Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gapai Mimpi ke Tanah Suci dengan Tabungan Haji


Gapai Mimpi ke Tanah Suci dengan Tabungan Haji - Bagi orang Islam, haji merupakan rukun Islam nomor lima. sangat dianjurkan bagi umat muslim yang mampu. Dalam artian mampu secara finansial dan fisik. Karena biaya untuk naik haji memang tidak sedikit, dan aktivitas yang dilakukan juga membutuhkan fisik yang kuat.


tabungan haji bri tabungan haji bsi tabungan haji yang bagus tabungan haji syariah

 

Anjuran untuk melaksanakan ibadah haji ini tertulis dalam surat Al-Imran ayat 97, "Di sana terdapat tanda-tanda yang jelas, (di antaranya) maqam Ibrahim. Barangsiapa memasukinya (Baitullah) amanlah dia. Dan (di antara) kewajiban manusia terhadap Allah adalah melaksanakan ibadah haji ke Baitullah, yaitu bagi orang-orang yang mampu mengadakan perjalanan ke sana. Barangsiapa mengingkari (kewajiban) haji, maka ketahuilah bahwa Allah Mahakaya (tidak memerlukan sesuatu) dari seluruh alam."

 

Buat yang nggak mampu tapi ingin naik haji, tetap boleh dong! Wong sekarang banyak sekali cara untuk menggapai impian tapi ... harus dilakukan dengan penuh ketekunan. Bukan asal kepengen-kepengenan aja. Terutama niat, harus benar-benar ditanamkan dan awali dengan Bismillah.

 

Di tahun 2023 ini, pemerintah sudah menetapkan biaya untuk naik haji lho, senilai Rp49,8 ongkosnya untuk pemberangkatan reguler. Jadi kalau nggak punya duit sebanyak itu, kan bisa disiasati dengan cara menabung khusus untuk simpanan naik haji. Kalau tiap bulan nyicil kan jadi ringan, nggak terasa memberat lagi.

 

 

Syarat Wajib Naik Haji

 

tabungan haji bri tabungan haji bsi tabungan haji yang bagus tabungan haji syariah


 

Jika merasa diri mampu baik dari segi finansial dan fisik, patuhi juga syarat wajib naik haji yang diberlakukan. Apa saja syarat naik haji sih?

 

1. Beragama Islam

2. Berakal sehat (waras)

3. Usia dewasa, namun ada juga haji termuda

4. Sehat jasmani dan rohaninya, agar bisa mengerjakan serangkaian ibadah haji di tanah suci nantinya (ihram, wukuf, tawaf, sa'i, tahallul dan tertib tidak boleh ditukar urutannya)

5. Mampu secara materi, fisik, dan mental

6. Merdeka, dirinya bukan seorang budak

 

Keistimewaan Ibadah Haji

 

tabungan haji bri tabungan haji bsi tabungan haji yang bagus tabungan haji syariah



Bersyukur dan berbahagialah kamu yang sudah menjalankan rukun Islam yang kelima, yaitu ibadah haji. Karena banyak sekali keistimewaan naik haji, untuk umat Islam yang tidak sekadar balasan surga. Apa saja sih keistimewaan yang lainnya? Supaya kita makin semangat untuk melakukan tabungan simpanan haji ya kan?

 

Ibadah haji dapat menghapus dosa

 

Manusia memang tempatnya salah dan dosa, kadang diri ini malu meminta pengampunan karena terlalu banyaknya dosa. Dengan menunaikan ibadah haji dosa-dosa kita yang banyak itu dapat dihapuskan.

 

Ibadah haji dapat menjamin masuk surga

 

Pernah mendengar istilah haji mabrur kan? Adalah haji yang diterima oleh Allah SWT. Hajinya memberikan kebaikan untuk diri dan bermanfaat bagi orang lain.

 

Ibadah haji dapat memberikan syafaat

 

Bagi anggota keluarga yang berhasil menunaikan ibadah haji, orang tersebut dapat memberikan syafaat kebaikan untuk 400 anggota keluarganya. MasyaAllah.

