Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Puasa yang Baik untuk Kesehatan Tubuh


5 Cara Puasa yang Baik untuk Kesehatan Tubuh - Kiat-kiat puasa Ramadan yang bisa diterapkan sudah saya tulis kemarin, postingan kali ini saya akan membahas cara menjaga kesehatan tubuh saat Ramadan supaya kita tidak gampang lemas hehehe ...


cara puasa yang baik untuk kesehatan
cara puasa yang baik untuk kesehatan


 

Tahu sendiri kan kadang kita lagi semangat-semangatnya puasa, eh menjelang siang menuju sore nih perut mulai kerucuk-kerucuk dan godaan ada aja. Iya nggak sih? Semoga dimudahkan ya dalam melaksanakan puasa Ramadan tahun ini.

 

Barokallah ya kita masih dipertemukan dengan Ramadan 2024, bulan penuh ampunan bagi umat Islam di seluruh dunia termasuk Indonesia. Meski tahun ini berbeda, tanpa kehadiran orangtua dan mertua semoga saya tetap bisa menjalankan dan membacakan doa untuk almarhum dan almarhumah lebih banyak lagi.

 

Menjaga kesehatan tubuh saat puasa adalah tugas kita, karena kita yang memiliki tubuh dan harus bertanggungjawab ya kan? Terlebih seorang ibu yang tidak hanya mengurus dirinya sendiri, namun juga  harus mengurus anak dan suami ya kan? Jangan sampai tumbang intinya ya kan? Lantas apa saja yang bisa kita terapkan untuk menjaga kesehatan di bulan Ramadan? Baca di bawah ini ya?

 

 

5 Cara Puasa yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

 

 

kiat kiat puasa ramadhan
kiat kiat puasa ramadhan

1. Berusaha memenuhi cairan tubuh
 

Di mulai dari setelah sahur pukul 04.19 WIB pagi, kita sudah harus mulai berpuasa sampai dengan pukul 18:00 WIB alias bedug Magrib. Tidak akan ada asupan makanan ataupun minuman yang masuk ke dalam tubuh, oleh sebab itu ketika kita dibolehkan makan usahakan untuk memenuhi cairan tubuh.

 

Air putih yang ideal untuk kita minum sebanyak berapa sih? Adalah 8 gelas per hari, jadi selama berpuasa sampai dengan sahur tinggal dibagi saja berapa gelas berapa gelas, kalau lebih justru lebih bagus lagi.

 

2. Mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang

 

Makanan dengan gizi seimbang ini adalah yang mengandung karbohidrat, serat, dan protein. Jadi sebisa mungkin buatlah menu yang memang memiliki kandungan tersebut di dalamnya. Makanan dengan gizi seimbang ini akan membuat tubuh tetap kuat, selama beraktivitas seharian.

 

3. Hindari makanan dengan banyak lemak

 

Makanan berlemak salah satu contohnya adalah daging yang ada banyak kulitnya. Lemak tersimpan dalam kulit lebih banyak lho, nah sebisa mungkin hindari yang berlemak apalagi mengandung minyak. Tapi padahal bagian itu yang paling saya sukai hahah ... emang lebih enak aja bikin saya lebih banyak nasi. Tapi apa boleh buat selama puasa harus dihindari nih.

 

Mengapa makanan berlemak lebih baik dihindari? Ini karena makanan mengandung lemak tinggi mudah diserap tubuh, jadinya membuat kita lebih mudah lapar. Bahaya dong kalau bikin gampang lapar wkwkkw ... apalagi sampai bunyi krucuk-krucuk ya kan?

 

4. Melaksanakan sahur

 

Menjaga kesehatan tubuh saat bulan puasa, salah satunya adalah dengan melaksanakan sahur. Bisa dipastikan orang puasa yang tidak sahur, akan merasa jauh lebih lapar dari yang sudah sahur.

 

Orang yang sahur akan mendapatkan banyak energi, sementara yang tidak sahur tidak memiliki energi akhirnya lemas. Jadi untuk bisa makan sahur tepat waktu, kurangi tidur malam alias begadang, oke!

 

5. Melakukan olahraga ringan

 

bagaimana pola makan yang benar saat berbuka puasa
Melakukan olahraga ringan

Berolahraga atau beraktivitas menjadi penting daripada bermalas-malasan, memang sih orang puasa tidurnya aja ibadah. Tapi jangan melulu tidur ya kan? Masak iya cucian segunung juga mau dibiarin gitu aja? Nanti nggak punya baju ganti nah lho, makanya tubuh harus digerakan. Mengapa? Agar metabolisme tubuh tetap terjaga. Beraktivitas fisik 30 menit saja tidak masalah lho, yang penting gerak-gerak yang ringan saja.


Posting Komentar untuk "5 Cara Puasa yang Baik untuk Kesehatan Tubuh"