Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Solusi Penjualan Menurun, Ini Dia Tipsnya


Solusi Penjualan Menurun, Ini Dia Tipsnya - Masing-masing pedagang pasti memiliki strategi peningkatan omzet tersendiri, bagaimana dengan pedagang atau pebisnis pemula? Yang cenderung masih mencari formula berjualan yang bisa mendapatkan banyak keuntungan. Pasti tidak mudah, bahkan menyebabkan penurunan dalam berjualan.


solusi penjualan menurun strategi peningkatan omzet beri alasan apa sebabnya terjadi penurunan penjualan
Solusi Penjualan Menurun, Ini Dia Tipsnya


 

Meski demikian, jangan langsung menyerah. Atasi langsung dengan sat-set, dan lakukan evaluasi agar masalah lekas teratasi. Coba beri alasan apa sebabnya terjadi penurunan penjualan, pasti adalah ya analisis penurunan penjualan tersebut. Yuk atasi dengan cara di bawah ini.

 

 

Ini Dia Solusi Penjualan Menurun

 

1. Cek bagaimana kualitas produknya

 

Cari tahu mengapa pembeli mulai menyusut, bisa jadi produk yang kita tawarkan kualitasnya tidak menarik. Karena pembeli biasanya punya standar tersendiri.

 

Jika banyak komentar mengenai kualitas produkmu, maka segera cek kualitas produk. Apakah jadi lebih buruk? Jika pilihan adalah keuntungan maka sebaiknya cari kualitas produk yang lebih baik tapi nominal sama dengan yang dibandrol sekarang.

 

Sebagai pebisnis pemula, membantun kepercayaan kepada calon konsumen adalah PR terbesar. Maka penting untuk memerhatikan kualitas produk. Lakukan perbandingan dari beberapa rumah produksi atau distributor tempat mengambil barang.

 

2. Hindari memberi harga terlalu tinggi

 

Siapa yang tidak ingin mendapat keuntungan tinggi ya kan? Sebab inilah banyak orang yang berjualan online mematok harga ketinggian. Padahal soal harga ini sangat diperhitungkan oleh calon pembeli. Sebenarna nggak salah mau dapetin keuntungan gede, cuma bandingkan juga dengan kompetitor.

 

Tipsnya, hitung modal awal dalam membeli lantas putuskan harga jual, yang penting untunglah ya tapi terus. Daripada harga mahal tapi barang keluarnya susah, kan jadi nggak bisa muter dengan baik?

 

3. Kurangnya inovasi produk

 

Tren pasar selalu berubah dan ada saja model baru, kalau nggak melakukan gerak cepat inovasi kita akan tertinggal dan efeknya omzet jadi menurun ya kan?

 

Maka lakukan inovasi produk dengan membaca peluang pasar, yanga sedang laris apa dan dibutuhkan itulah yang dijual. Nggak perlu takut mealkukan inovasi produk, asal ada budget maka hajar aja.

 

solusi penjualan menurun strategi peningkatan omzet beri alasan apa sebabnya terjadi penurunan penjualan
solusi penjualan menurun



4. Stok yang tidak cukup

 

Seringkali banyak orang membeli sekalian banyak daripada satu-satu, nah pas demikian ternyata stok jualanmu kurang. Akhirnya mereka kecewa dan beralih membeli di kompetitor.

 

Stok memang sepertinya hal sepele ya? Tapi stok juga berpengaruh terhadap terjadinya penurunan penjualan. Maka perlu digaris bawahi soal updatean stok ini. Jangan dianggap remeh. Kalau yang reseller pasti rebutan ya biasanya, maka cari peluang ke distributor yang lebih gede supaya tidak kehabisan stok melulu. Okai!

 

5. Memberikan pelayanan yang kurang

 

Pelayanan merupakan satu service yang siapapun ingin peroleh dengan baik. Pelayanan yang buruk membuat calon pembeli kurang suka dan justru berpindah ke lain tempat. Maka lakukan pelayanan yang baik dan merespon setiap pertanyaan dengan sigap serta tidak ketus.

 

Kalau pelayanan ramah ototmatis kita senang dan berharap bisa kembali lagi utuk membeli. Seperti yang saya lakukan kemarin dalam mengantar suami beli sepatu, ramah banget pelayanannya jadi penge balik lagi beli sandal kapan-kapan.

 

6. Lakukan promosi di media sosial

 

Salah satu hal yang berpengaruh dalam penurunan omzet kurangnnya promosi, padahal sekarang promosi juga bisa dilakukan melalui media sosial. Kalau belum main media sosial maa mulai pelajari dan cari tutorial bagaimana berjualan di media sosial yang sukses.

 

Karena mau nggak mau di era teknologi sekarang ini, melek digital penting terlebih yang punya produk untuk dipasarkan. Dengan jualan online pemasaran produk akan jauh lebih luas lagi lho.

 

Manfaatkan momen hari besar dan berikan promo atau diskon menarik untuk calon pembeli. Beberkan juga keunggulan produkmu dibanding yang lain.

 

Nah, 6 tips di atas semoga membuatmu mengevaluasi produk jualan ya? Supaya tidak menurun lagi jualannya. Tapi ya, ada kalanya jualan itu pasang surut kayak ombak kok! Jadi ya, dinikmati aja.

 

Posting Komentar untuk "Solusi Penjualan Menurun, Ini Dia Tipsnya"