 
Ibadah haji jaminan doa diijabah

 

Umat muslim yang bertamu ke rumah Allah dan memanjatkan doa di sana, Allah menjanjikan mengabulkan doa-doa hambanya.

 

Ibadah haji dapat membebaskan diri dari hisab dan mendapat pahala

 

MasyaAllah barangsiapa yang menjalankan ibadah haji ada jaminan bebas dari hisab dan mendapatkan pahala berlipat. Hadist riwayat At Thabarani menyebutkan bahwa orang yang berangkat haji dan meninggal, tidak akan ditampakkan dan tidak dihisab. Allah akan memasukan umat muslim tersebut ke surga, sebagai balasan ibadah yang sudah ditunaikannya.

 

MasyaAllah ya, masih banyak lagi keistimewaan bagi mereka yang melaksanakan ibadah haji. Semoga kita semua dimampukan dan disehatkan untuk berangkat ke Baitullah aamiin.

 

 

Mengenal apa itu tabungan haji


tabungan haji bri tabungan haji bsi tabungan haji yang bagus tabungan haji syariah


 

Betapa luar biasanya keutamaan ibadah haji bagi umat Islam ya? Semoga dengan beberapa penjabaran keistimewaan tersebut, membuat kita makin bersemangat untuk melakukan tabungan haji ya.

 

Tabungan haji sendiri itu apa sih? Adalah jenis simpanan yang diperuntukan umat Islam untuk mengumpulkan dana guna melaksanakan ibadah haji ke tanah suci.

 

Sementara untuk akad yang digunakan adalah mudharabah, mutlaqah, dan wadiah. Nasabah yang melakukan tabungan haji akan mendapat nisbah, tetapi pada wadiah tidak mendapatkan bagi hasil hanya saja akan mendapat bonus dengan nilai yang tidak bisa dijanjikan.

 

Nasabah yang calon jemaah haji ini bisa menabung dengan nominal sesuai kesepakatan yang cukup untuk berhaji nantinya. Untuk setoran awalnya biasanya Rp25 juta dan sisanya setoran dilakukan setiap bulan sampai lunas. Lantas di mana bisa menabung?

 

Rekening haji bisa di buka di Bank Penerima Setoran Biaya penyelenggaraan Ibadah Haji (BPS BPIH) yang sudah ditunjuk oleh Kementerian Agama Republik Indonesia, contohnya Bank Mega Syariah.

 

Mengenal manfaat tabungan haji


tabungan haji bri tabungan haji bsi tabungan haji yang bagus tabungan haji syariah


 

1. Menjadikan biaya haji jadi lebih ringan

 

Bagi yang mampu punya uang kurang lebih 50 juta tinggal bayar saja tanpa perlu menabung, tapi bagi yang kemampuannya kurang dengan melakukan simpanan haji atau tabungan haji ini akan menjadikan biaya haji yang kita cita-citakan menjadi ringan.

 

2. Dana haji akan aman tersimpan

 

Dibanding dengan menyimpan uang di bawah bantal atau di dalam celengan yang bisa saja dimakan rayap, mendingan disimpan di tabungan haji ya kan? Apalagi yang menggunakan prinsip syariah jadinya kita lebih tenang dan berkah.

 

3. Porsi keberangkatan sudah dikantongi

 

Ketika kita sudah memiliki tabungan haji, pasti ada perasaan lega yang luar biasa. Karena pelan-pelan dana mulai terkumpul, dan porsi keberangkatan sudah didepat mata. Karena kalau ditunda-tunda, antrian haji akan semakin panjang dan lama.

 

4. Awali sedini mungkin

 

Sudah jadi rahasia umum kalau pendaftaran haji ini, masa tunggunya lama karena kuota haji setiap tahunnya ada pembatasan. Mengapa tidak diawali sedini mungkin meski dengan usiamu yang masih muda, justru nanti pas pelaksanaan haji kita tidak terlalu tua dan fisik mampu mengerjakan serangkaian ibadah haji tanpa merepotkan orang lain.

