Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Prabowo Komitmen pada Demokrasi dan Menjaga Kebebasan Pers

Prabowo Komitmen pada Demokrasi dan Menjaga Kebebasan PersNama Prabowo Subianto yang maju sebagai calon presiden RI berpasangan dengan Gibran Rakabuming Raka semakin moncer setelah menyampaikan berbagai ide, gagasan, visi misi dan program kerjanya. Salah satu yang menjadi perhatian dari tokoh politik satu ini adalah komitmen dan kepercayaannya terhadap proses demokrasi di Indonesia.


Prabowo Komitmen pada Demokrasi dan Menjaga Kebebasan Pers



Sebagai tokoh yang berpengalaman, Prabowo juga mendukung dan menjaga kebebasan pers sebagai media untuk mengedukasi dan berbagi informasi kepada masyarakat. Hal ini disampaikan Pada pertemuan dengan pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), yang membahas persepsi upaya kudeta saat ia masih di TNI.

 

Percaya dengan Demokrasi

 

Pada kesempatan tersebut Prabowo menyampaikan kepercayaannya terhadap proses demokrasi yang berjalan di Indonesia dalam kurun waktu cukup panjang. Hal ini dibuktikan dengan berulang kali mengikuti bursa pencalonan dan pemilihan presiden dan wakil presiden di Indonesia yang merupakan pesta demokrasi terbesar di Indonesia.

Prabowo Subianto sudah maju sebagai calon pemimpin negeri ini sejak tahun 2009, tepatnya saat maju sebagai calon wakil presiden mendampingi Megawati Soekarnoputri. Ini menunjukkan bahwa tokoh kharismatik tersebut percaya bahwa pesta demokrasi di Indonesia dapat berjalan dengan fair.

Keterlibatan dalam bursa pemilihan presiden dan wakil presiden tidak hanya diikuti oleh Prabowo satu kali saja, melainkan sampai empat kali. Setelah maju sebagai pendamping Megawati di tahun 2009 tersebut, Prabowo sempat mencalonkan diri sebagai presiden sebanyak dua kali namun gagal.

Untuk tahun 2024 ini Prabowo yang maju bersama Gibran dan mendapat nomor urut dua sangat optimis akan dapat memenangkan pesta demokrasi dan mendapat kepercayaan untuk memimpin Indonesia.

 

Pentingnya Pemilihan Umum

 

Menurut Prabowo Subianto, pemilihan umum merupakan elemen penting sebagai kunci dalam demokrasi yang diselenggarakan oleh bangsa Indonesia. Dalam pemilihan umum, semua rakyat harus bisa memilih pemimpinnya, tentu dengan ketentuan yang telah diatur sebelumnya.

Lebih lanjut Prabowo menyampaikan bahwa hak rakyat untuk memilih pemimpin adalah fondasi demokrasi. Keikutsertaannya sebagai kandidat dalam pemilihan presiden berulang kali, meskipun mengalami kekalahan, adalah bukti bahwa dirinya percaya terhadap proses demokrasi di Indonesia.

 

Pentingnya Kebebasan Pers

 

Menteri pertahanan ini juga menyampaikan bahwa selain kebebasan untuk memilih, pers juga harus bebas sehingga semua informasi dapat tersampaikan secara transparan.  Kebebasan pers menurut Prabowo mempunyai peran penting sebagai check and balances dalam sistem demokrasi. Ini merupakan alat dan parameter bersama.

Sebagai tokoh yang berpengalaman dalam dunia politik, Prabowo menilai bahwa kebebasan pers merupakan mengendalikan penguasa. Meskipun kadang menyakitkan pers yang kuat dan dinamis adalah alarm bagi pemerintah untuk mengetahui dan mengatasi masalah-masalah yang ada di tengah masyarakat.

Pada kesempatan tersebut Prabowo juga menyampaikan bahwa suatu negara yang persnya kuat, tidak ada kelaparan karena begitu ada kelaparan semua langsung tahu dan bersama mencari solusi. Pers yang bebas merupakan alat dalam memajukan negara dan mengawal kepentingan bersama sehingga semua mendapat haknya.

Tokoh satu ini juga menegaskan bahwa pers telah mendukung partainya sehingga menang dalam pemilihan umum. Lebih lanjut pasangan Gibran dalam pemilihan presiden tahun ini tersebut menyampaikan bahwa dirinya dan partai, bisa berkembang karena ada kebebasan pers.

Komitmen Prabowo Subianto dalam pesta demokrasi dan mendukung kebebasan pers tidak hanya dilakukan sekarang menjelang pemilihan presiden tahun 2024, tetapi sudah sejak lama. Tokoh politik satu ini selain domikratis selama unu juga dikenal dekat dengan insan pers dan selalu kooperatif saat diminta informasi.


Sumber pendukung artikel


https://nasional.kontan.co.id/news/prabowo-ungkap-komitmen-pada-demokrasi-dan-menjaga-kebebasan-pers
https://www.cnnindonesia.com/nasional/20240104162721-617-1045321/datangi-pwi-prabowo-komitmen-jaga-demokrasi-dan-kebebasan-pers
https://sumedangraya.pikiran-rakyat.com/politik-hukrim/pr-3317552588/komitmen-prabowo-menjaga-demokrasi-dan-kebebasan-pers-dalam-diskusi-bersama-pwi

Posting Komentar untuk "Prabowo Komitmen pada Demokrasi dan Menjaga Kebebasan Pers"