Senin, 25 Oktober 2021

Manfaat Senam Untuk Lansia

Olahraga sekarang ini sudah menjadi kebutuhan baik tua maupun muda. Namun seiring bertambahnya usia beberapa keluhan pada tubuh bisa saja terjadi. Maka dari itu, olahraga sedianya perlu dilakukan untuk menjaga badan tetap fit dan mencegah penyakit datang.


Manfaat Senam Untuk Lansia



Senam merupakan serangkaian gererakan yang teratur, terarah, dan bisa dilakukan sendir maupun kelompok. Banyak manfaat dari senam, salah satunya adalah meningkatkan kemampuan fisik bagi yang menerapkan.


Dulu saya masih ingat waktu SD sering diwajibkan sennam seminggu sekali di pagi hari sebelum masuk pelajaran, dan pada senam itu banyak banget lho manfaatnya, apa lagi jika dilakkan dengan rutin dan jangka panjang. Dengan   senam, peredaran darah, pernapasan dan jantung jadi terpacu.

 

Senam Untuk Lansia


Senam dilakukan dengan rutin kurang lebih 30 menit. Namu begitu, tentu bisa disesuaikan dengan kapasitan masing-masing orang. Olahraga untuk lansia tentu berbeda dengan olahraga orang dewasa pada umumnya. Beberapa manfaat dari senam lansia antara lain :

  • Menyeimbangkan tubuh
  • Meningkatkan kekuatan
  • Membangkitkan mood dan mencegah depresi
  • Membangkitkan energi
  • Mencegah maupun menunda penyakit seperti pada umumnya seperti osteoporosis, Jantung atau diabetes
  • Meningkatkan fungsi kopgnitif atau cara kerja otak

 

Bila senam sering kali dilakukan dengan enerjik, senam untuk lansia bisa dilakukan dengan gerakan kecil namun konsisten. Derakan bisa dilakukan dengan teratur dari peregangan atas hingga ke bawah. beberapa gerakan ini mungkin bisa dilakuan sebagai referensi.

 

Mengangkat tangan

 

Manfaat Senam Untuk Lansia


Untuk menjaga keseimbangan tubuh, lansia bisa melakukan gerakan dengan mengangkat tangan. Cara ini bisa retbilsng mudah. Bisa dilakukan dengan cara kaki direntangkan selebar bahu. Tidak ada salahnya jika ingin memberikan beban kecil pada tangan. Beban bisa menggunakan barbel ringan atau botol air minum pada tangan kiri dan kanan

 

Angkat kaki kebelakang

 

Gerakan lain yang bisa dilakukan adalah dengan gerakan mengangkat satu kaki ke belakang. Untuk melatih keseimbangan bisa dimulai dengan berpegangan pada meja atau sandaran kursi. Atur napas dengan tarik napas perlahan, hembuskan sambil mengangkat salah satu tungkai ke belakangtanpa menekuk lutut. posisi ini bisa ditahan selama tiga detik. jika sudah, turunkan tungkai sambil menarik napas kembali. Mungkin ini  cukup sulit untuk sebagian orang, jadi jangan dipaksakan. Bisa dilakukan dengan perlah dan bertahap. Setidaknya ulangi gerakan ini 10 hingga 15 kali untuk melatik kekuatan tungkai dan kaki.

 

Berdiri dengan satu kaki

 

Gerakan senam ini sebaiknya dilakukan bergantian kiri dan kanan agar dapat melatih keseimbangan tubuh. Cararnya bisa dilakukan dengan berdiri pada satu kaki dan merentangkan tangan ke depan serta angkan kaki hingga lutut sejajar dengan punggul. Latihan sederhana ini bisa mambantu tubuh mengeluarkan keringat sehingga badaan bisa kembali fit.

Berjalan rapat

Gerakan selanjutnya yang bisa dilakukan adalah denga berjalan rapat. caranya cukup dengan berdiri tegak dan lakukan langkah perjalanan rapat. Posisikan agar tumit kaki kanan berada tepat dan menyentuh ujung jari kaki kiri dan lakukan sebaliknya. lakukan gerakan berulang hingga 5 langkah. Latihan ini juga bisa melatih keseimbangan pada lansia.

 

Meregangkan pergelangan kaki

 

Ambil posisi duduk di kursi kemudian mengambil gerakan dengan meregangkan salah satu kaki ke depantanpa menyentuh lantai. Arahkan ujung jari ke arah depan agar menjauhi tubuh. tahan gerakan selama 10 hingga 30 detik. Kemudian tarik ujung jari tan tahan selama 10 hingga 30 detik. Gerakan ini bisa dilakukan 5 kali. Manfaatnya bisa meningkatkan fleksibilitas pergelangan kki dan melancarkan aliran darah  pada bagian tubuh bawah.

 

Selain menjaga kebugaran tubuh dengan senam, mengonsumsi makanan bergizi juga diperlukan agar kesegatan tetap terjaga. Bisa dengan memilih makanan yang mudah di telan, tidak menimbulkan masalah pada pencernaan, dan membarasi makanan mengandung gula serta mengurangi asupan makanan yang mengandung garam.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

5 Tempat Wisata Pekalongan yang Harus Dikunjungi

5 Tempat Wisata Pekalongan yang Harus Dikunjungi - Sudah pernahkah kamu berkunjung ke Kota Pekalongan? Pekalongan berada di Provinsi Jawa T...