 

Bahkan orangtua bisa mendaftarkan anak-anaknya untuk memiliki tabungan haji lho. Allhamdulillah ya? Lantas bagaimana cara membuka tabungan haji dengan mudah? Yuk sini, saya kenalin dengan tabungan haji ib, produk dari Bank Mega Syariah yang sangat transparan sekali. Jadi kita tahu bagaimana harus ancang-ancang untuk menabung dan memersiapkan diri naik haji.

 

 

Syarat Tabungan Haji iB di Bank Mega Syariah



tabungan haji bri tabungan haji bsi tabungan haji yang bagus tabungan haji syariah


 

1. Memiliki kartu identitas diri (KTP) dan NPWP

2. Memiliki KK (Kartu Keluarga), KTP orangtua, dan akta kelahiran nasabah anak, jika tabungan dipersiapkan untuk anak-anak

3. Mengisi dan mendatangani formulir pembukaan rekening dengan lengkap di website

4. Isikan nama lengkap, nomor ponsel, alamat email, alamat domisili, lokasi cabang, dan dari mana menemukan informasi pembukaan tabungan haji iB. Cukup mudah bukan?


tabungan haji bri tabungan haji bsi tabungan haji yang bagus tabungan haji syariah


 

Alasan Mengapa Harus Membuka Tabungan Haji di Bank Mega Syariah

 

 

tabungan haji bri tabungan haji bsi tabungan haji yang bagus tabungan haji syariah


1. Ada akad syariahnya

 

Tabungan haji iB di bank Mega Syariah menggunakan akad Mudharabah Mutlaqah. Yang menjadikan semuanya penuh berkah

 

2. Gratis biaya administrasi

 

Allhamdulillah dengan menabung di tabungan haji iB, tidak ada sama sekali biaya administrasi perbulannya

 

3. Bisa segala usia

 

Nasabah terbuka untuk segala usia, baik itu perorangan, usia dewasa maupun anak-anak

 

4. Sudah terintegrasi online SISKOHAT

 

Porsi keberangkatan haji untuk nasabah calon haji, diatur menggunakan switching SISKOHAT (Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu), yang sudah sesuai Kementerian Agama

 

5. Setoran, biaya, dan tarif transparan

 

tabungan haji bri tabungan haji bsi tabungan haji yang bagus tabungan haji syariah



Jadi untuk yang mau mempersiapkan tabungan haji, bisa melakukan setoran awal untuk dewasa Rp100.000, dan tabungan haji anak Rp50.000.

 

Untuk saldo minimalnya Rp100.000, setoran porsi haji Rp25.100.000 dan biaya penutupan rekening sebelum mendapatkan porsi haji Rp100.000. Sementara biaya administrasi perbulannya gratis (tidak ada).


Contoh Simulasi Tabungan Haji Per Bulan

 

Daripada menduga-duga dan pusing kepala, saya akan memberikan contoh simulasi tabungan haji perbulannya sebagai gambaran.


tabungan haji bri tabungan haji bsi tabungan haji yang bagus tabungan haji syariah


 

Karena baru membuka tabungan haji, jadi harus menyerahkan setoran awalnya sebagai pembuka rekening pertama senilai Rp100.000

 

Barulah mulai menabung untuk syarat setoran awal pendaftaran haji sesuai aturan Kemenag, yakni Rp25.000.000

 

Jika anda memilih target 2 tahun dalam menabung, berarti setiap bulannya yang harus disimpan untuk tabungan haji yakni senilai Rp1,1 juta

 

Karena setoran awal sudah, syarat setoran pendaftaran haji juga sudah, tinggal melakukan pelunasan haji supaya bisa berangkat sesuai jadwal porsi keberangkatan

 

Di tahun ini 2023 biaya haji kan sudah ditetapkan senilai Rp49 juta, berarti estimasi masa tunggu kita 10 tahun. Jadi per bulan tinggal mebayar Rp500 ribuan setiap bulan.

