Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mencari Tau Apa yang Penting Dalam Menjadi Blogger

Mencari Tau Apa yang Penting Dalam Menjadi Blogger  - Tidak terbayangkan sebelumnya untuk menjadi blogger. Sampai suatu ketika saya diminta untuk membuat laporan kegiatan komunitas di forum komunitas online. Dari berkegiatan di komunitas saya diajarkan banyak hal. Bagaimana membuat judul, isi dan penutup yang baik. Semangat membuat laporan kegiatan semakin bertambah karena akan mendapatkan poin dalam forum. Dulu, poin bisa ditukar dengan merchandise untuk komunitas regional maupun pribadi. Namun belakangan baru terasa efek negatifnya yang awalnya banyak tulisan berkualitas menjadi terisi dengan tulisan yang lebih terkesan spam.




Setelah menikah dan tidak begitu aktif di forum, saya mulai belajar blog lebih serius. Ternyata ngeblog tidak sekadarnya seperti menulis laporan kegiatan komunitas. Kalau dulu tulisan yang saya buat hanya untuk pembaca di komunitas, Blog memiliki pembaca yang lebih luas lagi. Alhamdulillah saya ikut tergabung dalam komunitas BloggerCrony yang tidak hanya sharing mengenai blogging namun juga hal-hal di luar tulis menulis seperti halnya BloggerPreneur.


Bloggerday 2023


Tahun ini kemeriahan bloggerday berbeda, Yang biasnya hanya 1 event saja offline atau online, kali ini ada offline dan online. Tema bloggerday kali ini mengenai “SKill Setup” untuk meningkatkan skill para blogger. Kegiatan ini didukung oleh Cera production, kausamesta dan ACT Words Riset Tebet.


Karena saya jauh dari Bandung, saya cukupkan untuk mengikuti kegiatan virtual ulang tahun blogger day Sesi 1. Kegiatan di pimpin oleh co founder bloggercrony community kak Anessa Nisa. Kegiatan dimulai dengan doa menurut keyakinan masing-masing.


Bloggerday dilaksanakan 3 kali. 1 sesi onlne, 2 dan 3 ada sesi offline yang mana Puncak acaranya nanti akan diadakan di Halimun Camp pekan depannya. Dalam kegiatan Hybrid Blogerday ada 100 peserta online dan 100 peserta offline.


Struktur Kepanitiaan:


  • Bowo Susilo sebagai Ketua
  • Fawas sebagai Sekretaris
  • Sato PIC dan Operator
  • Suci PIC hadiah dan Souvenir
  • Akbar PIC Desain
  • Melati PIC Editor
  • Wawa PIC Partnership
  • Yani PIC Peserta
  • Anessa Bendahara
  • Yayat PIC Lomba Blog
  • Zea MC
  • Bima PIC Desainer




Terima kasih buat para panitia yang sudah merencanakan acara ini dari 5 bulan yang lalu. Sewaktu saya mendapat kabar kalau acara Blogger Day akan diadakan secara Hybrid saya senang sekali, meski tidak bisa hadir di acara offline karena suatu hal namun alhamdulillah bisa ikut berpartisipasi di acara online kali ini.


Pada sesi sharing blogger, ada Uwan dan mba Tanti yang keduanya menekuni usaha dan bakat di bidang seni. Dari senang corat-coret dan menggambar akhirnya menuntun mereka untuk menekuni dan menjadikannya sebagai ladang usaha disamping kesibukannya di dunia blogger. Cerita mereka berdua menginspirasi saya untuk membuka usaha yang lebih serius terkait dengan hobi yang saya miliki.


Most Wanted Blog Word tahun ini adalah kak Helena Safitri. Pemilik blog helenamantra.com ini memenangkan penghargaan karena sudah menjadi anggota bloggercony yang paling rajin nulis, suka ikut #BWTuesday dan suka membagikan tulisannya di FB Blogercrony. Setelah dikurasi oleh tim BCC akhirnya terpilihlah kak Helena Safitri. Selamat buat kak Helena yang sudah memenangkan penghargaan tersebut. 


Bang Awai berbagi ilmu mengenai penulisan kreatif


Kegiatan Bloggerday Online kali ini mengundang pemateri sekaligus mentor BCC yaitu bang Awai yang merupakan Mentor dan Pengawas komunitas Bloggercrony. Skill Setup. Menjadi tema dalam Bloggerday 2023. Bagaimana sih agar Blogger tidak hanya memiliki pengetahuan saja namun juga memiliki potensi yang bisa berkembang sehingga menjadi nilai lebih para blogger. Blogger membutuhkan yang namanya reflek kreatif. Bang Awai menjelaskan kalau Reflek kreatif itu bisa dilatih. Reflek kreatif muncul karena sikap kreatif kita. Penulisan kreatif harus ditopang dengan sikap kreatif. Knowledge, Skill dan Atitude



Tulisan yang baik


Artikel yang bagus membutuhkan 3 hal yang penting Bagaimana membuat judul yang membuat publik menoleh. pembuka yang membuat pembaca mau masuk, dan Bagaimana membuat penutup yang membuat orang jadi terkesan. Ketiga pengetahuan itu perlu dilatih dengan sering agar keterampilan bisa muncul. Pada dasarnya, manusia sudah memiliki ketiganya namun tidak disadari dengan betul sehingga perlu diasah lagi agar ketiganya bisa mendukung produktifitas kita.


Skill Setup 


Skill Setup yang perlu dimiliki oleh blogger harus diasah dari kegelisahan dalam penulisan. Hal apa yang tidak kita miliki maka kita bisa mencari informasi dan belajar untuk meningkatkannya. Bagaimana kita memilih sikap saat wawancara. Kalau kita kritis pada keterampilan yang belum kita miliki maka kita bisa berusaha untuk meningkatkanya dengan mencari sumber pembelajaran yang tepat.


Bagaimana cara riset artikel, bagaimana pemilihan bahasa yang bagus sehingga diminati oleh pembaca dan lain sebagainya. Kalau kita kritis pada diri sendiri dan mau terus belajar Insya Allah akan memberikan perkembangan yang baik. Kalau dalam wawancara misalnya, bagaimana membuat narasumber nyaman sehingga mau merespon pertanyaan kita dengan baik juga perlu belajar dan diasah dengan baik.


Jangan terlalu keras pada diri sendiri


Namun dari semua itu hal panjang lebar di atas, yang tidak kalah penting adalah Jangan terlalu keras pada diri sendiri. Pelajari saja satu-satu mungkin bisa dengan atur jangka waktu. Misal satu bulan untuk masing-masing keterampilan. Pelan tidak apa apa yang penting bisa terus berkembang. Dengan rajin belajar dan konsisten dengan yang kita jalani akan menghasilkan perubahan positif pada diri kita.


Kita sebagai blogger perlu untuk beradaptasi dengan perkembangan jaman. Dengan begitu kita bisa bersiap untuk menghadapi tantangan yang ada. Saya bersyukur sekali bisa mengikuti kegiatan blogger day tahun ini karena banyak ilmu yang bisa saya ambil dan terapkan mulai hari ini. Terima kasih untuk bloggercrony yang sudah mengadakan acara blogger day 2023. Semoga seluruh tim dan anggota Bloggercrony bisa skill setup menjadi lebih baik.



Posting Komentar untuk "Mencari Tau Apa yang Penting Dalam Menjadi Blogger "