Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Mencegah Banjir Bandang yang Perlu Diketahui


7 Cara Mencegah Banjir Bandang yang Perlu Diketahui - Cara mengatasi bencana alam sebenarnya bisa diusahakan mulai dari lingkungan rumah. Nah banjir bandang sendiri apa sih? Adalah banjir besar yang datang tak terduga, dari meluapnya air, mengalir deras dan bisa menghanyutkan segala macam benda.


cara mencegah banjir
cara mencegah banjir


 

Kalau dilansir dari undang-undang BNPB Nomor 24 Tahun 2007, bencana banjir bandang ini adalah banjir yang datangnya secara tiba-tiba dengan debit air besar yang disebebkan oleh terbendungnya aliran sungai pada alur sungai.

 

Biasanya cara mengatasi banjir di desa dengan melihat bendungan yang ada, apakah terjadi kebobolan atau tidak. Jika iya, akan dibangun bendungan lagi yang bisa menahan terjangan badai banjir. Dahulu saya setiap musim hujan tiba rumah selalu banjir, karena tanggul atau bendungan di desa jebol. Beberapa tahun sampai akhirnya bendungan baru dibangun dan sejak saat itu pula banjir tidak pernah lagi masuk ke dalam rumah.

 

Ngerasain rasanya banjir bandang tuh, sedih dan segala-galanya bikin tidak bisa tidur nyenyak. Lha semuanya tenggelam dan basah.

 

Penyebab salah satu terjadinya banjir bandang ini adalah kebiasaan yang membuang sampah sembarangan. Yuk mulai kebiasaan baik, hindari membuang sampah sembarangan karena bisa menyebabkan banjir. Okelah ditempatmu tidak akan terjadi banjir, tetapi di lain daerah bisa saja terjadi. Kan kasihan?

 

 

7 Cara Mencegah Banjir Bandang Menurut BNPB

 

cara mengatasi bencana alam
cara mengatasi bencana alam



Ada beberapa langkah yang bisa kita tempuh, mengenai terjadinya bencana banjir ini dari BNPB. Apa sajakah yang perlu kita ketahui?

 

 

1. Penataan DAS secara terpadu dan lahan sesuai fungsinya

2. Tidak semabrangan membangun pemukiman di bantaran sungai

3. Pamsangan pompa di daerah lebih rendah dari pemrukaan laut

4. Rutin melaksanakan program penghijauan di hulu

5. Membiasakan membuang sampah pada tempatnya

6. Membangun kesadaran untuk membersihkan saluran air

7. Membuat jalur evakuasi bencana

 

Bagaimana? Ada yang bisa diterapkan dari sekarang? Ada cara mudah yang paling gampang yang bisa dilakukan dari rumah lho. Yuk simak.

 

Cara Mencegah Banjir Bandang dari Rumah


cara mengatasi banjir di desa
cara mengatasi banjir di desa


 

Yang sudah saya terapkan di rumah nih adalah memilah sampah berdasarkan jenisnya. Yang mana sampah organik dan anorganik, jadi tidak dicampur adukkan. Lantas apa lagi?

 

Kita bisa membuang sampah pada tempatnya, bukan disembarang tempat

Kita bisa melakukan penyetoran sampah secara rutin. Nah kalau di rumah saya Kendal, ada jasa angkut truk sampah dan setiap bulan kami dikenakan pembayran Rp15.000. Bagaimana di tempat kalian?

 

Jika di depan rumah ada selokan, perbaiki saluran airnya dan buang sampah yang ada di selokan tersebut

 

Lakukan penanaman pohon atau tanaman apa saja deh. Bikin macam taman di rumah, nggak perlu mewah yang penting ada aja tanamannya

 

Kalau bisa perkecil pembuangan sampah, belajar hidup minim sampah gitu. Ya salah satu penerapannya kalau belanja bawa tas sendiri nggak perlu pakai plastik dari penjual. Terus kalau kemana-mana bawa bekal, jadi beli minuman pakai tumbler sendiri gitu. Nggak usah gensi demi menjaga bumi. Percaya nggak percaya kalau aksi ini rutin dilakukan, orang lain juga akan bergerak mengikuti lho apalagi untuk bumi ya kan?

 

Dari beberapa saran di atas kamu sudah melakukan yang mana? Semangat ya, meski belum banyak memberikan kontribusi setidaknya kita memiliki niatan. Iya nggak?

 

 

Kesimpulan

 

 

Banjir bandang yang datang tanpa diundang ini, sebenarnya ada sebabnya seperti membuang sampah sembarangan atau juga alih fungsi lahan. Namun penyebab terbesarnya banyak.

 

Butuh kerjasama dari berbagai stakeholder, tidak hanya kita sendiri tapi semuanya baik pemerintahan, perusahaan, lembaga, warga dan semua yang numpang hidup di bumi.

 

Yang bisa kita lakukan tentunya dari yang terdekat, yakni dari rumah agar banjir tidak datang. Beberapa di antaranya ya membuang sampah yang benar, memilah sampah yang tepat, melakukan penghijauan, dan lain sebagainya.


 

Posting Komentar untuk "7 Cara Mencegah Banjir Bandang yang Perlu Diketahui"