 

Untuk catatan, karena masa tunggu kita yang lama biaya keberangkatan haji pun mengalami kenaikan setiap tahunnya. Jadi jangan kaget ya, sekalian persiapkan biaya selama menunaikan ibadah haji di sana nantinya. Biasanya akan ada alokasi dana untuk oleh-oleh pula ya kan? MasyaAllah membayangkan saja sudah sebahagia ini ya. Mari niatkan untuk beribadah supaya terasa ringan dalam melangkah, semoga Allah mudahkan segalanya. Aamiin. 


tabungan haji iB



Lalu, bagaimana cara mendapatkan tabungan haji di Bank Mega Syariah?

 

Untuk mendapatkan tabungan haji ini, kalian bisa langsung berkunjung ke website Bank Mega Syariah. Begini langkah-langkahnya:

 

1. Buka browser gadgetmu, bisa dengan handphone/komputer

2. Copas link ini :

https://www.megasyariah.co.id/id/produk/individu/simpanan/tabungan-haji-ib

3. Klik 'Ajukan Sekarang', kita akan dibawa langsung untuk mengisi formulir dan nantinya tim bank Mega Syariah akan menghubungi.

 

Oh ya, kunjungi juga instagram @bankmegasyariah, karena ada banyak info menarik di sana. Misal seperti diskon produk syariah, Pustaka Berkah, Belajar Ngaji, edukasi produk, bahkan THR atau giveaway juga ada. Bikin jadi nambah ilmu ya kan? 





 Referensi pendukung artikel

https://www.megasyariah.co.id/id/produk/individu/simpanan/tabungan-haji-ib#form-pengajuan
Desain by Canva edited by blogger

12 komentar untuk "Gapai Mimpi ke Tanah Suci dengan Tabungan Haji"

  1. Masya Allah ternyata ibadah haji seistimewa itu ya Mba. Penjelasannya juga lengkap banget. Semoga kita bisa segera menunaikan ibadah haji ya Mba. Aamiin

    BalasHapus
  2. Amiin. Yang terpenting sdh niat dan tabungan Haji.. Jadi kita tinggal tunggu aja panggil ke rumah Alloh... Yuk ah semangat menabung biar bisa berangkat Haji

    BalasHapus
  3. Mantap deh orangtua saya kebetulan lagi ingin naik haji semoga dikabulkan oleh Allah. Aamiin...

    BalasHapus
  4. Bismillah ya Allah semoga dimampukan fisik, mental dan finansial untuk berangkat haji bersama suami nanti. Nabungnya dari sekarang sedikit demi sedikit supaya lebih tenang hati.

    BalasHapus
  5. amiin semoga bisa berkesempatan ke tanah suci nanti amiin ya Allah semoga segera terpanggil

    BalasHapus
  6. Megoga suatu saat aku juga menjadi tamunya Alloh . Amiiinnn

    BalasHapus
  7. mengumpulkan biaya haji ini memang penting banget sih termasuk salah satu rukun islam kan yaa. trus haji juga memerlukan biaya yang cukup besar jadinya pastinya kita perlu menabung dan berinvestasi untuk bisa memenuhi biayanya

    BalasHapus
  8. Mau naik Haji jaman sekarang lebih dimudahkan ya. Walaupun nabungnya ampe lama banget dan antriannya puanjangg sangat tp harus tetap semangat ya

    BalasHapus
  9. Naik haji sekarang semakin dimudahkan ya. Walaupun antriannya pamjang dan nabungnya butuh waktu yg sangat lama tp tetap semangat

    BalasHapus
  10. Anak aku minta dibukain tabungan haji anak. Untung di Mega Syariah memfasilitasi keinginan ini.

    BalasHapus
  11. Masya Allah, untuk menabung haji pun sekarang mudah ya. Bisa lewat online. Bismillah, semoga niat baik menabung haji ini, bisa dirasakan banyak orang

    BalasHapus
  12. Semoga niat kita berhaji tersampaikan ya mba...apalagi sekarang banyak banget cara buat mengumpulkan dana haji, salah satunya ya lewat tabungan haji ini

    BalasHapus