Minggu, 17 Oktober 2021

Memanfaatkan Kekuatan Sosial Media di Masa Pandemi

 

MemanfaatkanKekuatan Sosial Media di Masa Pandemi - Sosial media memang menjadi senjata ampuh di masa pademi ini, baik ntuk pemasaran produk maupun branding diri sendiri.  Tiak dapat dipungkiri jika kekuatan sosial media di masa pandemi ini sedang cantik-cantiknya. Dengan adanya pembatasan kegiatan dan kesadaran diri untuk menghindari kerumunan, akhirya sosial media menjadi salah satu yang paling dipilih oleh sebagian besar masyarakat untuk berinteraksi satu sama lain.

 



Untuk orang yang sudah biasa berkecimpung di dunia digital maupun yang memeiliki jaringan pertemanan secara virtual, tentu sosial media bukan hal yang baru. Bahkan bisa jadi dari mulai membuka mata di pagi hari hingga jelang istirahat malam informasi yang kita dapatkan haya melalui gawai. Kalau ada pertanyaan berapa kira-kira prosentase kamu memegang handphone dalam 24 jam kemarin, akan kamu jawab berapa persen?

 

Saya akui intensitas menggunakan gawai pada diri saya sendiri memang meningkat. Karena mau tidak mau banyak pekerjaan yang sekarang dialihkan secara daring. Pandemi memang merubah banyak gaya hidup sebagian besar masyarakat hampir di seluruh dunia. Yang tadinya sering ke pasar, sekarang lebih banyak jualan online, yang tadinya sibuk menyiapkan diri untuk mendatangi seminar sekarang bisa dilakukan di rumah dengan menggunakan layanan video conference.

 

Dengan perubahan tersebut, sudah saatnya kita juga memanfaatkan media sosial untuk membangun kekuatan, entah itu jualan, branding diri maupun meningkatkan kemampuan diri dalam era digital ini.

 

Lapangan Pekerjaan Digital di Masa Pandemi

 

Ada beberapa macam pekerjaan yang bia kamu geluti di masa pandemi ini, Ada beberapa pekerjaan yang sebelumnya bahkan belum dibutuhkan namun selama pandemi ini banyak digeluti banyak orang.

 

Konten Kreator hingga Digital Marketing

Konten kreator ibarat ujung tombak dalam bisnis di era digital ini, berbagai usaha dilakukan untuk memikat hati pemirsanya. Sangking banyaknya konten, sekarang ini banyak ide ide kreatif yang muncul dari para konten kreator dalam menarik perhatian pengguna media sosial. Makanya tidak sedikit para konten kreator yang mendapatkan penghasilan dari endorse maupun paid promote. Dengan pengalamanya berkecimpung di dunia digital, pekerjaan sebagai Digital Merketing juga menjadi berarti untuk mempromosikan barang maupun jasa dari klien. Jika kita masih belajar tentang ide konten, kita bisa menggali beberapa materi di sosial media maupun akun-akun populer seperti Indo Zone

 

Pedagang Online

Mau tidak mau selama pandemi ini para pedagang yang tadinya jualan di pasar harus memutar otak agar jualannya ini bisa lau sehingga modal bisa berputar. Bidang usaha yang banyak muncul adalah Dropshiper, yang mana kita tidak harus punya barang sendiri namun bisa berjualan dengan menjajakan produk orang lain melalui media sosial atau marketplcace dengan menjalin kerja sama ke pemilik porduk.

Freelance

Pekerja lepas di masa panemi ini bisa dibilang masih banyak dicari. Banyak pengusaha yang mencari pekerja  lepas untuk menangani akun sosial media mereka atau sekedar menjadi cs di toko online yang mereka bangun. Dengan adanya pandemi Covid-19 tentu aktifitas berkumpul maupun bertemu jadi berkurang. Maka dari itu pekerja lepas yang memiliki pengalaman sering kali menjadi pilihan para pebisnis untuk membantu menangani bisnis mereka. Pekerjaan ini biasanya dibayar sesuai dengan apa yang dikerjakan. Uniknya, pekerja lepas di era digital ini tidak hanya melayani klien lokal saja, ada yang luar kota bahkan hingga manca negara.

 

Social Media Spesialist

Bidang pekerjaan ini bisa dibilang sangat baru. Sejak pandemi, banyak pebisnis dan pengusaha yang pivot ke transaksi digital, dan di dunia yang baru ini tentunya mereka butuh masukan ataupun ide-ide untuk bisnisnya. Orang-orang khusus ini yang dicari untuk konsultasi atau mengelola akun media sosialnya.

 

Menggali ide Dari Dunia Digital

 

Dalam beradaptasi di dunia digital kita perlu memahami konten. Konten menjadi bahan bakar utama untuk merpacu di dunia digital. Tak jarang kita kehabisan ide untuk membuat konten yang menarik dan up to date. Melek dunia digital sangat perlu, terutama kita sebagai konten kreator. Bebrapa hal berikut ini biasanya dilakukan oleh konten kreator dalam menggali ide.

 

Membaca situasi dari usaha sejenis

Saat mentok ide, kita bisa membaca di beberapa webite riset, dari situ kkit abisa menggali ide apa yang sekitanya cocok untuk saat ini dan apa tren yang sering dibahas pada bisang bisnis kita.

 

Riset Hastag

Sering kali pengguna sosial media menyertakan hastag pada postingan mereka, kita bisa riset hastag yang kita sering gunakan. Disitu kita bisa mencari tau konten seperti apa yang sedang naik, kali kita analisa apakah konten tersebut cocok untuk sosial media yang kita jalankan. Kita juga bisa mengamati apa yang sedang booming saat ini dari akun-akun berita maupun informasi. Sekarang ini banyak akun yang menyediakan informasi up to date di banyak platform. Kalau di Instagram saya bisasanya mencari berita terupdate sperti di Indo Zone. Ada banyak informasi yang dimuat di sana, mulai dari games, kuilner, kecantikan, traveling, musik, hingga otomotif. #KAMUHARUSTAU informasi terbaru untuk bahan materi membuat konten.

 

Berkolaborasi

Tidak ada salahnya berdiskusi dengan sesama konten kreator untuk nediskusi. Banyak platform diskusi yang dibuat para konten kreator untuk berbagi ide, kita bisa bergabung dan berbagi pengalaman satu sama lain. Dari kolaborasi tersebut terkadang ada saja hal-hal baru yang kita tidak tau sebelumnya. Itulah manfaat dari menjalin hubungan dengan sesama. Selain dari sesama konten kreator, kita juga bisa mencari tau hal apa yang sedang boming saat ini. 

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

5 Tempat Wisata Pekalongan yang Harus Dikunjungi

5 Tempat Wisata Pekalongan yang Harus Dikunjungi - Sudah pernahkah kamu berkunjung ke Kota Pekalongan? Pekalongan berada di Provinsi Jawa T...