenarkan oleh Dr. dr. Sagiran, Sp.B, M.Kes, yang merupakan Tim Dokter Bedah RSU PKU Muh Yogyakarta dan Pemilik RS Nur Hidayah Bantul, "Kebutuhan nutrisi makanan tidak boleh kurang juga tidak boleh lebih," begitu tutur beliau dalam Talkshow Tips Sehat Ala Rosulullah dari chanel Madanitv.net.

 

Kekurangan nutrisi juga bisa dikatakan dengan gizi buruk, karena bisa membahayakan tubuh. Kelebihan nutrisi, juga membuat seseorang mudah terkena penyakit, seperti diabet, jantung, dan lain sebagainya. Jadi pilih yang secukupnya. Berhenti ketika merasa akan kenyang, dan makan ketika mulai lapar.

 

 

Sumber pendukung artikel

 

Buku Resep Sheat Cara Nabi, Abdillah F. Hasan

https://www.voa-islam.com/read/health/2017/08/02/52372/sehat-ala-nabi-makan-saat-lapar-berhenti-sebelum-kenyang/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hari Pertama Masuk Rumah Sakit

Hari Pertama Masuk Rumah Sakit - Fungsi rumah sakit adalah institusi pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan secara...